Sukses

Gejala Kolesterol Tinggi, Waspadai Tanda-Tanda Peringatan Ini di Kaki

Alasan kolesterol tinggi berdampak mematikan bagi kesehatan manusia adalah karena terlambat diidentifikasi. Oleh karena itu, ketahui beberapa gejala kolesterol tinggi yang terlihat pada kaki.

Liputan6.com, Jakarta - Kolesterol tinggi adalah silent killer (pembunuh diam-diam) dan kesadaran seputar kolesterol telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

Kolesterol, dalam jumlah yang tepat, sangat penting untuk menjalankan fungsi-fungsi tubuh. Salah satu fungsi utama kolesterol menyangkut sel dan unit dasar kehidupan.

Kolesterol berfungsi sebagai prekursor sintesis zat-zat vital dalam tubuh seperti steroid, empedu dan vitamin D.

Ketika jumlah kolesterol dalam tubuh melewati 200 mg/dL dikatakan sebagai kolesterol tinggi dan dokter menyarankan beberapa perubahan pola makan hingga gaya hidup untuk mengontrol kadar kolesterol.

Ketika kadar kolesterol tetap tinggi dalam darah terlalu lama, hal itu menyebabkan kondisi kritis seperti meningkatnya risiko penyakit jantung dan stroke.

Tanda kolesterol tinggi seringkali "diam-diam"

Alasan kolesterol tinggi berdampak mematikan bagi kesehatan manusia adalah karena terlambat diidentifikasi.

Tanda-tanda awal kolesterol tinggi terlalu halus dan mudah diabaikan oleh orang tersebut. Ini memberikan kondisi untuk tumbuh di dalam tubuh dan hanya teridentifikasi ketika telah menyebabkan kerusakan yang tidak bisa diperbaiki di dalam tubuh.

Namun, jika seseorang berhati-hati dan memperhatikan ada tanda-tanda kolesterol tinggi tertentu yang bisa dengan mudah terlihat.

Oleh karena itu, ketahui beberapa gejala kolesterol tinggi yang terlihat pada kaki, seperti melansir dari Times of India, Jumat (2/6/2023).

1. Klaudikasio

Claudication atau klaudikasio adalah salah satu tanda kolesterol tinggi yang paling penting yang terlihat di kaki.

Kondisi ini ditandai dengan rasa nyeri, kram dan kelelahan pada otot-otot kaki. Hal ini sering terjadi setelah berjalan dalam jarak tertentu dan hilang saat orang tersebut beristirahat.

Nyeri klaudikasio paling banyak dirasakan di betis, paha, bokong, pinggul dan kaki. Rasa sakit semakin parah seiring berjalannya waktu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Kaki dan tungkai dingin

Merasa dingin dan dingin terutama saat musim panas dan saat suhu tinggi merupakan indikasi bahwa Anda mengalami penyakit arteri perifer.

Kondisi ini mungkin tidak menggangumu pada awalnya, namun jika berlangsung lebih lama jangan ditunda lebih lanjut dan periksakan ke dokter.

3. Perubahan warna kulit dan tekstur kulit di kaki

Kolesterol tinggi menyebabkan penumpukan plak di pembuluh darah yang memengaruhi aliran darah.

Ketika lebih sedikit darah yang mencapai area tertentu, hal itu memengaruhi keseluruhan fungsi dan tekstur kulit anggota tubuh tertentu.

Jika Anda melihat perubahan tertentu pada warna dan tekstur kulit di kakimu dan tidak memiliki alasan lain untuk itu, kemungkinan penyebabnya adalah kolesterol tinggi. Jangan tunda lagi dan periksakan ke dokter.

3 dari 3 halaman

Cara mengurangi risiko kolesterol tinggi

Beberapa faktor bisa menyebabkan kolesterol tinggi. Dari gaya hidup yang tidak sehat hingga kondisi medis yang mendasarinya, banyak hal yang bisa menyebabkan peningkatan kadar kolesterol dalam tubuh.

Karena itu, Anda juga bisa mengurangi risiko dengan pilihan gaya hidup yang lebih baik.

Daripada makan terlalu banyak lemak jenuh atau lemak trans, beralihlah ke sayuran hijau, buah-buahan yang sehat dan menghidrasi, biji-bijian kaya serat dan sebagainya.

Berolahraga secara teratur, bahkan jika itu berarti berjalan selama setengah jam.

Berhenti merokok atau kurangi asupan alkohol. Selanjutnya, pastikan Anda menjaga berat badan yang sehat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.