Sukses

8 Tanda Kamu Sangat Cerdas, Meski Kamu Tidak Merasa Kamu Pintar

Berikut ini beberapa tanda kalau kamu cerdas meski kamu tidak merasa pintar

Liputan6.com, Jakarta Kebiasaan yang dianggap buruk, seperti menggigit kuku, banyak mengeluh, dan mengunyah permen karet, sebenarnya adalah tanda bahwa Anda lebih pintar dari kebanyakan orang. Tentu saja, tidak hanya ada satu jenis kecerdasan, karena kecerdasan sosial dan emosional juga penting.

Tampaknya ada beberapa sifat yang dimiliki oleh orang-orang yang sangat cerdas yang membedakan mereka dari yang lain, membuat mereka bersinar dengan kecemerlangan. Berikut ini tanda-tanda kecerdasan tinggi untuk menentukan apakah Anda memilikinya seperti dilansir dari Brightside.

1. Anda mengeluh dengan sopan

Berbicara dengan sopan ketika Anda melihat ada sesuatu yang tidak benar, baik di tempat kerja atau di luar, adalah tanda kecerdasan emosional. Meskipun tampaknya Anda senang mengeluh, hal itu sebenarnya menunjukkan bahwa Anda sadar dan memperhatikan lingkungan Anda. Anda memahami dampak hal-hal negatif terhadap orang lain, dan bukan hanya diri Anda sendiri, membuat Anda merasa perlu mengajukan keluhan.

2. Anda berbicara kepada diri sendiri

Para ilmuwan percaya ada manfaat besar untuk mendengarkan diri kita berbicara. Mendengar diri Anda mengatakan sesuatu memiliki dampak yang berbeda pada otak Anda daripada membaca atau memikirkannya. Ini sebenarnya terkait dengan menjadi lebih rendah hati, mengatasi emosi dengan lebih baik, dan lebih mampu menimbang keputusan dan perspektif lainnya. Ini, pada gilirannya, menunjukkan kecerdasan emosional yang lebih tinggi.

3. Anda memiliki pengendalian diri yang baik

Mampu menahan godaan dan penantian merupakan tanda kecerdasan, terutama di kalangan remaja. Penelitian telah menemukan bahwa orang yang lebih pintar dari rata-rata memiliki pengendalian diri yang lebih besar, terutama dalam hal pola makan. Faktanya, pengendalian diri telah ditemukan sebagai salah satu cara terbaik untuk hidup sehat, dan lebih cepat lebih baik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

4. Anda bisa sendirian 

Orang dengan kecerdasan emosional yang tinggi umumnya baik-baik saja dengan menyendiri dengan pikiran dan ide mereka dan tidak perlu bersosialisasi sepanjang waktu untuk menjadi bahagia. Karena mereka bisa begitu sibuk dengan agenda mereka sendiri, mereka tidak merasa takut ketinggalan saat tidak menghadiri acara sosial. Sebaliknya, mereka hanya memiliki beberapa teman dekat dan menikmati waktu mereka sendiri.

5. Anda tidak berpikir Anda sangat pintar

Efek Dunning-Kruger menunjukkan bahwa orang yang memiliki kemampuan lebih rendah sering melebih-lebihkan diri mereka sendiri. Namun, orang dengan kecerdasan lebih tinggi tidak meremehkan atau melebih-lebihkan kemampuan mereka. Orang dengan tingkat kecerdasan yang lebih tinggi lebih sadar akan apa yang tidak mereka ketahui dan, oleh karena itu, tidak menganggap diri mereka pintar.

Ini mungkin sesuatu yang Anda perhatikan pada individu yang sangat cerdas, yang tidak pernah mengaku tahu segalanya dan selalu ingin tahu serta mau belajar.

 

3 dari 4 halaman

6. Anda menggigit kuku Anda

Sebuah studi baru menemukan bahwa menggigit kuku mungkin sebenarnya bukan tanda kecemasan. Menurut penelitian, kebiasaan menenangkan seperti menggigit kuku dan mengorek kulit sebenarnya adalah tentang perfeksionisme dan perasaan tidak puas. Nyatanya, tampaknya orang yang memiliki kecenderungan perfeksionis ekstrem mungkin terkait dengan kecerdasan yang lebih tinggi daripada mereka yang tidak memilikinya.

7. Anda mengunyah permen karet

Mengunyah permen karet tampaknya terkait langsung dengan kinerja yang lebih baik dalam tes dan tugas memori, menurut penelitian. Ingatan, perhatian, dan fungsi eksekutif dan intelektual Anda dapat meningkat saat mengunyah permen karet. Namun, para ilmuwan mengalami beberapa kesulitan dan perbedaan pendapat saat membuktikannya, karena hal itu juga dapat memengaruhi kinerja tugas.

 

4 dari 4 halaman

8. Anda hanya memiliki sedikit teman

Orang yang lebih pintar diyakini memiliki lebih sedikit teman dan lingkaran sosial yang lebih kecil karena mereka lebih mandiri. Menurut teori Savanna, di masa lalu, manusia perlu berada dalam kelompok yang lebih besar untuk berburu dan memecahkan masalah bersama. Namun, saat ini kita kurang bergantung, terutama orang yang sangat cerdas, yang dapat menyelesaikan masalahnya sendiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.