Sukses

Anti Luntur dan Pudar, Begini 6 Tips Mudah Mencuci Pakaian Hitam

Simak tips khusus supaya pakaian hitam tidak mudah luntur!

Liputan6.com, Jakarta - Pakaian dengan warna hitam memang menjadi andalan setiap orang, ya. Alasannya, karena terlihat simpel dan mudah dipadupadankan dengan berbagai warna maupun aksesori lainnya. Setelah dipakai, Anda langsung terlihat trendi dan menarik.

Namun di balik kelebihannya, mengenakan pakaian hitam rupanya menyimpan beberapa kekurangan nih! Sebagai contoh, pakaian dengan warna yang satu ini menjadi mudah pudar serta gampang kusam.

Alhasil, warna hitam pun berubah menjadi keabu-abuan. Makanya ada yang mengatakan bahwa pakaian hitam itu harus dicuci dengan cara khusus, yaitu harus dipisahkan dengan baju lainnya.

Sebenarnya, hal-hal seperti itu bisa dicegah, asalkan Anda memahami cara tips mencuci pakaian warna hitam yang benar dan tepat. Anda bahkan tidak harus membeli pakaian baru, jika mengikuti tips-tips yang kami rangkumkan dari berbagai sumber di bawah ini. Terutama bagi Anda yang sedang hobi mengenakan pakaian berwarna hitam. Yuk, disimak!

Cara Mencuci Baju Hitam

1. Jangan terlalu sering dicuci

Terlalu sering mencuci pakaian hitam, ternyata bisa membuatnya mudah luntur, karena warnanya terlihat tidak pekat seperti sebelumnya. Selain itu, sebelum dicuci, pastikan Anda sudah mengecek label yang biasanya tertera di dalam pakaian lebih dulu dahulu.

Tujuannya untuk melihat anjuran dan panduan mencucinya sesuai dengan bahan kainnya. Jadi, hindarilah mencuci pakaian hitam terlalu sering dan cucilah ketika perlu.

2. Balik pakaian saat mencuci dan menjemur

Tidak cuma saat dijemur, sebaiknya pakaian hitam juga harus di balik saat dicuci menggunakan mesin cuci atau cuci dengan tangan. Hal ini berfungsi supaya melindungi bagian depan baju hitam yang biasanya mudah terkikis warnanya.

Begitu pula ketika dijemur, sebab sinar matahari bisa membuat pakaian hitam mudah pudar. Nah, dengan di balik lebih dulu, warna bagian luar pakaian juga lebih aman. Selain itu, serat luar pakaian menjadi tidak mudah rusak karena gesekan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Jangan dijemur di bawah sinar matahari

Sebaiknya untuk menghindari warna pudar, Anda bisa menjemur pakaian hitam di tempat yang sejuk dan tidak terpapar matahari langsung. Penyebabnya karena sinar UV dari matahari bisa merusak warna baju dan membuat baju terlihat memudar. Jika ingin dijemur, cukup digantung dan diangin-anginkan saja, ya.

4. Cuci dengan air dingin dan detergen khusus

Mencuci pakaian hitam sebaiknya menggunakan air dingin supaya warna pakaian tetap terlihat baru. Jangan menggunakan air hangat kecuali dalam kondisi tertentu, dikarenakan air hangat bisa melunturkan warna pada pakaian hingga menyebabkan pakaian menyusut. Selain itu, coba pilih detergen khusus untuk pakaian berwarna gelap.

5. Cuci dengan cuka jika dibutuhkan

Anda bisa mencoba mencuci pakaian dengan menambahkan segelas cuka saat proses pembilasan. Fungsinya untuk menjaga warna pakaian dengan menghilangkan sisa sabun serta detergen yang menempel waktu dicuci. Bahkan cuka juga bisa membuat pakaian terhindar dari jamur dan bau tidak sedap.

6. Perhatikan suhu saat menyetrika

Selain panduan mencucinya, biasanya pada label pakaian ada keterangan panduan menyetrika. Coba ikuti keterangan tersebut setelah pakaian kering dan sebelum masuk ke dalam lemari. 

Dengan begitu, Anda bisa membuat pakaian lebih awet, karena tidak semua kain yang digunakan dapat terkena suhu panas. Hati-hati pula ketika menyemprotkan pewangi saat menyetrika, sebab kandungan kimianya bisa merusak warna dasar pakaian.

3 dari 3 halaman

Kenapa Harus Menggunakan Detergen Khusus?

Pasti sebagian dari Anda akan sedikit bingung, kenapa harus menggunakan detergen khusus untuk mencuci pakaian warna hitam? Alasannya, detergen untuk mencuci pakaian itu sangat berpengaruh dalam menjaga warna pakaian supaya tidak mudah luntur dan pudar. Begitu pula ketika ingin mencuci pakaian berwarna hitam. Caranya dengan memilih detergen untuk pakaian berwarna dan jangan yang mengandung pemutih.

Tidak hanya itu saja, pilih detergen yang mengandung bright activator dan oksigen aktif. Kedua kandungan ini, bisa mempertahankan warna baju agar tetap awet dan mampu mengangkat noda.

Terakhir, gunakan detergen yang mengandung sedikit busa, agar tidak terlalu lama dibilas dan menghindari kucekan yang berlebihan. Akan lebih baik lagi, bila menggunakan detergen cair, agar tidak meninggalkan bubuk di pakaian hitam.

Semoga tips-tips ini bermanfaat agar pakaian hitam Anda bisa tetap awet!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.