Sukses

Meditasi di Pagi Hari Selama 5 Menit Dapat Mengurangi Stres dan Kecemasan

enelitian telah menunjukkan meditasi membantu mengatasi segala hal mulai dari kecemasan dan depresi hingga tidur lebih nyenyak, menurunkan tingkat stres, dan menghilangkan rasa sakit kronis.

Liputan6.com, Jakarta Ada beberapa hal yang kita semua tahu harus kita lakukan agar merasa lebih baik yaitu minum lebih banyak air, lebih banyak jalan-jalan, kurangi makanan tak sehat. 

Sementara itu masih ada hal yang bisa dilakukan yaitu meditasi. Penelitian telah menunjukkan meditasi membantu mengatasi segala hal mulai dari kecemasan dan depresi hingga tidur lebih nyenyak, menurunkan tingkat stres, dan menghilangkan rasa sakit kronis.

Namun jika Anda baru dalam bermeditasi, mungkin sulit mengetahui harus mulai dari mana. Jadi mulailah dari yang kecil yaitu dengan latihan pernapasan selama lima menit untuk menenangkan dan memfokuskan pikiran setiap pagi.

Hal ini tidak hanya akan menetapkan suasana pada hari itu, kata Dr Eva Tsuda, seorang instruktur meditasi di UMass Memorial Health Center for Mindfulness, tetapi bermeditasi lebih awal dapat membuat latihan ini lebih mudah untuk dipatuhi. 

Dilansir dari CNA Lifestyle, Rabu (6/9/2023) dalam penelitian terbaru terhadap hampir 900.000 pengguna aplikasi meditasi, mereka yang bermeditasi di pagi hari lebih cenderung mempertahankan kebiasaan tersebut. Inilah cara memulai hari Anda setiap hari dengan meditasi cepat dan sederhana.

Putuskan di Mana dan Kapan Anda Akan Bermeditasi 

Alma Ivanovic, pemilik studio Meditasi Sun and Moon di Chicago, bermeditasi setiap pagi setelah dia bangun, duduk di lantai bersandar pada bingkai tempat tidurnya. Menunjuk tempat tertentu membantu konsistensi, katanya, karena itu seperti sebuah pola. Saat Anda melihat ruang itu, rasanya seperti “oke, itulah yang kami lakukan di sana” katanya. 

Kaitkan latihan ini dengan sesuatu yang sudah Anda lakukan setiap pagi, seperti menyikat gigi. Sebuah penelitian kecil menemukan bahwa orang yang melakukan meditasi dalam aplikasi pada rutinitas pagi akan bertahan dalam meditasi lebih lama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pasang Pengatur Waktu

Meskipun pagi hari Anda kacau, penelitian menunjukkan bahwa meditasi lima menit saja dapat mengurangi stres dan kecemasan sepanjang hari. Ivanovic suka menggunakan jam pasir sehingga dia bisa menatap pasir yang bergerak, tapi alarm digital di ponsel Anda juga bisa berfungsi, katanya, buat saja dengan suara yang lembut, seperti lonceng atau bel.

Dan jangan takut untuk mengambil setengah jalan. “Jika Anda berada dalam keadaan sangat cemas atau merasakan sakit, lima menit saja bisa terasa terlalu lama,” katanya. “Setel pengatur waktu Anda selama dua setengah menit, lihat bagaimana perasaan Anda, lalu tekan ulangi.

Fokus pada Indera Anda

Selanjutnya, arahkan perhatian Anda ke tubuh Anda. “Apa sensasi fisik yang Anda rasakan? Perhatikan suara atau bau apapun di pagi hari, kualitas cahaya, bahkan rasa yang tertinggal di mulut Anda.

Setelah sekitar satu menit, “latihan favorit saya yang terasa bermanfaat hanyalah memperhatikan pernapasan Anda,” kata Aditi Shah, instruktur meditasi di perusahaan kebugaran Peloton. “Perhatikan setiap tarikan dan hembusan napas.”

3 dari 3 halaman

Tambahkan Afirmasi Positif

Penelitian menunjukkan bahwa meditasi berbasis mantra dapat memberikan efek positif pada kesehatan mental dan bahkan dapat menurunkan hipertensi. Anda dapat menyesuaikan mantra Anda dengan kualitas apapun yang ingin Anda hadirkan pada hari Anda, katanya. 

Tambahkan Beberapa Gerakan

Tidak semua orang akan merasa nyaman dengan meditasi duduk, bahkan meditasi yang hanya berdurasi lima menit, terutama bagi orang-orang yang mudah teralihkan perhatiannya. Selain itu, “jika Anda sangat cemas, hampir tidak mungkin untuk duduk diam dengan pikiran Anda,” kata Dr Tsuda.

Memadukan perhatian penuh dengan gerakan dapat melipatgandakan manfaat keduanya. Setelah Anda bangun tidur, saat hari masih sejuk, pertimbangkan meditasi jalan cepat, yang menurut penelitian dapat mengurangi tekanan psikologis (dan berpotensi mengurangi depresi dan meningkatkan keseimbangan pada orang lanjut usia).

Saat Anda berjalan, carilah sesuatu di sekitar Anda dalam setiap warna pelangi seperti bunga merah, tanda oranye, kemeja kuning, dan sebagainya. Dan jika pemikiran lain muncul, Dr Tsuda berkata, “kembalikan diri Anda dan perhatikan bagaimana perasaan tubuh Anda saat Anda berjalan. Dengarkan kicauan burung. Hadir sepenuhnya.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.