Sukses

5 Manfaat Memahami Kepribadian Rekan Kerja Anda, Bantu Menghindari Miskomunikasi

Untuk memiliki budaya kerja yang sehat, komunikasi yang kuat, dan organisasi yang sukses secara keseluruhan, penting untuk memahami tipe kepribadian dari rekan kerjamu.

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkah kamu bertanya-tanya alasan kamu tidak bisa memahami beberapa kepribadian di tempat kerjamu. Seperti perkataanmu sering disalahpahami oleh segelintir rekan kerja walaupun niatmu baik? Terkadang, yang diperlukan untuk memperbaiki suatu persoalan adalah memahami pola pikir orang lain dengan baik.

Tentu saja, hal ini lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Untuk memiliki budaya kerja yang sehat, komunikasi yang kuat, dan organisasi yang sukses secara keseluruhan, penting untuk memahami gaya kerja dari rekan kerjamu.

Alasan Perlu Memahami Kepribadian Rekan Kerja

Bekerja secara efektif dan efisien dengan tipe kepribadian yang berbeda-beda bermanfaat untuk mempertahankan lingkungan kerja yang sehat.

Setiap individu dapat memberikan sesuatu yang berbeda, misalnya etos kerja yang kuat, inovasi kreatif, atau kemampuan untuk mengambil tindakan, dan lain sebagainya. Memahami kepribadian yang berbeda-beda di tempat kerja dan menghindari masalah yang disebabkan oleh perbedaan itu akan menjadi lebih mudah melalui kerangka kepribadian seperti DISC.

Model kepribadian, seperti DISC merupakan alat yang baik untuk menjembatani kesenjangan dan membantu interaksi yang lebih positif dalam skenario pribadi dan profesional.

Kerangka kerja ini memungkinkan pengguna untuk memahami cara kerja diri mereka sendiri dan orang lain serta mendekati berbagai skenario di tempat kerja dengan mudah. Meskipun ada berbagai tes kepribadian yang lain, DISC sering dianggap lebih baik untuk menentukan tipe kepribadian di tempat kerja.

Mengingat kemampuan model kepribadian itu dapat memprediksi resolusi konflik, gaya komunikasi, kepemimpinan dan kecenderungan lainnya yang berkaitan dengan pekerjaan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Memahami Kepribadian di Rekan Kerja

Meluangkan waktu untuk memahami berbagai perspektif dan kepribadian kerja di kantor pada akhirnya akan membantu menciptakan lingkungan yang lbeih positif dan efisien bagi semua orang.

Mengetahui dan memahami kepribadian yang berbeda bermanfaat di tempat kerja dan dalam hubungan atau interaksi pribadi. Seperti dilansir dari Crystalknows, Rabu (30/08/23), terdapat beberapa manfaat memahami kepribadian rekan kerja yang bisa kamu pelajari.

1. Menghindari Miskomunikasi

Ketika kamu lebih memahami orang-orang di sekitarmu dan berkomunikasi bersama mereka dengan cara yang sesuai, kamu pasti akan bekerja sama dengan lebih baik.

Beberapa orang lebih suka membangun hubungan pribadi dan bersosialisasi sebelum memulai bisnis, sementara yang lain lebih suka bercengkrama secara langsung, sesuai sasarannya.

Melalui pemahaman ini, kamu harus mulai berkolaborasi sedemikian rupa sehingga setiap orang dapat berkontribusi dengan kekuatan unik mereka. Padahal, sebelumnya kamu mungkin pernah mengalami kesulitan menghubungi seseorang di lungkungan kantor, dengan pemahaman yang lebih baik perihal ini, kamu akan bisa menghindari miskomunikasi dengan rekan kerja.

3 dari 4 halaman

2. Menyelesaikan Konflik dengan Lebih Baik

Jika kamu memahami cara seseorang menangani konflik dan cara kepribadian kamu menanggapinya, kamu dapat menavigasi situasi yang sulit dengan mudah. Setelah kamu memahami berbagai perspektif yang dimiliki seseorang, kamu dapat mengambil langkah mundur dan melihat konflik dari sudut pandang yang berbeda.

Sebagian orang mungkin lebih menyukai pendekatan langsung dalam mengatasi ketegangan dan sebagian yang lain mungkin lebih memilih pendekatan konflik yang lembut. Setelah kamu memahami kepribadianmu, kamu bisa menjadi lebih sadar perihal cara menangani konflik dan hal yang harus  ditingkatkan.

Mempertimbangkan perbedaan mengenai penyelesaian konflik dapat membantu kamu menghindari masalah antarpribadi yang semakin buruk dan menangani situasi yang menantang dengan lebih waspada, tetapi tetap penuh empati.

3. Mengembangkan Empati Terhadap Rekan Kerja

Membangun budaya empati dapat dimulai dengan memperbaiki komunikasi kamu dengan rekan kerjamu. Sederhananya, komunikasi empati merupakan cara komunikasi yang dilakukan agar gaya hidupmu dapat beradaptasi dengan cara komunikasi orang lain.

Dengan menyesuaikan komunikasi kamu dalam suatu forum agar selaras dengan kepribadian tim, secara tidak langsung kamu akan meningkatkan produktivitas dan kenyamanan tim kerjamu dalam diskusi hal apa pun.

Ketika menghadapi situasi dengan empati, penting untuk menanyakan apa yang diinginkan orang lain dari interaksi tersebut, alasan mereka menginginkannya, dan cara mereka berinteraksi. Dengan cara ini, dapat membantu memandu interaksi yang lebih lancar dan produktif.

4 dari 4 halaman

4. Menghargai Perbedaan

Setiap tempat kerja memiliki perpaduan unik antara tipe orang yang beragam. Perbedaan ini dapat menimbulkan ketegangan, konflik, atau misskomunikasi ketika dua orang berbeda pendapat. Ketika kamu dapat memahami tipe kepribadian, kamu akan lebih siap untuk menghindari masalah tersebut atau menanganinya dengan cara produktif yang bisa memuaskan banyak pihak.

Memahami dan menghargai bahwa setiap orang mungkin melihat sesuatu secara berbeda akan membantu memberikan perspektif dan memungkin lebih banyak inklusivitas dan lebih sedikit penilaian negatif di tempat kerja.

5. Memahami Tujuan Karier

Ketika kamu menemukan tipe kepribadian dan mempelajari lebih lanjut tentang kekuatan, kelemahan, motivasi, dan pemicu stres, kamu akan lebih memahami peran dan tugas yang paling cocok untuk kamu.

Misalnya, kamu terlahir sebagai pemimpin dengan kemampuan untuk tetap tenang saat stres. Atau kamu merupakan orang yang berempati tinggi sehingga memungkinkanmu untuk membantu orang lain.

Apa pun pilihannya, memiliki pengetahuan ini sangat berguna untuk menentukan langkah yang harus kamu ambil demi mencapai tujuan kariermu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.