Sukses

Nong Poy Transgender Cantik Thailand Pakai Mahkota Emas Saat Menikah, Ternyata Pemberian Nenek Suaminya yang Konglomerat

Nong Poy transgender cantik Thailand saat dipasangkan mahkota emas yang diberikan oleh nenek dari suaminya

Liputan6.com, Jakarta Setelah acara pertunangan dan pesta lajang dan sebelum pernikahan, transgender cantik Thailand, Nong Poy dimahkotai oleh keluarga mertua yang merupakan pengusaha. Mahkota yang terbuat dari emas itu dibentuk sesuai dengan upacara tradisional Thailand.

Diketahui mahkota ini dikenakan oleh transgender cantik itu pada pernikahan resmi mereka pada 1 Maret lalu. Pernikahan Nong Poy dan Oak Phakwa Hongyok yang pengusaha digelar sesuai dengan upacara adat di Phuket (Thailand).

Dilansir dari Dantri.com.vn, mahkota atau tiara itu telah dibuat ulang agar terlihat seperti barang antik dengan aksen bunga emas asli. Benang emas yang melekat pada mahkota dikirim langsung dari Perancis.

Mahkota juga dibuat oleh pengrajin terampil dan profesional terkenal. Meski pihak keluarga menolak membeberkan nilai dari mahkota tersebut, namun banyak orang yang menduga bahwa harga tiara itu tidaklah kecil.

Nong Poy dan suaminya juga sempat mengadakan pesta lajang yang dihadiri teman dan kolega. Di pesta lajang itu, para undangan mengirimkan harapan terbaik mereka kepada Nong Poy dan suaminya untuk memiliki kehidupan yang bahagia dan memuaskan.

Di hadapan teman-temannya, Nong Poy berkata bahwa dia beruntung menemukan pria penuh kasih dan pengertian seperti pengusaha Oak Phakwa Hongyok. Sementara itu, sang kekasih berjanji akan mencintai dan merawatnya hingga akhir hayatnya.

Nong Poy dan pengusaha Oak Phakwa Hongyok mengumumkan hubungan mereka pada tahun 2022. Mereka memutuskan untuk berbagi rumah pada Februari 2023 atas restu dan dukungan dari kerabat, teman, dan penggemar.

Keluarga suami dari transgender cantik itu sendiri dikenal sukses dan kaya di bisnis restoran, hotel, kafe, dan homestay di Phuket (Thailand).

Seminggu sebelum pernikahan lalu, Nong Poy dan suaminya berbagi di halaman pribadi mereka. Oak Phakwa Hongyok memposting foto Nong Poy yang dihadiahi tiara emas oleh neneknya sebagai hadiah pernikahan. Pernikahan Nong Poy dan pengusaha Oak Phakwa Hongyok dianggap sebagai acara paling heboh di industri hiburan Thailand pada awal tahun 2023.

Nong Poy, lahir pada tahun 1986, dinobatkan sebagai Miss International Transgender pada tahun 2004. Wanita transgender paling terkenal di Thailand itu bekerja di berbagai bidang seperti perfilman, menyanyi, dan fashion. Memasuki usia U40, Nong Poy masih dianggap sebagai tembok kecantikan yang tak tergantikan dan menjadi inspirasi kuat bagi komunitas LGBTQ+.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Potret Nong Poy dengan Gaun Pernikahan Tradisional Phuket Seharga Rp 8,8 Miliar

Treechada Petcharat, atau lebih dikenal Nong Poy, resmi menikah dengan Oak Phakwa Hongyok pada 1 Maret 2023 kemarin.

Rangkaian acara pernikahannya digelar secara adat tradisional Phuket. Nong Poy terlihat seperti putri memakai gaun pengantin tradisional Phuket bersulam benang emas, perhiasan emas antik, dan permata.

Kostum pernikahan Peranakan yang dipakai Nong Poy itu menelan biaya sekitar 20 juta baht atau sekitar Rp 8,8 miliar, dilansir dari Straits Times, Rabu (8/3/2023).

Ia juga mengenakan hua kuan atau mahkota bunga, buatan tangan dari emas murni oleh pengrajin dari Provinsi Ranong. Mahkota itu membutuhkan waktu tiga bulan untuk diselesaikan.

Pernikahan transgender tercantik dari Thailand itu curi perhatian sejak ia mengumumkan pertunangannya dengan anak konglomerat sekaligus pewaris properti yang terdiri dari hotel, museum, restoran, dan kafe di kawasan Phuket, Thailand.

Kehebohan akan pernikahannya itu dimulai pada 2 Februari 2023 ketika Nong Poy mengunggah sebuah foto dirinya dengan Oak sembari menunjukkan cincin berlian emas di jari manisnya.

Tak lama pada 17 Februari, mereka menggelar bachelorette party atau pesta lajang.

Nong Poy dan Oak ini ternyata merupakan teman lama dan sudah saling kenal selama lebih dari 20 tahun, bahkan sebelum operasi pergantian kelamin sang transgender cantik. Namun, keduanya baru mulai berkencan setahun yang lalu.

3 dari 5 halaman

Detail Pernikahan Nong Poy Si Transgender Tercantik di Thailand

Nong Poy. Transgender paling cantik di Thailand itu baru saja dinikahi kekasihnya, Oak Phakwa Hongyok (41), pada Rabu, 1 Maret 2023.

Pernikahan digelar meriah. Cerita pernikahannya berhasil membetot perhatian publik. Aktris, model, ilmuwan, ratu ajang kecantikan itu mengadakan pernikahan tradisional Tionghoa di Phuket. Di kampung halaman keduanya, keluarga Hongyok mengelola beragam bisnis, termasuk hotel dan resort mewah yang nantinya diwarisi Hongyok. 

Selain fakta tersebut, berikut adalah sejumlah detail dari pernikahan Nong Poy dan Hongyok, dikutip dari The Strait Times pada Minggu, 5 Maret 2023.

1. Kostum Pengantin

Kedua mempelai mengenakan kostum pernikahan Peranakan yang menelan biaya sekitar 20 juta baht (Rp8,8 miliar) dalam upacara yang dibatasi hanya untuk keluarga dan teman dekat. Perempuan yang bernama asli Poyd Treechada Petcharat itu mengenakan yang pakaian pernikahan tradisional Pukhet yang disebut Baba Yaya. Pakaian itu sepenuhnya dibuat dengan tangan.

Gaun pengantin tradisional yang dikenakan Nong Poy bersulam benang emas, perhiasan emas antik, dan permata. Dia juga mengenakan "hua kuan", atau mahkota bunga, buatan tangan dari emas murni oleh pengrajin dari provinsi Ranong. Mahkota itu membutuhkan waktu tiga bulan untuk diselesaikan.

Melengkapi gaun mewah tersebut, Nong Poy mengenakan sepatu pengantin yang dibuat oleh K Premsilp dari Bangkok, sebuah toko legendaris yang terkenal dengan keahlian dan pelanggannya yang luar biasa – termasuk King Rama lX, menurut The Nation Thailand. Sepatu berbahan kulit domba Australia terbaik dengan aksen emas alami ini dirancang dan dibordir oleh perajin ahli, Sorapol Thirawong.

4 dari 5 halaman

2. Tampilan Nong Poy saat resepsi

Jika pada upacara pernikahan Nong Poy mengenakan pakaian tradisional, untuk resepsi pernikahannya, ia mengenakan gaun yang lebih modern. Ia tampil memesona mengenakan gaun putih berenda. Ia terlihat lebih sederhana sekaligus elegan dengan gaun serba putih dan rambut dicepol.

Sementara itu, Hongyok tampak gagah dengan setelan jas hitam ditambah dasi kupu-kupu. Busananya dihiasi dua bros berwarna emas, yang disematkan pada dada kirinya. Kostum pernikahan kedua mempelai membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk diselesaikan.

Nong Poy tidak ingin menunjukkan make up glamor untuk hari besarnya, ia justru memulas wajahnya dengan riasan sederhana. Wajah transgender ini dipoles makeup super minimalis kreasi MUA Chart Makeup.

3. Lokasi Pernikahan

Upacara pernikahan Nong dan Hongyok mengikuti gaya tradisional Peranakan, yang berasal dari gelombang imigran Tionghoa ke wilayah tersebut enam abad lalu. Pernikahan intim itu digelar di Baan Ar-Jor di Phuket, sebuah perkebunan dengan gedung bergaya kolonial Tionghoa berusia 84 tahun. Gedung ini merupakan museum, restoran, sekaligus rumah besar keluarga Hongyok.

Setelah pernikahan tradisional yang hanya dihadiri oleh beberapa kerabat dan teman, mereka mengadakan pesta pernikahan kedua yang berlangsung pada Kamis, 2 Maret 2023. Lokasinya tetap sama, yakni properti milik keluarga Hongyok.

5 dari 5 halaman

Sosok Suami Transgender Cantik Nong Poy, Pewaris Bisnis Wisata dan Hotel Group Ar Jor

Dilansir dari 8days.sg, Jumat (10/02/2023), Nong Poy dan Oak disebutkan sudah saling kenal selama lebih dari 20 tahun, dan bersekolah di sekolah yang sama.

Oak yang merupakan kakak dari teman Nong Poy, berasal dari keluarga kaya, yang berurusan dengan industri perhotelan. Dia dilaporkan menjalankan Baan Ar Jor, yaitu sebuah hotel dan museum warisan di Phuket yang memiliki restoran Michelin Bib Gourmand sendiri.

Usut punya usut, Oak Phakwa Hongyok merupakan seorang pria crazy rich di Thailand. Oak adalah pewaris grup Ar Jor, bisnis yang menyasar museum, restoran dan kafe yang terkenal di Phuket. Orang tua dari Oak tak mempermasalahkan gender menantunya yang semua orang sudah tahu bahwa Nong Poy adalah transgender.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.