Sukses

Dampak Dakwaan Suap, Barcelona Bakal Dilarang Tampil di Liga Champions

Dakwaan suap yang dilakukan Barcelona bakal membuat klub tersebut dilarang tampil di Liga Champions

Liputan6.com, Jakarta Barcelona telah didakwa melakukan suap terhadap mantan wakil presiden Komite Teknis Wasit Jose Maria Enriquez Negreira. Menurut El Debate, dalam perkembangan yang pada akhirnya dapat mengakibatkan klub tersebut dilarang tampil di Liga Champions.

FC Barcelona membayar 7,5 juta Euro kepada perusahaan-perusahaan milik Negreira dari tahun 2001 hingga 2018. Hal ini terjadi pada masa pemerintahan pertama presiden saat ini, Joan Laporta, sebagai pemimpin klub, tetapi Laporta telah mengklaim dalam banyak kesempatan bahwa pembayaran tersebut dilakukan secara jujur untuk pekerjaan konsultasi.

Catalan didakwa dengan “korupsi berkelanjutan antar individu di bidang olahraga” oleh kantor kejaksaan provinsi Barcelona pada bulan Maret yang mendorong UEFA untuk membuka penyelidikannya sendiri.

Pada akhir bulan Juli, badan sepak bola Eropa mengungkapkan bahwa Barca “untuk sementara diterima untuk mengambil bagian” dalam kompetisi klub elitnya, Liga Champions, tetapi memastikan bahwa “keputusan di masa depan mengenai penerimaan/pengecualian” masih mungkin dilakukan.

Awal bulan September El Mundo mengungkapkan bahwa, dalam sebuah laporan yang diminta oleh pengadilan, Garda Sipil Spanyol telah menyimpulkan bahwa wasit di bawah pengawasan mantan presiden CTA Victoriano Sanchez Arminio dan Negreira tidak selalu “tidak memihak.”

Menurut El Mundo, Garda Sipil menemukan bahwa Sanchez Arminio dan Negreira menjalankan “operasi tidak teratur” sambil mengawasi komite, di mana keputusan dibuat “tidak selalu mendapat dukungan yang tidak memihak” dari sudut pandang olahraga.

Dan sekarang, di akhir bulan yang sama, kejutan lain terjadi dengan Pengadilan Instruksi Nomor 1 memutuskan bahwa uang yang dibayarkan Barcelona kepada Negreira merupakan kejahatan.

Seperti dijelaskan Cadena SER, pihak-pihak yang terlibat telah diberitahu oleh hakim yang memimpin kasus tersebut - Hakim Joaquin Aguirre - bahwa kejahatan awal dari “korupsi berkelanjutan antar individu di bidang olahraga” hanyalah itu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tuduhan dakwaan suap

Sebaliknya, hakim berpendapat bahwa tindak pidana suap lebih cocok untuk kasus ini, karena Negreira “berpartisipasi dalam pelaksanaan fungsi publik” selama ia menerima pembayaran dari Barca, yang kemudian berhenti ketika ia meninggalkan jabatannya.

Aguirre menegaskan bahwa pembayaran tersebut hanya dilakukan karena posisi Negreira di badan yang mengatur wasit di sepak bola Spanyol.

Karena itu, Barca dituduh melakukan suap, “yang terjadi ketika seseorang membayar pejabat atau otoritas publik untuk mendapatkan bantuan sebagai imbalan,” bersama dengan mantan presiden mereka Josep Maria Bartomeu dan Sandro Rosell. Selain itu, Negreira dan putranya juga telah didakwa oleh Aguirre.

Karena mengkhawatirkan perkembangan tambahan bagi klub, hakim telah menunjukkan dalam perintah pengadilan bahwa bahkan tidak perlu membuktikan bahwa Barca “memalsukan” kompetisi di Spanyol dalam persidangan hipotetis karena kejahatan suap telah dilakukan ketika seorang ofisial resmi menjabat dibayar untuk melakukan suatu bantuan tanpa memperhatikan apakah bantuan itu dilakukan atau tidak.

 

3 dari 4 halaman

Konsekuensinya

Yang terpenting, salah satu konsekuensi utama dari perubahan dakwaan ini adalah jika Barca akhirnya diadili atas kejahatan suap, hasil persidangan akan diputuskan oleh juri yang terdiri dari sembilan anggota masyarakat yang akan memutuskan apakah La Liga raksasa melakukan kejahatan atau tidak.

Semua berita ini akan menjadi perhatian UEFA, yang seperti disebutkan di atas berhak mengambil tindakan di masa depan jika terjadi perkembangan baru dalam apa yang dikenal sebagai ‘Caso Negreira’ di Spanyol.

Barca sudah memulai kampanye mereka di Liga Champions edisi 2023/2024 dengan kemenangan 5-0 atas Royal Antwerp, tetapi secara teoritis mereka bisa dilarang berpartisipasi setidaknya selama satu tahun pada musim depan.

4 dari 4 halaman

Barcelona Didakwa Melakukan Suap Setelah Penggerebekan Kantor Wasit

Barcelona dituduh melakukan suap menyusul penggeledahan di kantor Federasi Sepak Bola Spanyol oleh polisi, baru-baru ini. Klub Catalan sekarang menjadi subjek penyelidikan atas pembayaran yang dilakukan kepada mantan wakil presiden komite wasit Spanyol Jose Maria Enriquez Negreira.

Dokumen pengadilan sebelumnya mengungkapkan juara La Liga Spanyol itu membayar 7,3 juta euro antara 2001 dan 2018 kepada dua perusahaan yang dimiliki oleh Jose Maria Enriquez Negreira.

Mantan presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu dan Sandro Rosell sudah dikenai tuduhan korupsi sebagai bagian dari penyelidikan. Namun, klub terus menyangkal melakukan kesalahan apa pun.

Klub bersikeras bahwa hanya membayar laporan teknis wasit yang bukan merupakan kejahatan. Tapi, kini ada perkembangan baru yang diduga terjadi.

Selengkapnya....

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.