Sukses

7 Potret Cantiknya Fenomena Blue Moon Bidikan Warganet

Nah, penasaran bagaimana potret indahnya Blue moon di berbagai daerah bidikan warganet? Cek di sini.

Liputan6.com, Jakarta - Bulan terbesar dan paling terang tahun ini terlihat pada Rabu (30/8/2023) hingga Kamis (31/8/2023) dari seluruh dunia. Ini akan menjadi kesempatan langka untuk melihat apa yang disebut super blue moon, yang terakhir terjadi pada tahun 2009.

Melansir dari BBC, Kamis (31/8/2023), Blue moon terjadi ketika pola hari dalam setahun berarti ada 13 Bulan purnama, bukan 12 Bulan biasanya.

Blue moon akan terlihat lebih besar dan terang dari biasanya. Itu karena Bulan berada di titik terdekat dalam orbitnya mengelilingi Bumi. Cahaya ini telah menerangi langit di seluruh dunia, mulai dari Asia, Timur Tengah, hingga Eropa Selatan.

Namun, banyak yang berharap melihat Bulan dengan warna biru. Padahal, nama Bulan tidak ada hubungannya dengan warna melainkan dinamakan demikian karena tidak termasuk dalam skema nama Bulan yang biasa.

Budaya di seluruh dunia termasuk masyarakat lebih banyak mengenal Bulan purnama. Bulan purnama umumnya terjadi sebulan sekali, artinya satu tahun rata-rata terdiri 12 tahun. Namun sebenarnya fase-fase Bulan membutuhkan waktu 29,5 hari untuk menyelesaikannya, atau 345 hari untuk 12 siklus.

Jumlah ini kurang dari 365/366 hari dalam satu tahun kalender, jadi kira-kira setiap dua setengah tahun, Bulan purnama ke-13 terlihat. Diperkirakan bahwa ungkapan "sekali dalam Blue moon" berasal dari kelangkaan tersebut.

Fenomena Blue moon terakhir terjadi pada Agustus 2021 dan bulan berikutnya terjadi pada tahun 2026. Namun kombinasi Blue moon dan Super Moon jauh lebih jarang dan kita harus menunggu hingga tahun 2037 utuk melihatnya lagi.

Jika langit cerah, waktu terbaik untuk menyaksikan fenomena ini adalah pada Kamis pagi ini.

Nah, penasaran bagaimana potret indahnya Blue moon di berbagai daerah bidikan warganet? Berikut potretnya seperti merangkum dari Twitter.

1. Bulannya cerah banget ya

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

2. Bulannya cantik, bukan?

3 dari 7 halaman

3. Langit semalam yang cerah bikin bulannya semakin terang

4 dari 7 halaman

4. Terlihat sempurna banget Blue moon semalam

5 dari 7 halaman

5. Blue moon terlihat jelas dan terang ya..

6 dari 7 halaman

6. Meski terlihat kecil, tapi tetap menakjubkan, bukan?

7 dari 7 halaman

7. Bagaimana menurutmu setelah melihat fenomena langka ini?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.