Sukses

10 Hal yang Tanpa Disadari Merusak Mata Anda

Berikut ini beberapa hal yang tanpa disadari merusak mata Anda

Liputan6.com, Jakarta Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), sekitar 12 juta orang berusia di atas 40 tahun di AS mengalami gangguan penglihatan, dan sekitar 61 juta orang dewasa AS berisiko tinggi kehilangan penglihatan besar.

Faktor risiko tertentu untuk penglihatan yang memburuk, seperti usia, tidak dapat dikontrol, tetapi ada faktor lain yang bisa—yang sayangnya, Anda mungkin tidak menyadarinya.

Berikut ini beberapa hal mengejutkan yang dapat memengaruhi kesehatan mata Anda dan merusak penglihatan Anda seperti dihimpun dari Bestlife.

1. Menghabiskan terlalu banyak waktu di depan komputer

Sayangnya, menghabiskan terlalu banyak waktu di depan komputer dapat berdampak serius pada kesehatan mata Anda. Menurut Melissa Toyos, dokter mata yang berbasis di Nashville, penggunaan komputer adalah penyebab utama mata kering dan teriritasi.

Terlebih lagi, masalah penglihatan yang berkaitan dengan penggunaan komputer sangat umum sehingga American Optometric Association (AOA) memiliki nama khusus untuk mereka: Computer Vision Syndrome (CVS).

2. Menghabiskan terlalu banyak waktu dengan ponsel Anda

Seperti komputer Anda, layar ponsel Anda juga memancarkan sinar biru yang dapat membahayakan mata Anda. "Cahaya biru memiliki energi lebih sedikit daripada [sinar] UV, tetapi menembus lebih dalam ke dalam mata daripada sinar ultraviolet, mencapai retina peka cahaya di bagian belakang mata," jelas Gary Heiting, direktur penelitian dan standar penglihatan di Eyesafe. Batasi berapa banyak waktu yang Anda habiskan untuk melihat ponsel Anda untuk melindungi kesehatan mata Anda.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

3. Menggunakan lensa kontak secara berlebihan

Siapa pun dengan penglihatan yang kurang sempurna tahu bahwa lensa kontak adalah anugerah. Namun, jika Anda menggunakan lensa kontak, Anda perlu memastikan bahwa Anda menggunakannya dengan benar, atau Anda dapat membahayakan kesehatan mata dan penglihatan Anda.

"Lensa kontak dapat menumpuk protein, lipid, kosmetik, dan kotoran lainnya dari waktu ke waktu," jelas dokter mata Leigh Ploughman. "Bakteri juga dapat menempel pada permukaan lensa dan menyebabkan infeksi mata yang signifikan."

Dalam laporan tahun 2016 yang diterbitkan dalam Morbidity and Mortality Weekly Report, para peneliti menemukan bahwa dari tahun 2005 hingga 2015, sekitar 20 persen dari semua infeksi kornea terkait lensa kontak mengakibatkan semacam gangguan penglihatan, jadi berhati-hatilah.

4. Memakai lensa kontak di dalam air

Pastikan Anda melepas lensa kontak sebelum mandi atau berenang. "Bakteri tersembunyi hidup di dalam air, dan ini dapat menyebabkan infeksi mata yang parah," kata Damon Yehezkiel, seorang dokter mata dan presiden International Society of Contact Lens Specialists. "Beberapa orang sangat disayangkan kehilangan satu mata karena kondisi ini."

 

3 dari 5 halaman

5. Tidur dengan lensa kontak

Hal lain yang tidak boleh Anda lakukan saat memakai lensa kontak? Tidur. "Meskipun ada lensa kontak lunak yang disetujui untuk dipakai semalaman, risiko infeksi meningkat secara eksponensial saat Anda tidur dengan lensa tersebut," jelas Benjamin Bert, MD, dokter mata di MemorialCare Orange Coast Medical Center di California.

"Lensa fisik itu sendiri dapat mengering di permukaan mata dan menyebabkan kerusakan mikroskopis yang memungkinkan bakteri masuk ke kornea dan menyebabkan tukak," ia memperingatkan.

6. Menyalakan suhu terlalu tinggi

"Mata kering bukan hanya gangguan, tetapi sebenarnya dapat menyebabkan kerusakan pada permukaan depan mata," jelas Jonathan Wolfe, OD, dokter mata yang berbasis di New York. Di musim yang dingin, dia melihat gerombolan orang mengalami kerusakan ini, biasanya karena "udara hangat dan kering yang dihasilkan oleh pemanas sentral di rumah atau kantor".

Tapi ada harapan. Wolfe mengatakan bahwa "memiliki pelembab ruangan di kamar tidur dapat meningkatkan kenyamanan dan kesehatan mata secara signifikan."

 

4 dari 5 halaman

7. Menggunakan AC berlebihan di musim kemarau

Jika menurut Anda kesehatan mata Anda lebih baik di musim kemarau saat AC menyala, pikirkan lagi. Menurut Plowman, seperti pemanas, "AC mengurangi kelembapan relatif" di dalam ruangan, dan ini "sering menjadi penyebab penyakit mata kering".

The American Optometric Association (AOA) mencatat bahwa mata kering tingkat lanjut dapat menyebabkan gangguan penglihatan, jadi pastikan untuk menurunkan AC Anda (dan membeli obat tetes mata) untuk menjaga kesehatan mata Anda dalam kondisi yang baik.

8. Menggosok mata Anda

Saat alergi Anda muncul, Anda mungkin tergoda untuk menggosok mata untuk meredakan ketidaknyamanan. Namun, Wolfe memperingatkan bahwa "menggosok mata secara berlebihan dapat sangat meningkatkan peluang seseorang untuk mengembangkan penipisan kornea (keratoconus) atau mempercepat keratoconus yang sudah berkembang," terutama pada anak-anak.

 

5 dari 5 halaman

9. Mengenakan kacamata hitam murah

Lebih baik membayar untuk berinvestasi lebih dalam kacamata hitam berkualitas tinggi. "Beberapa kacamata hitam mungkin tampak memiliki lensa gelap, tetapi tidak memberikan perlindungan UV yang cukup," jelas Ezekiel. "Kacamata hitam berkualitas baik memiliki perlindungan UV yang unggul, dan perlindungan terbaik untuk mata Anda berasal dari kacamata hitam terpolarisasi."

10. Tidak memakai kacamata hitam sama sekali

Satu-satunya hal yang lebih buruk daripada memakai kacamata hitam murahan adalah tidak memakai kacamata hitam sama sekali. Bahkan di musim dingin, Yehezkiel menjelaskan bahwa "membuka mata Anda terhadap sinar UV tanpa perlindungan dapat menyebabkan pterigium [pertumbuhan pada kornea], kanker kelopak mata, atau katarak. Semakin sering Anda pergi ke luar tanpa kacamata hitam, semakin besar kemungkinan Anda terkena sinar UV. untuk menghadapi masalah jangka panjang."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.