Sukses

Nyalanesia Pecahkan Rekor MURI Pelatihan Literasi Guru dan Siswa di Sekolah Terbanyak

Nyalanesia kembali pecahkan rekor MURI pada tahun 2023

Liputan6.com, Jakarta Nyalanesia kembali sukses memecahkan rekor MURI dalam kategori "Pelatihan Literasi Kepada Guru dan Siswa di Sekolah Terbanyak" dengan total 1.717 sekolah. Penyerahan piagam ini diterima oleh Wanda Leonardo Fitres, selaku perwakilan Nyalanesia, dalam puncak acara Festival Literasi Nasional 2023, yang diselenggarakan pada Kamis, (4/5/2023).

Piagam Rekor MURI diserahkan oleh Sekretaris Daerah Kota Surakarta Ir. Ahyani, M.A., mewakili Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming yang berhalangan hadir. Sambutannya untuk acara ini juga dibacakan oleh Ahyani. Melalui sambutan tertulisnya, Gibran mengatakan bahwa menumbuhkan akar literasi merupakan tantangan bersama. "Budaya literasi juga harus lebih ditanamkan sejak usia dini, agar anak bisa mengenal bahan bacaan dan berkarya," katanya.

“Program pengembangan literasi yang hadir adalah semata-mata untuk menumbuhkan literasi pada generasi muda bangsa," kata Ahyani yang membacakan sambutan Gibran.

"Tujuannya untuk meningkatkan budaya literasi di kalangan pelajar. Sasaran literasi memang harus dimulai dari sekolah, pelajar dari jenjang SD hingga SMP. Dan Nyalanesia telah memfasilitasi sekolah-sekolah tersebut untuk menumbuhkan budaya literasi di sekolah,” papar Ahyani.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Apresiasi pada seluruh pihak

Wanda Leonardo Fitres, selaku Chief Capital Officer Nyalanesia, menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah mengupayakan, hingga seluruh program Nyalanesia dapat terlaksana selama 7 tahun perjalanan.

“Tujuh tahun perjalanan Nyalanesia, pada gelaran FLN tahun ini, tentu tidak akan bisa berjalan tanpa dukungan dan upaya dari semua pihak," kata Leonardo.

"Saya ucapkan terima kasih kepada para pimpinan pemerintah pusat dan daerah, dinas pendidikan dan instansi di berbagai daerah, kepala sekolah, guru, dan siswa-siswi, tokoh-tokoh nasional, penggerak literasi, komunitas literasi, dan seluruh Penyala yang telah mengupayakan seluruh kegiatan ini dapat terlaksana,” pungkas Leonardo.

Dalam acara Festival Literasi Nasional 2023 ini, Nyalanesia turut menghadirkan tokoh-tokoh nasional dalam sesi NyalaTalks, di antaranya Lenang Manggala (Founder Nyalanesia), Dr. Indrawan Nugroho (innovator &creator), serta Helmy Yahya (entrepreneur & creator).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.