Sukses

Menilik Perjalanan Karier BTS Selama Satu Dekade, Mulai Awal Trainee hingga Miliki Fans di Seluruh Penjuru Dunia

BTS tercatat dalam sejarah sebagai grup K-Pop yang mengantongi penghargaan terbanyak tidak hanya di Korea tetapi juga di kancah internasional.

Liputan6.com, Jakarta Siapa tak tahu boy grup BTS? Grup berisi 7 anggota tersebut nampaknya kini telah menjadi boy grup paling populer yang pernah ada di dunia. BTS tercatat dalam sejarah sebagai grup K-Pop yang mengantongi penghargaan terbanyak tidak hanya di Korea tetapi juga di kancah internasional. 

Grup ini telah memenangkan beberapa penghargaan Billboard Music sejak debutnya pada tahun 2013. Grup ini telah menikmati kesuksesan luar biasa tidak hanya di Korea tetapi juga di industri musik Amerika. Mereka telah memenangkan Penghargaan Musik Amerika beberapa kali. Tak heran jika BTS memiliki penggemar di seluruh penjuru dunia. 

Dilansir Insider, BTS sendiri pertama kali dibentuk pada tahun 2010 oleh perusahaan manajemen mereka saat ini Big Hit Entertainment, sebuah perusahaan hiburan Korea Selatan.

Perusahaan hiburan seperti Big Hit memiliki beberapa cara berbeda untuk merekrut beberapa bakat baik itu online atau secara langsung. Misalnya, Suga BTS yang ditemukan melalui audisi online pada musim gugur 2010, sementara Jungkook mengatakan kepada acara bincang-bincang Korea bahwa dia ditemukan oleh agensi bakat setelah mengikuti audisi untuk "Superstar K", acara Korea yang mirip dengan "American Idol".

Sebelum mereka menjadi sebuah band, mereka memulai karier sebagai trainee di Big Hit Entertainment. Ya, setelah ditemukan, para rekrutan baru menjadi trainee yang mendapatkan pembinaan untuk mempersiapkan mereka menjadi superstar. Ini termasuk pelajaran menari dan menyanyi serta pelatihan akting.

Anggota termuda grup ini, JungKook yang berusia 14 tahun ketika ia pertama kali memulai sebagai trainee untuk Big Hit. BTS secara resmi memulai debutnya sebagai grup idola K-pop beranggotakan tujuh orang pada musim panas 2013.

Album pertama mereka yaitu "2 COOL 4 SKOOL" mendapat cukup banyak kesuksesan, menempati urutan kesepuluh di chart musik bulanan Korea sebulan setelah rilis. Sudah menjadi bintang di Korea Selatan, band ini lantas mengincar pasar musik terbesar di dunia Amerika Serikat. Mereka berhasil menjadi artis K-pop pertama yang tampil di American Music Awards yang disiarkan televisi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Karier BTS Mulai Mencuat hingga ke Luar Negeri

BTS menjadi grup K-pop pertama yang menduduki puncak tangga album AS. Pada Mei 2018, band ini memimpin Billboard 200 yang memeringkat album melalui penjualan, unduhan, dan streaming dengan album Love Yourself: Tear.

Seiring tumbuhnya pengaruh budaya, BTS diundang untuk berbicara di Perserikatan Bangsa-Bangsa. Para anggota menggunakan platform untuk memberi tahu anak muda untuk menjadi diri mereka sendiri.

Berpidato di aula yang dipenuhi orang pada peluncuran kampanye pemuda UNICEF, RM mendesak pemuda untuk berani berbicara terlepas dari ras, jenis kelamin, atau identitas mereka.

Band ini berhasil mencetak rekor lain, menjadi artis Korea pertama yang menduduki puncak tangga album Inggris dengan Map Of The Soul: Persona. Pencapaian tersebut terjadi menjelang dua pertunjukan grup yang terjual habis di Stadion Wembley yang terkenal di London.

Setelah menduduki puncak tangga lagu di AS dan Inggris, BTS mengambil jeda pertama mereka sejak debut, dengan alasan perlunya beristirahat. Tapi band ini kembali dalam beberapa minggu, dengan tur yang mencakup pertunjukan di Arab Saudi.

3 dari 4 halaman

Menempati Billboard Hot 100 pada Tahun 2020

Pada bulan September 2020, BTS menjadi artis Korea Selatan pertama yang mendominasi tangga lagu single AS teratas, dengan hit berbahasa Inggris mereka Dynamite menempati No.1 di Billboard Hot 100.

Pencapaian tersebut datang beberapa jam setelah BTS mengalahkan musisi kelas berat Amerika termasuk Lady Gaga, Ariana Grande dan Taylor Swift untuk mencetak penghargaan Pop Terbaik di MTV Video Music Awards.

Grup ini berulang kali menduduki puncak tangga lagu AS dengan lagu-lagu lain termasuk Butter dan Permission To Dance. BTS bahkan menjadi orang boy grup Korea pertama yang menerima nominasi Grammy.

Grup ini masuk nominasi untuk penampilan terbaik oleh duo atau grup pop untuk hit berbahasa Inggris Dynamite, tetapi gagal menang. BTS berhasil masuk nominasi lagi pada tahun 2021. Sementara itu BTS menjadi grup Asia pertama yang memenangkan Artist of the Year di American Music Awards, acara penghargaan dengan pilihan penggemar terbesar di dunia.

Mereka juga meraih penghargaan untuk Duo atau Grup Pop Favorit dan Lagu Pop Favorit untuk lagu hit Butter. Kemenangan tersebut menandai AMA kesembilan grup tersebut.

Pada bulan Desember 2021, Hybe mengumumkan bahwa BTS akan mengambil "masa istirahat kedua yang diperpanjang secara resmi" untuk memulihkan tenaga dan mencari inspirasi baru.

Band ini dengan cepat tampil lagi, dengan serangkaian konser yang tiketnya terjual habis di Seoul pada Maret 2022. Ini merupakan penampilan pertama pasca pandemi di tanah kelahirannya.

Di akhir tahun 2022 BTS diumumkan hiatus untuk beberapa saat.Hal ini lantaran beberapa anggota akan menjalani wajib militer sementara anggota lainnya akan berkarier secara solo. Mereka dikabarkan akan kembali berkarier beberapa tahun kedepan. Sementara ARMY masih akan setia menunggu sang idola kembali berkarya. 

4 dari 4 halaman

BTS Rayakan Ultah ke-10, Intip Isi Lengkap Surat Cinta RM untuk ARMY dan Grupnya yang Manis

Tanggal 13 Juni 2023 jadi momen super spesial untuk BTS, dan para penggemarnya—ARMY. Pasalnya, hari ini, Selasa (13/6/2023), merupakan peringatan sepuluh tahun debut RM, Jin, Jimin, V, J-Hope, Suga, dan Jungkook.

Media sosial ramai dengan tagar menyambut hari bahagia ini. Tengok saja Twitter, tagar #BTS10thAnniversary berada di posisi pertama trending topic wilayah Indonesia dengan 1,4 juta cuitan, yang tentu saja terus bertambah.

RM BTS juga ikut bersukacita menyambut tanggal istimewa ini. Dilansir dari Soompi, ia membagikan unggahan di Instagram-nya, isinya bermacam-macam. Mulai dari surat tulisan tangan, foto-foto lama BTS, hingga selfie barunya.

“Perayaan ke-10, selamat selamat,” tulisnya di selembar kertas dalam unggahan pertamanya. Lantas seperti apa tulisan panjang yang dibagikan RM BTS? Simak berikut ini.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.