Sukses

Kembali Diluncurkan, Festival Literasi Denpasar Fasilitasi Ratusan Sekolah untuk Kembangkan Budaya Literasi

Festival Literasi Denpasar memfasilitasi ratusan sekolah untuk meningkatkan budaya literasi

Liputan6.com, Jakarta Pada penyelenggaraan di tahun 2022 lalu, program Festival Literasi Denpasar telah berhasil memfasilitasi ribuan siswa dan guru dari 139 sekolah. Sebanyak 8.647 karya telah diciptakan oleh siswa dan guru dari berbagai sekolah di Kota Denpasar.

Setelah kembali meraih kesuksesan pada penyelenggaraan tahun 2022 lalu, Pemerintah Kota Denpasar (Pemkot Denpasar) serta Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga Kota Denpasar (Disdikpora Kota Denpasar) kembali bekerja sama dengan Nyalanesia untuk menyelenggarakan Festival Literasi Denpasar Tahun 2023.

“Program Festival Literasi Denpasar yang telah terselenggara sejak tahun 2020 telah terbukti berhasil meningkatkan budaya literasi dan mutu pendidikan untuk ratusan sekolah di kota Denpasar. Maka, program ini harus kita jalankan secara berkelanjutan bersama Nyalanesia dan berkat dukungan Wali Kota, Bunda Literasi, dan jajaran Pemerintah Kota Denpasar lainnya,” jelas Anak Agung Gede Wiratama, selaku Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga Kota Denpasar, pada perayaan Puncak Acara Festival Literasi Denpasar 2022 lalu.

Program Festival Literasi Denpasar 2023 kembali hadir guna memfasilitasi seluruh siswa dan guru jenjang SD, SMP, dan SMA/Sederajat untuk menerbitkan buku dan mengembangkan program literasi sekolah. Melalui program ini, peserta akan mendapatkan berbagai pelatihan dan sertifikasi kompetensi, serta kompetisi berliterasi paling bergengsi di tingkat kota dan nasional dengan total hadiah senilai ratusan juta rupiah.

“Program ini dipersembahkan bagi sekolah-sekolah di Kota Denpasar guna menjadi solusi sekaligus wahana untuk mengakselerasi kualitas budaya literasi dan mutu pendidikan secara lebih efektif, efisien, dan penuh suka cita. Kami mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Pemkot dan Disdikpora Kota Denpasar yang telah memfasilitasi sekolah-sekolah di kota Denpasar melalui program ini,” ujar Lenang Manggala, selaku Founder Nyalanesia.

Seluruh peserta yang tergabung dalam program ini akan difasilitasi dan bertualang bersama serangkaian kegiatan yang meliputi: workshop dan sertifikasi kompetensi, penulisan dan perlombaan literasi, penerbitan dan percetakan buku, fasilitas pembuatan dan pengelolaan website literasi sekolah, seminar nasional dan peluncuran buku, penganugerahan penghargaan dan hadiah, hingga Puncak Acara Festival Literasi Denpasar 2023.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Juga ada pembaruan fasilitas

Tak hanya fasilitas tersebut, Program Festival Literasi Denpasar tahun 2023 juga hadir dengan pembaruan fasilitas yang akan semakin mendukung peningkatan budaya literasi di sekolah. Di antaranya adalah fasilitas pendaftaran gratis untuk 5 Tim Literasi Sekolah, Diklat Ketua Tim Literasi Sekolah, Konsultasi dan Pengembangan Program Literasi, dan masih banyak pembaruan lainnya guna mendukung peningkatan budaya literasi di sekolah.

Ni Nyoman Puriyani, selaku Guru Koordinator dari SMK Negeri 3 Denpasar, setelah puncak acara program tahun 2022 lalu menyampaikan bahwa ia mendapatkan banyak pengalaman menarik dengan mengikuti Festival Literasi Denpasar untuk pertama kalinya.

“Ini baru pertama kali saya mengikuti FL Denpasar banyak pengalaman menarik yang diperoleh dari kegiatan ini. Dari tidak suka menulis, kegiatan ini mengajak peserta untuk bisa menulis. Pelaksanaan program sudah sangat baik, dan pemberian informasi sangat lengkap dan pelayanan sangat ramah,” ujar Ni Nyoman Puriyani.

Sedangkan Guru Koordinator SMK Negeri 2 Denpasar, Ni Made Rai Darmawati menyampaikan semangatnya untuk mengikuti kembali di tahun 2023 ini.

“Sangat menarik. Bagi saya sebagai Guru Koordinator merasa mendapat pengalaman baru menulis buku. Sungguh suatu pengalaman yang menarik dan tahun depan saya semangat untuk ikut kembali,” ujar Ni Made Rai Darmawati.

 

3 dari 3 halaman

Sangat membantu sekolah dan peserta

Penggerak Literasi Nasional yang menjadi Koordinator Festival Literasi Denpasar, Jemima Mulyandari mengungkapkan, berdasarkan data yang dikumpulkan tim Nyalanesia melalui formulir pasca puncak acara program tahun 2022 lalu, sebanyak 78,5% sekolah peserta menyatakan program ini sangat membantu sekolah dan peserta. Sedangkan 19,2% lainnya menyatakan netral, 3% sekolah menyatakan tidak tahu, dan 0% yang menyatakan program tidak membantu sekolah dan peserta.

“Bagi sekolah yang ingin berkarya dan berprestasi di bidang literasi, ayo daftarkan sekolah Anda di kegiatan Festival Literasi Denpasar 2023,” imbuh Jemima Mulyandari.

Pendaftaran Program Festival Literasi Denpasar Tahun 2023 masih dibuka hingga tanggal 25 Agustus 2023. Informasi lengkap dan pendaftaran dapat diakses melalui situs resmi www.festivalliterasidenpasar.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini