Sukses

9 Gejala Awal Kanker yang Tidak Boleh Diabaikan

Kanker adalah kondisi yang bisa diobati dan untuk ini Anda harus memperhatikan tanda-tanda penyakitnya saat berada di tahap awal.

Liputan6.com, Jakarta - Kanker adalah kondisi yang bisa diobati dan untuk ini Anda harus memperhatikan tanda-tanda penyakitnya saat berada di tahap awal.

Salah satu tantangan terbesar pemulihan kanker adalah orang-orang tidak memahami tanda-tanda awal dan pada saat mereka menemui dokter, penyakitnya sudah berkembang.

Oleh karena itu, ketahui beberapa gejala awal kanker yang menjadi tanda peringatan pertumbuhan kanker, seperti melansir dari Times of India, Selasa (26/5/2023).

1. Demam yang berulang pada malam hari

Demam akibat pertumbuhan kanker jauh berbeda dengan demam yang kita alami saat flu biasa.

"Ciri-ciri tertentu dari demam berulang bisa meramalkan kemungkinan adanya hubungan kanker. Anda harus memberikan perhatian khusus jika: demam terkadi sebagian besar pada malam hari, Anda tidak memiliki tanda-tanda infeksi lain dan Anda berkeringat di malam hari," sesuai laporan yang tersedia di situs web John Hopkins Medicine.

2. Perubahan dalam tekstur dan warna kulit

Setiap perubahan tekstur dan warna kulit yang terlihat tidak boleh diabaikan. Pakar kesehatan mengingatkan untuk memeriksa tahi lalat pada kulit secara rutin. Jika tahi lalat membesar dan berubah warna, Anda harus memeriksakannya ke dokter.

3. Nyeri yang terus-menerus

Pertumbuhan kanker mendorong area tubuh yang teratur menyebabkan nyeri yang tiba-tiba dan terus-menerus.

Pada tahap awal mungkin tampak tidak relevan karena rasa sakit tampaknya akan hilang setelah beberapa saat. Tetapi rasa sakit yang terus-menerus tanpa alasan yang jelas tidak boleh diabaikan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Kesulitan bernapas

Gejala ini muncul karena kelelahan. Meskipun ada beberapa alasan kesulitan bernapas, termasuk kesehatan jantung yang buruk, kemungkinan pertumbuhan kanker dalam tubuh tidak boleh dikesampingkan.

Jika Anda melihat perubahan dalam kemampuan bernapas saat melakukan tugas-tugas sederhana seperti menaiki tanggi, segera konsultasikan ke dokter.

5. Kelelahan

Sel-sel kanker menggunakan nutrisi tubuh untuk pertumbuhan mereka sendiri. Ini menyebabkan hilangnya nutrisi dalam tubuh dan karenanya orang tersebut merasa sangat lemah.

Kelelahan yang disebabkan oleh kanker tidak sama dengan yang biasa kita alami saat melakukan banyak pekerjaan fisik.

Jika tiba-tiba Anda tidak bisa melanjutkan pekerjaan sehari-hari, segera konsultasikan ke dokter.

6. Penurunan berat badan drastis

Penurunan berat badan yang tidak bisa dijelaskan adalah indikator utama pertumbuhan kanker dalam tubuh.

Timbulnya kanker bisa diperiksa jika memperhatikan berat badan mereka.

Jika Anda mencoba menurunkan berat badan atau belum melakukan perubahan signifikan pada pola makan dan gaya hidupmu tetapi berat badan masih turun banyak, jangan senang dan segera periksakan ke dokter.

 

3 dari 3 halaman

7. Perubahan dalam fungsi tubuh

"Perhatikan perubahan fungsi tubuhmu. Perubahan ini bisa disebabkan oleh banyak faktor berbeda (beberapa serius, meskipun banyyak yang tidak)," kata ahli gastroenterologi Johns Hopkins Anne Marie Lennon.

Pakar mengatakan konstipasi atau diare yang tiba-tiba, kesulitan buang air besar, buang air kecil dalam urine atau urine bercampur dalam tinjamu, merasa seperti Anda tidak mengosongkan isi perutmu sepenuhnya, perubahan lain dari fungsi normal usus Anda, tidak boleh diabaikan.

8. Pendarahan yang tidak bisa dijelaskan

Ketika Anda berdarah tanpa memar sendiri, Anda harus tahu bahwa ada sesuatu yang salah di tubuh Anda.

Pendarahan seperti melihat bercak darah pada urine atau feses, melihat bercak darah pada dahak adalah indikator penyakit serius. Ini juga termasuk pendarahan vagina di antara periode.

9. Kehilangan nafsu makan

Cara lain pertumbuhan kanker bisa memengaruhi tubuhmu adalah dengan mengganggu nafsu makan.

Beberapa pasien melaporkan tanda awal kanker mereka merasa kenyang bahkan ketika mereka hampir tidak makan apa pun.

Jika Anda mengalami kesulitan menelan sangat dianjurkan untuk memeriksakan tenggorokan ke ahlinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.