Sukses

4 Warna Terbaik untuk Dipakai Jika Anda Seorang Introvert Menurut Para Ahli

Berikut ini warna yang baik dipakai jika Anda seorang introvert

Liputan6.com, Jakarta Angkat tangan Anda jika Anda seorang introvert! Meskipun kata itu kadang-kadang dapat menyulap visi seseorang yang antisosial, itu benar-benar merujuk pada bagaimana Anda mengisi kembali energi — dan introvert melakukannya sendiri sebagai lawan dari orang lain, seperti yang dilakukan ekstrovert.

Meskipun ada banyak sekali faktor yang berkontribusi pada bagaimana perasaan seorang introvert dalam situasi tertentu, satu aspek kecil namun penting adalah warna pakaian mereka.

Lisa Lawless, PhD, CEO Holistic Wisdom, mengatakan orang introvert mungkin memiliki lebih banyak kecemasan sosial atau merasa perlu lebih menutupi situasi sosial, yang bisa melelahkan.

"Itulah mengapa menggunakan warna-warna menenangkan yang mencerminkan kepribadian dan preferensi mereka adalah aturan praktis yang baik," katanya. Berikut ini warna yang baik dipakai oleh para introvert seperti dihimpun dari Bestlife.

1. Biru

Menurut sebuah studi tahun 2021 yang dilakukan oleh Universitas Soochow di China dan diterbitkan dalam International Journal of Engineering Research & Technology (IJERT), biru adalah warna yang paling diasosiasikan dengan kepercayaan.

"Inilah mengapa banyak bank dan organisasi berita menggunakannya," Lawless menjelaskan, menambahkan bahwa itu adalah rona yang bagus untuk introvert karena "memungkinkan mereka untuk menikmati warna tanpa menarik banyak perhatian pada diri mereka sendiri." Dan dengan memberikan kesan percaya, Anda akan tetap diterima dengan baik oleh orang lain, meskipun Anda merasa sedikit malu.

Konsultan warna Jill Kirsh merekomendasikan agar mereka yang memiliki rambut coklat tua atau hitam memakai warna biru kobalt. Dia mengatakan mereka yang memiliki rambut cokelat keemasan atau merah harus memilih warna biru muda, dan pirang hangat harus mencoba aqua. Mereka yang berambut abu-abu atau pirang abu harus mengenakan periwinkle atau cadet blue.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Hitam

Lawless mengatakan bahwa terkadang introvert lebih menyukai warna yang dalam atau berani, yang dapat memberi mereka rasa keseimbangan. "Hitam sering dipakai oleh orang-orang yang sangat tertutup karena memungkinkan mereka merasakan kekuatan mereka sendiri dan menawarkan rasa membumi."

Plus, sebuah studi tahun 2021 yang diterbitkan dalam jurnal Color Research & Application menemukan bahwa hitam adalah warna paling menarik yang bisa dikenakan. Amber Lee, pakar hubungan dan CEO Select Date Society, mengatakan bahwa dia merekomendasikan warna ini untuk kencan pertama. "Hitam itu elegan, canggih, dan berkelas."

Namun, pada akhirnya, Kirsh berpendapat bahwa setiap orang pada dasarnya dapat mengenakan setiap warna, baik introvert maupun ekstrovert. "Ini hanya tentang mengetahui nuansa terbaik Anda dari warna itu," katanya. "Saat Anda yakin dengan semua pilihan warna Anda, perhatian Anda diarahkan ke luar ke dunia versus kembali ke diri Anda sendiri — merasa malu, pendiam, dan tidak yakin tentang cara Anda tampil di hadapan orang lain."

 

3 dari 4 halaman

3. Hijau lembut

Hijau lembut, seperti sage dan seafoam, dapat memberikan cerminan dari sikap damai seorang introvert, sedangkan warna abu-abu muda dapat memberikan kesan kekuatan yang tenang, catat Lawless. "Pastel dapat memberikan nuansa warna tanpa membuat orang introvert atau orang di sekitarnya kewalahan."

Ini juga dapat mencakup merah muda lembut, lilac, dan biru, yang menciptakan suasana mudah didekati dan nyaman. Kirsh menyukai warna hijau mint untuk mereka yang berambut pirang abu atau abu-abu, dan hijau alpukat untuk mereka yang berambut cokelat keemasan atau merah.

 

4 dari 4 halaman

4. Netral

Jika Anda seorang introvert, Anda mungkin ingin mencoba menempatkannya pada posisi netral. Lawless merekomendasikan warna yang ditemukan di alam, seperti krem, tan, dan cokelat. Ini adalah warna menenangkan yang terkenal, dan ini adalah pilihan yang bagus jika Anda tidak ingin menjadi pusat perhatian (misalnya dengan mengenakan gaun merah muda neon).

Mengenai warna mana yang paling cocok untuk Anda, Kirsh merekomendasikan abu-abu arang untuk mereka yang berambut coklat tua, hitam, atau abu-abu dan camel atau gading untuk mereka yang berambut pirang hangat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.