Sukses

Bikin Hubungan Makin Mesra, Kenali 6 Manfaat Bulan Madu untuk Pengantin Baru

Bukan cuma merencanakan pesta pernikahan, yuk, rencanakan bulan madu bersama pasangan!

Liputan6.com, Jakarta Sudah berapa persen Anda mempersiapkan pernikahan? Persiapan acara pernikahan agar berjalan dengan baik dan sempurna memang sedikit bikin stres dan melelahkan, ya. Makanya setelah menikah, ada beberapa pasangan yang langsung memutuskan untuk segera menjalani bulan madu atau honeymoon ke tempat yang indah dan romantis.

Setelah bersumpah untuk saling mencintai selamanya, menikmati suasana laut, atau jalan-jalan ke luar negeri, bisa menjadi cara sempurna untuk memulai babak baru dengan status sebagai pasangan suami-istri. Belum lagi, setelah melewati berbagai drama dengan segala persiapan pernikahan, pasti rasanya Anda dan pasangan sangat ingin beristirahat dan bersantai sementara.

"Sudah saatnya pasangan yang baru menikah, bisa mendapatkan semuanya untuk diri mereka sendiri, dalam suasana yang begitu intim dan jauh dari semua gangguan, yang membuat relaks dan memanjakan," jelas Figs O'Sullivan, pakar hubungan dari Empathi, yang kami lansir dari laman Brides. Dia juga mengatakan, "Bulan madu adalah ritual yang bermakna dan penting untuk memperkuat ikatan antara pengantin baru, di mana mereka dapat menciptakan kenangan abadi bersama.”

Jadi, biasanya bulan madu dapat dimaknai juga sebagai sebuah perjalanan atau liburan yang biasanya dilakukan oleh pasangan yang baru menikah. 

Oh iya, sudah tahu belum, kalau ternyata ada banyak manfaat kenapa Anda dan pasangan harus melakukan bulan madu? Penasaran? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Manfaat Bulan Madu untuk Pengantin Baru

Mulai dari bisa berbagi waktu berduaan tanpa gangguan hingga mencoba pengalaman baru bersama-sama, berikut adalah beberapa alasan kenapa bulan madu sangat penting untuk hubungan Anda:

1. Menghabiskan waktu bersama-sama

Dari pertunangan hingga pernikahan, Anda mungkin sering menghabiskan waktu beberapa bulan belakangan bersama teman atau keluarga. Dengan bulan madu hanya berdua, itu berarti memiliki waktunya bersama tanpa adanya gangguan dari orang lain. Coba jalan-jalan sore di sepanjang pantai atau mengobrol sambil makan malam romantis.

2. Mengatur hubungan pernikahan ke depannya

Setelah saling mengikrarkan janji, bulan madu menjadi pengalaman pertama Anda bersama pasangan, yang berarti masa depan harus segera dipersiapkan dengan baik. Apalagi menikah adalah sebuah perubahan besar dalam hidup, yang memerlukan waktu penyesuaian yang lumayan lama. Di momen bulan madu, dapat membantu memudahkan Anda dalam memasuki kehidupan baru bersama ini sembari mengetahui kebiasaan pasangan yang belum pernah dilihat sebelumnya.

“Bulan madu adalah cara yang bagus untuk memperkuat fokus baru pada cinta dan keintiman,” kata Dr. Chaka McAlpin, seorang terapis keluarga dan pernikahan di Los Angeles.

3. Menciptakan kenangan indah

Mengunjungi tempat baru yang belum didatangi sebelumnya, membuat Anda akan membentuk kenangan yang akan terus diingat selama bertahun-tahun yang akan datang. Terlebih ini menjadi perjalanan pertama sebagai suami-istri, seakan menjadi pengingat akan cinta Anda berdua.

"Apapun yang terjadi di bulan madu Anda, Anda akan memiliki kenangan bersama untuk ditertawakan, ditangisi, atau dibicarakan selama sisa hidup Anda,” kata Kobasky, salah satu pemilik Over the Moon Vacations.

3 dari 5 halaman

4. Mencegah stres

Dapat dikatakan bahwa mempersiapkan pernikahan diselingi dengan tuntutan pekerjaan, dan berbagai masalah kehidupan lainnya, cukup membuat stres. Jadi, dengan bulan madu menjadi waktu khusus bagi Anda berdua untuk beristirahat dari pekerjaan serta kewajiban sehari-hari. Setelah beberapa hari melepaskan itu semua, Anda bisa kembali ke kehidupan yang biasanya dengan perasaan yang lebih segar. 

5. Keluar dari zona nyaman dengan mengenal tempat baru

Jadikan bulan madu pertama Anda sebagai pasangan suami-istri dengan pengalaman yang tidak terlupakan. Sebagai contohnya, pergi keluar sambil menjelajahi tempat yang berbeda. Mulai snorkeling atau mendaki bukit, cobalah hal-hal yang baru di momen ini. Anda pun akan mengenal budaya, tradisi, dan kebiasaan yang tidak pernah dilihat sebelumnya. Selain itu, kalian berdua dapat saling mengenal dan belajar tentang bagaimana menghadapi tantangan sebagai sebuah tim.

6. Semakin mengenal satu sama lain lebih dalam

Beberapa hari bersantai tanpa harus repot dengan urusan sehari-hari, dapat membuat Anda memiliki waktu untuk benar-benar mengenal satu sama lain. Manfaatkan momen bulan madu untuk menanyakan pertanyaan seputar hal-hal yang belum pernah Anda tanyakan atau ketahui saat pacaran.

4 dari 5 halaman

Cara Memaksimalkan Bulan Madu Anda

Meskipun bulan madu Anda sudah direncanakan dengan sebaik mungkin, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya hasilnya maksimal. Yuk, coba ikuti tipsnya di bawah ini:

1. Tujuan bulan madu sudah disepakati bersama

Menentukan tujuan bulan madu kadang bisa membuat Anda dan pasangan berdebat, apalagi jika kalian berdua memiliki preferensi yang berbeda. Untuk itu, tujuan bulan madu harus benar-benar disepakati bersama. Beberapa pertimbangan yang bisa dilakukan antara lain, apakah ingin ke tempat dengan keindahan alam? Atau ke luar negeri dan ingin merasakan salju? Harus menggunakan travel agent atau bisa pergi sendiri?

Nah, dengan membuat beberapa pertanyaan seperti ini, bisa mencari tahu apa diinginkan sebenarnya ketika berbulan madu.

2. Membuat ritual baru

Biasanya bulan madu dijalani sehari atau beberapa hari setelah acara pernikahan. Nah, saat inilah menjadi momen bersejarah untuk membuat ritual baru sebagai pasangan suami-istri. Cobalah lakukan ritual yang sama setiap harinya, supaya Anda berdua semakin dekat. Sebagai contoh, Anda bisa mengikuti kelas olahraga di pagi hari, makan bersama, dan nonton film bareng. Dari sini, ritual tersebut bisa menjadi kebiasaan setelah bulan madu selesai. 

5 dari 5 halaman

3. Coba beri kejutan untuk pasangan

Sebelum bulan madu, Anda dan pasangan pasti sudah membuat rencana perjalanan dan kegiatan yang akan dilakukan nanti. Namun, tidak ada salahnya untuk memberikan kejutan kepada pasangan di luar rencana yang sudah disusun, lho. Coba saja daftar ke kelas masak pribadi, naik perahu romantis, atau mengikuti massage couple. Dengan menggabungkan pengalaman yang unik saat bulan madu, pasti akan membuat hubungan semakin romantis dan mesra.  

4. Nikmati waktu sepenuhnya tanpa gangguan gadget

Ingatlah bahwa tujuan bulan madu yaitu untuk menghabiskan waktu berkualitas setelah pernikahan. Untuk itu, jangan lupa log out dari semua media sosial, e-mail, dan pesan-pesan yang bisa mengganggu waktu berkualitas Anda sementara. Ya, sesekali menghubungi orang tersayang juga penting, akan tetapi jangan sampai hal ini merusak momen tersebut. Kalau ingin berbagi momen bahagia ini di media sosial, lakukan saja setelah bulan madu selesai. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.