Sukses

6 Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Mental, Bantu Atasi Stres hingga Melawan Kecanduan

Olahraga meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan dan menawarkan manfaat lainnya. Selain baik untuk kesehatan fisik, olahraga juga bermanfaat bagi kesehatan mental Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Olahraga meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan dan menawarkan manfaat lainnya. Selain baik untuk kesehatan fisik, olahraga juga bermanfaat bagi kesehatan mental Anda.

Rutin berolahraga mampu membuatmu lebih bahagia atau tidak terlalu stres, menenangkan pikiran dan memperkuat otot.

Aktivitas olahraga memungkinkan tubuh memproduksi dan melepaskan endorfin yang membantu merilekskan tubuh dan pikiran. Dengan begitu, Anda bisa tidur lebih nyenyak, menjernihkan pikiran dan tetap dalam suasana hati yang baik.

Oleh karena itu, ketahui beberapa manfaat olahraga bagi psikologis Anda, seperti melansir dari Webmd, Kamis (15/6/2023).

1. Mengatasi stres

Sekitar 75% hingga 90% kunjungan dokter adalah untuk penyakit yang berhubungan dengan stres. Olahraga membantu Anda mengatasi stres.

Olahraga menyebabkan tubuh Anda melepaskan endorfin, bahan kimia di otak Anda yang menghilangkan rasa sakit dan stres. Ini juga mengurangi kadar hormon stres, kortisol dan adrenalin.

Penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga selama 20 hingga 30 menit setiap hari dapat membuat orang merasa lebih tenang. Ketenangan ini berlanjut beberapa jam setelah berolahraga.

2. Tingkatkan suasana hati

Olahraga seperti golf atau ski memaksa Anda untuk mengesampingkan kekhawatiran dan berkonsentrasi pada tugas yang ada. Ini membantu Anda menjernihkan pikiran dan menenangkan diri. Ini juga membantu Anda tidur lebih nyenyak.

3. Menghasilkan efek kesehatan mental jangka panjang

Berpartisipasi dalam olahraga bisa berdampak jangka panjang pada kesehatan mental Anda. Peneliti mempelajari 9.688 anak yang memiliki pengalaman masa kecil yang buruk, seperti pelecehan fisik dan seksual, atau penelantaran emosional.

Mereka menemukan bahwa anak-anak yang mengikuti olahraga tim memiliki kesehatan mental yang lebih baik ketika mereka dewasa.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Membantu melawan kecanduan

Sebuah penelitian terhadap remaja Norwegia menemukan bahwa mereka yang bermain dalam olahraga tim cenderung tidak merokok dan menggunakan ganja saat dewasa.

Sementara, peneliti di Korea merekomendasikan penggunaan olahraga untuk membantu remaja memerangi kecanduan internet.

5. Membantu mengatasi depresi

Olahraga membantu mengobati depresi. Studi menunjukkan bahwa olahraga memperbaiki gejala depresi dan mengurangi risiko kambuh.

Olahraga ternyata sama efektifnya dengan pengobatan antidepresan standar dalam satu penelitian, dengan olahraga dalam jumlah sedang membantu memperbaiki depresi.

6. Meningkatkan gangguan mental yang serius

Olahraga dapat membantu jika Anda memiliki penyakit mental yang serius seperti skizofrenia. Ini memperbaiki beberapa gejala skizofrenia, termasuk kehilangan motivasi dan kesulitan berpikir, tetapi kurang efektif dengan gejala lain seperti halusinasi.

 

3 dari 3 halaman

Olahraga yang Efektif Mengatasi Stres

1. Yoga

Selain memperbaiki tubuh, yoga membantu membebaskan pikiran dan mengurangi stres. Yoga menjadi latihan pikiran dan tubuh yang sangat populer. Yoga membutuhkan disiplin fisik dan mental serta meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas otot. Pose-pose yoga membutuhkan kontrol mental dan pernapasan.

Latihan yoga membantu mengurangi stres, tekanan darah dan menurunkan detak jantung. Siapa pun dapat berlatih dan mendapatkan manfaat dari kegiatan ini. Anda juga mempelajari titik-titik hubungan antara seni bela diri dan yoga.

2. Pilates

Oksigenasi otot-otot membantu mengatasi stres dan akumulasi ketegangan. Ini adalah sistem kebugaran yang dirancang untuk memperkuat otot, memperbaiki postur tubuh, fleksibilitas, dan kesadaran mental.

Ini membantu mengurangi gejala stres dan kecemasan. Melepaskan ketegangan otot, sambil menggunakan teknik untuk membawa oksigen ke otak, yang meningkatkan ketenangan dan kesejahteraan, serta disiplin.

3. Lari

Ini adalah salah satu olahraga sederhana yang akan membantu Anda melepaskan stres yang telah Anda kumpulkan sepanjang hari.

Berlari sangat bermanfaat bagi orang-orang yang memiliki jam kerja yang panjang dan pekerjaan yang tidak mengharuskan mereka untuk banyak bergerak sepanjang hari.

Orang-orang tersebut bisa mendapatkan manfaat dari berlatih olahraga di luar ruangan. Bersentuhan dengan alam akan membantu menjernihkan pikiran Anda dan melepaskan tingkat stres Anda.

Jika Anda memilih olahraga di luar ruangan sebagai cara untuk melepaskan stres, disarankan untuk melakukannya dengan pasangan atau teman.

Manfaat tambahannya adalah Anda akan memiliki waktu untuk bergaul dan berbicara dengan teman atau pasangan Anda tentang berbagai subjek untuk mengalihkan pikiran Anda dari pekerjaan, semua ini sambil berolahraga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.