Sukses

Suka Berimajinasi, 10 Tanda Ini Tunjukkan Bahwa Kamu adalah Orang yang Kreatif

Seorang yang kreatif biasanya memiliki kemampuan untuk menghasilkan ide-ide baru, orisinal, inovatif, bahkan ide-ide unik. Kenali 10 tanda berikut ini yang menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang kreatif.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang yang kreatif biasanya memiliki kemampuan untuk menghasilkan ide-ide baru, orisinal, dan inovatif, bahkan ide-ide unik.

Mereka yang kreatif cenderung berpikir di luar kotak, unik, menghubungan konsep yang tidak biasa, dan menciptakan solusi yang berbeda untuk mengatasi masalah. Seseorang yang kreatif juga mampu melihat dunia dengan cara yang berbeda dan memiliki kemampuan untuk mengekspresikan diri mereka sendiri melalui berbagai media.

Memiliki pemikiran yang kreatif akan memungkinkan seeorang untuk melakukan hal-hal yang baru, yang melibatkan diri untuk mencapai potensi yang dimilikinya. Apa yang harus dilakukan untuk menjadi seorang yang kreatif? Apakah beberapa orang memang terlahir kreatif atau hal tersebut merupakan hal yang dapat dikembangkan seiring dengan berjalannya kehidupan dan adanya niat?

Dalam sebuah buku yang berjudul "Creativity: The Work and Lives of 91 Eminent People” yang ditulis oleh Mihaly Csikszentmihalyi, seorang psikolog terkemuka menjelaskan bahwa sebenarnya kreativitas merupakan hal yang paling sering diharapkan oleh semua orang dalam hidup.

Mihaly Csikszentmihalyi menjelaskan bahwa orang-orang yang kreatif memiliki karakteristik yang unik yang berbeda dengan orang-orang biasanya. Jika Anda ingin menjadi seorang yang kreatif, terapkan praktik-praktik yang dilakukan orang kreatif ke dalam kehidupan keseharian Anda. Hal ini dapat membantu Anda untuk meningkatkan potensi kreatif.

Oleh karena itu, kenali karakteristik orang kreatif dan terapkan beberapa tips menjadi kreatif, melansir dari Verywellmind, Rabu, (24/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Karakteristik Orang Kreatif

1. Memiliki Banyak Energi

Orang yang kreatif biasanya memiliki banyak energi, baik secara fisik maupun mental. Seseorang yang kreatif biasanya menghabiskan waktunya untuk mengerjakan suatu hal yang menarik perhatian mereka namun tetap terlihat sangat antusias. Seorang yang memiliki pemikiran kreatif tidak berarti selalu terlibat dalam sebuah pekerjaan kreatif atau artistik yang mmebutuhkan fokus tingkat tinggi. Seorang yang kreatif adalah orang yang imajinatif, memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, dan merenungkan topik-topik yang menarik minat mereka.

2. Cerdas dan Naif

Orang yang kreatif adalah orang yang cerdas. Namun, sebuah penelitian menunjukkan bahwa memiliki IQ yang tinggi tidak selalu berkorelasi dengan tingginya kreativitas seseorang. Menyeimbangkan kreativitas dengan pengetahuan yang dimiliki  merupakan aspek penting untuk menjadi seorang yang kreatif. Csikszentmihalyi juga percaya bahwa orang kreatif harus mampu melihat segala sesuatu dengan cara yang segar, bahkan naif, sehingga mereka dapat mempertahankan rasa keingintahuan dan keingintahuan mereka.

3. Memiliki Kepribadian yang Menyenangkan dan Disiplin

Csikszentmihalyi, seorang psikolog mencatat bahwa biasanya seroang yang kreatif itu memiiki kepribasian yang menyenangkan. Namun, sifat menyenangkan ini tercermin dari sifat yang berlawanan yaitu ketekunan. Orang yang kreatif mungkin terlihat riang dan menyenangkan, namun mereka juga bisa menjadi seorang pekerja keras dan bersemangat dalam mengejar hasrat mereka hingga mereka puas dengan hasil kerja yang dilakukannya.

3 dari 4 halaman

4. Realistis dan Imajinatif

Orang-orang yang kreatif memiliki imajinatif yang tinggi namun tetap dalam batasan. Terkadang, mereka membenamkan diri dalam imajinasi dan fantasi, namun dapat mengubah imajinasi mereka menjadi sebuah kenyataan.

Dari seniman hingga musisi, mereka dapat menghasilkan solusi imajinatif untuk masalah di dunia nyata. Sementara orang lain mungkin menganggap ide-ide mereka hanya sebagai fantasi yang tidak relevan, mereka yang memiliki pikiran kreatif menemukan cara-cara praktis untuk mengubah gagasan mereka menjadi kenyataan.

5. Menunjukkan Sifat Introvert dan Ekstrovert

Csikszentmihalyi menyatakan bahwa kreativitas membutuhkan penggabungan dari kedua tipe kepribadian ini. Orang yang kreatif cenderung menunjukkan karakteristik introvert dan ekstrovert pada saat yang bersamaan.

Seorang yang kreatif bisa menjadi pendiam dan mudah bergaul secara bersamaan. Berinteraksi dengan orang lain dapat menghasilkan ide dan inspirasi, dan menyepi ke tempat yang tenang memungkinkan seorang yang kreatif untuk mengeksplorasi sumber-sumber kreativitas ini sepenuhnya.

6. Bangga akan Pencapaian namun Rendah Hati

Orang yang kreatif cenderung bangga atas pencapaian dan prestasi mereka, namun juga mereka dasar akan posisi mereka dan tetap rendah hati. Seorang yang kreatif sangat menghormati orang lain yang bekerja di bidangnya dan pengaruh inovasi sebelumnya terhadap pekerjaan mereka.

Seorang yang kreatif memang melihat bahwa pekerjaan mereka memang luar biasa jika dibandingkan dengan pekerjaan orang lain, namun hal tersebut bukanlah sesuatu hal yang menjadi fokus mereka.

4 dari 4 halaman

7. Mampu Merangkul Sisi Maskulin dan Feminim

Seseorang yang kreatif cenderung mampu dalam merangkul sisi maskulin dan feminism mereka. Hal ini berarti mereka dapat secara bersamaan menjadi sensitive dan mengayomi (sering dicap sebagai feminism), serta tegas dan dominan (sering dicap sebagai maskulin). Biasanya, seorang yang kreatif sering menolak streotip dan peran gender yang kaku yang sering dicoba ditegakkan oleh masyarakat.

8. Memiliki Sifat Konservatif dan Memberontak

Seorang yang kreatif bisa menjadi konservatif dalam berbagai hal. Mereka tahu bahwa inovasi terkadang berarti berani mengambil risiko. Orang yang kreatif adalah orang yang memiliki pemikiran yang out of the box, dan orang-orang menganggap mereka sebagai orang yang tidak konformitas dan bahkan sedikit memberontak.

Csikszentmihalyi percaya bahwa mustahil untuk menjadi benar-benar kreatif tanpa terlebih dahulu menginternalisasi norma-norma dan tradisi budaya.

9. Memiliki Pemikiran yang Objektif

Orang kreatif mengabdikan diri pada pekerjaan mereka, namun mereka juga mampu bersikap objektif terhadapnya. Mereka bersedia menerima kritik dari orang lain, yang memungkinkan mereka untuk memisahkan diri dari pekerjaan mereka dan menemukan area yang perlu diperbaiki. Dengan demikian, orang yang kreatif mampu untuk menikmati pekerjaan mereka sekaligus memeriksanya secara kritis.

10. Terbuka dan Sensitif

Csikszentmihalyi menyatakan bahwa orang kreatif cenderung lebih terbuka dan sensitif, karakteristik yang dapat membawa kesenangan dan rasa sakit. Tindakan menciptakan sesuatu, memunculkan ide-ide baru dan mengambil risiko, sering kali membuat orang terbuka terhadap kritik. Bisa jadi kritik tersebut menyenangkan atau bahkan menyakitkan.

Terbuka terhadap pengalaman kreatif juga merupakan sumber kegembiraan yang luar biasa. Hal ini dapat membawa kebahagiaan yang luar biasa, dan banyak orang kreatif percaya bahwa perasaan seperti itu sepadan dengan rasa sakit yang mungkin terjadi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.