Sukses

Wajib Dihindari, 5 Kesalahan Saat Mencuci Tangan Ini Bisa Buat Anda Sakit

Para dokter dan ahli kesehatan lainnya membagikan tips terbaik mereka tentang mencuci tangan dan memberitahu apa saja kesalahan yang paling sering dilakukan orang saat mencuci tangan yang bisa membuat mereka sakit.

Liputan6.com, Jakarta Mencuci tangan menjadi kebiasaan yang penting dilakukan semua orang beberapa tahun belakangan. Hal ini lantaran pandemi Covid-19 yang melanda seluruh negara di dunia sejak 3 tahun yang lalu. Kini salah satu protokol kesehatan yang perlu dilakukan untuk mencegah virus Corona adalah dengan mencuci tangan usai beraktivitas. 

Semua orang tahu cara mencuci tangan, bukan? Jika kita tidak mendapatkan pesan di taman kanak-kanak, maka pasti kita tahu latihannya setelah melewati pandemi COVID-19. Namun, para ahli mengatakan banyak dari kita masih melewatkan langkah-langkah dan mengambil jalan pintas dalam hal kebersihan tangan.

Para dokter dan ahli kesehatan lainnya membagikan tips terbaik mereka tentang mencuci tangan, dan memberitahu apa saja kesalahan yang paling sering dilakukan orang saat mencuci tangan yang bisa membuat mereka sakit. Dilansir dari Best Life berikut ulasannya:

1. Tidak menggunakan sabun yang cukup atau hanya menggunakan hand sanitizer

Tidak punya waktu untuk mencuci tangan dan berpikir bahwa semprotan pembersih tangan sudah cukup? Pikirkan lagi, kata dokter perawatan primer naturopati Devin Stone, ND, pendiri bioReigns. Alkohol tidak sepenuhnya membunuh semua jenis kuman dan juga tidak seefektif mencuci tangan dengan sabun dan air, katanya kepada Best Life.

Stone juga menekankan pentingnya menggunakan sabun, dan banyak lagi. "Sangat mudah untuk menghemat proses penyabunan," katanya. "Namun, Anda ingin memastikan bahwa Anda memiliki cukup sabun untuk membersihkan tangan Anda. Sabun seukuran nikel biasanya dapat menutupi seluruh permukaan tangan Anda."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Tidak mencuci seluruh tangan

"Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan orang saat mencuci tangan adalah fokus pada telapak tangan, melewatkan yang lainnya," kata Dawn Yeomans, PhD, kepala penelitian di GOJO Industries. 

"Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa sebagian besar bakteri di tangan mereka sebenarnya ditemukan di ujung jari dan di bawah kuku. Itu karena ujung jari adalah 'titik sentuh' tempat Anda memindahkan kuman dengan menyentuh benda yang terkontaminasi."

"Area lain seperti antara jari-jari Anda, di sekitar kutikula, dan di bawah kuku Anda serta barang-barang yang dapat dikenakan seperti cincin dan perban dapat menyimpan kuman tersembunyi dan bahkan dapat menjadi tempat berkembang biak kuman karena sering terlewatkan saat mencuci tangan dilakukan. Sangat penting bahwa mencuci tangan mencakup semua permukaan di kedua sisi tangan Anda, mulai dari telapak tangan di dekat pergelangan tangan hingga ujung kuku Anda," jelasnya.

3 dari 5 halaman

3. Tidak menggosok cukup lama

Roger Seheult, MD, seorang dokter bersertifikat dan penasihat medis untuk Intrivo dan On/Go, merekomendasikan kita untuk mengikuti metode lima langkah dari Pusat Pengendalian Penyakit (CDC): Basah, busa, gosok, bilas, dan keringkan. Jika Anda benar-benar melakukan setiap langkah, kemungkinan besar Anda telah mencuci tangan dalam waktu yang tepat.

"Saya benar-benar melihat orang tidak mencuci tangan cukup lama," kata Seheult. "Waktu yang disarankan adalah 20 detik kedengarannya tidak banyak, tetapi Anda akan terkejut betapa lamanya 20 detik saat Anda mencuci tangan. Salah satu cara untuk mengingatnya adalah menyanyikan 'Selamat Ulang Tahun' dua kali dengan cepat yang memakan waktu sekitar 20 detik."

4 dari 5 halaman

4. Menyentuh keran setelah Anda mencuci tangan

Setelah selesai menggosok, Anda mematikan airnya, bukan? Tetapi melakukan hal itu berpotensi membatalkan semua kebaikan yang baru saja Anda lakukan terutama jika Anda berada di toilet umum. "Bayangkan berapa banyak orang dengan tangan kotor juga menyentuh keran," Stone memperingatkan. Jika Anda tinggal bersama orang lain, hal ini juga berlaku di rumah.

Apa alternatifnya? Lagi pula, Anda tidak bisa membiarkan air mengalir begitu saja. "Jika memungkinkan, keringkan tangan Anda dengan handuk bersih. Kemudian gunakan handuk tersebut untuk mematikan keran," kata Stone kepada Best Life.

5 dari 5 halaman

5. Menggunakan handuk kotor untuk mengeringkan tangan

Berapa kali Anda menggoyangkan tangan dengan cepat, mengangkat bahu, dan menyebutnya cukup baik untuk mengeringkan tangan setelah mencucinya? Mungkin tisu kertas sedang kosong, atau Anda sedang terburu-buru dan apapun masalahnya, kita semua pernah melakukannya. 

Namun Dung Trinh, MD, pendiri  Healthy Brain Clinic, mengimbau masyarakat untuk tidak melewatkan langkah ini. "Tangan yang basah lebih mungkin menyebarkan kuman, jadi pastikan Anda mengeringkannya dengan handuk bersih atau pengering udara," katanya. Dan bersih adalah kata kunci di sana. 

"Handuk kotor yang digunakan kembali berkali-kali dapat menampung banyak mikroba," tambah Stone. "Sangat penting untuk mengeringkan tangan Anda dengan handuk bersih atau udara kering. Anda tidak ingin mengotori tangan Anda setelah Anda menghabiskan waktu untuk membersihkannya." Jika Anda di rumah, pastikan handuk tangan yang tergantung di dekat wastafel Anda baru dicuci.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.