Sukses

Bosan dengan Pasangan, Wajarkah? Begini Cara Mengatasinya

Bosan dalam hubungan asmara mungkin sering dialami oleh banyak pasangan. Namun, bagaimana cara mengatasinya? Ikuti tipsnya di sini.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam setiap hubungan pasti ada pasang surut yang tidak bisa terelakkan. Salah satu hal yang mungkin saja terjadi seperti merasa bosan dengan pasangan. Tidak hanya dalam hubungan saat berpacaran, orang-orang yang sudah menikah pun mungkin akan mengalami hal yang sama.

Apalagi jika hubungan pernikahan sudah berjalan lama, misalnya lebih dari 10 tahun. Munculnya rasa bosan ini seperti hal yang sangat wajar dirasakan, sebab mungkin sudah terlalu banyak waktu yang dihabiskan bersama-sama.

Pertama-tama yang sering dirasakan seperti misalnya keterikatan yang biasanya begitu intens dan penuh gairah, lama kelamaan akan mereda seiring berjalannya waktu.

Seperti dalam hubungan berpacaran, saat Anda merasakan hubungan ini terasa stabil dan nyaman, mungkin akan takut hubungan ini akan menjadi terlalu usang — atau bahkan sedikit membosankan. Anda mungkin bertanya-tanya, "Mengapa saya bisa bosan dengan hubungan saya?"

Ternyata, ada banyak sekali penyebab kenapa kita bisa memiliki rasa bosan saat menjalin sebuah hubungan dengan pasangan. Seperti yang dihimpun dari Very Well Mind, Selasa (27/6/2023), hubungan Anda mungkin sebagian besar bebas dari konflik. Namun, Anda mungkin masih merasa tidak puas, lelah, atau sekadar tidak bersemangat.

Oleh karena itu, ketahui beberapa tanda Anda bosan dengan pasangan dan beberapa alasan mengapa sparkling dan romansa tersebut mulai hilang. Ini juga mencakup langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk memperbaiki kebosanan dalam suatu hubungan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tanda-tanda Kebosanan dalam Hubungan

Kenali beberapa tanda jika Anda mungkin sedang berada dalam hubungan yang membosankan:

  • Sudah merasa tidak tertarik dengan cerita kehidupan, perasaan, atau minat pasangan.
  • Tidak terlalu memerhatikan satu sama lain seperti di awal-awal hubungan.
  • Saat memikirkan masa depan terkait hubungan Anda, membuat merasa tidak nyaman atau bahagia.
  • Merasa bahwa menghabiskan waktu bersama orang lain (di luar pasangan) jauh lebih menyenangkan dan mengasyikan.
  • Berharap dapat mengubah pasangan atau hubungan Anda.
  • Merasa sudah tidak lagi memiliki kesamaan.
  • Kesulitan menemukan hal-hal yang bisa dibicarakan bersama.
  • Sering merasa kesal dengan pasangan atau malah sebaliknya. 
  • Anda tidak lagi merasa tertarik kepada mereka.
  • Sudah tidak lagi saling menghargai satu sama lain.

Namun, penting untuk diingat bahwa kebosanan tidak sama dengan ketidaknyamanan. Bagaimanapun, penting untuk merasa nyaman dengan pasangan Anda. Itu berarti Anda memercayai mereka, dan Anda merasa bisa menjadi diri sendiri saat bersama orang lain.

Satu hal yang perlu diperhatikan, jika kebosanan ini sedikit mengganggu, hal ini belum tentu merupakan pertanda bahwa hubungan Anda pasti akan gagal. Sebaliknya, itu mungkin menunjukkan bahwa sudah waktunya untuk membuat beberapa perubahan atau menginvestasikan lebih banyak energi untuk meningkatkan kencan berdua atau pernikahan Anda.

3 dari 4 halaman

Alasan Kenapa Hubungan Bisa Membosankan

Ada beberapa faktor yang bisa memengaruhi kebosanan dalam hubungan. Termasuk masalah-masalah yang mungkin ikut berperan dalam mengurangi hubungan romantis Anda. Berikut ini beberapa alasan mengapa Anda mungkin tiba-tiba merasa bosan dalam hubungan:

  • Memiliki minat yang berbeda

Hubungan Anda dan pasangan bisa menjadi membosankan saat tidak lagi memiliki kecocokan dasar. Jika sudah tidak memiliki tujuan dan minat yang sama, mungkin sulit untuk menemukan titik temu agar kalian tetap terhubung satu sama lain.

  • Tidak memiliki percakapan yang mendalam atau bermakna

Komunikasi memang sangat penting untuk hubungan yang sehat. Saat Anda atau pasangan tidak lagi bisa berbicara dengan serius tentang tujuan, perasaan, opini, dan topik lainnya, kalian mungkin menemukan bahwa Anda berdua mulai menjauh dari waktu ke waktu.

  • Merasa sedikit menyerah untuk tetap dalam hubungan

Jika Anda telah meninggalkan minat, harapan, atau impian sendiri demi kepentingan orang lain, hanya masalah waktu sebelum Anda mulai lelah menekan tujuan Anda sendiri. 

  • Tidak memiliki minat dan hobi sendiri

Dalam hidup, Anda harus memiliki hobi sendiri di luar hubungan. Melakukan hobi akan membantu Anda merasa lebih bersemangat tentang hidup secara umum. Selain itu, juga dapat memberikan sesuatu yang dapat dibicarakan dan dibagikan dengan pasangan.

  • Berhenti berusaha dalam hubungan ini

Menjaga hubungan tetap menarik berarti Anda dan pasangan perlu menunjukkan minat, perhatian, dan kasih sayang satu sama lain. Mengabaikan perasaan, tidak menghabiskan waktu bersama, dan mengabaikan kebutuhan satu sama lain pasti berkontribusi pada perasaan bosan.

4 dari 4 halaman

Tips Atasi Saat Anda Bosan dalam Hubungan Anda

Kebosanan memang memiliki dampak negatif yang parah pada suatu hubungan. Untuk mengatasi rasa bosan dalam hubungan, Anda perlu memahami terlebih dahulu apa masalahnya. Setelahnya, bisa mempertimbangkan atau menerapkan beberapa solusi berikut:

  • Ubah cara Anda berpikir

Penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dikenal sebagai penilaian ulang kognitif dapat mengubah cara orang berpikir tentang cinta dan hubungan mereka. Proses ini melibatkan interpretasi situasi dengan cara yang berbeda untuk mengubah cara Anda berpikir dan merasakannya.

Dengan melakukan perubahan tersebut ini, Anda mungkin fokus untuk melihat kualitas positif pasangan Anda dan memikirkan bagaimana karakteristik tersebut berkontribusi pada hubungan Anda.

  • Ganti rutinitas berdua

Merasa bosan dalam hubungan mungkin merupakan cerminan dari rasa bosan secara umum. Salah satu cara untuk mengubahnya adalah dengan mengubah rutinitas harian Anda. Alih-alih makan di tempat yang sama, pertimbangkan pergi ke tempat baru sebagai pasangan. Temukan hobi baru yang bisa Anda berdua coba bersama. 

  • Jangan lupakan kencan bersama

Saat ini, mungkin sudah waktunya untuk kembali ke awal dan mengulangi beberapa aktivitas yang Anda nikmati saat pertama kali mulai berkenalan.

Berkencan seminggu sekali bisa menjadi cara yang bagus untuk terhubung kembali. Berfokuslah pada perasaan yang Anda miliki saat awal bertemu dan rasakan dengan perasaan kebahagiaan yang serupa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.