Sukses

12 Film Berpenghasilan Tertinggi Michelle Yeoh, Wanita Asia Pertama Peraih Piala Oscar Aktris Terbaik

Berikut ini beberapa film berpenghasilan tertinggi yang pernah dibintangi Michelle Yeoh

Liputan6.com, Jakarta Berkat 'Everything Everywhere All at Once', Michelle Yeoh menjadi semakin dicintai. Tetapi sementara bagi beberapa orang film tahun 2022 ini adalah film yang mengenalkan penonton dengan aktris berbakat itu, Yeoh memiliki karier yang dimulai sejak tahun 80-an.

Perannya dalam film laga Hong Kong adalah awal mula ketenarannya, termasuk 'Yes, Madam' tahun 1985 dan 'Holly Weapon' tahun 1993. Michelle Yeoh kemudian mencapai kesuksesan internasional dengan film James Bond, 'Tomorrow Never Dies', dan, tentu saja, 'Crouching Tiger, Hidden Dragon' karya Ang Lee.

Dinamai oleh TIME sebagai salah satu dari 100 orang paling berpengaruh di dunia, Yeoh juga dinobatkan sebagai Ikon Tahun Ini TIME 2022. Dan pada tahun 2023, ia mengukir sejarah sebagai Pemenang Aktris Terbaik Asia pertama di SAG Awards dan Oscar.

Tak lengkap merayakan kesuksesan Michelle Yeoh tanpa melihat kembali filmografinya. Berikut adalah 12 film berpenghasilan tertinggi dalam karier Michelle Yeoh. Dihimpun dari Movieweb, ini dia.

12. Everything Everywhere All at Once (2022) — US $107,4 juta

Disutradarai oleh The Daniels, 'Everything Everywhere All at Once' adalah perjalanan yang memesona ke multiverse. Namun alih-alih terjebak dalam layanan penggemar buku komik, film tersebut mengeksplorasi tema trauma generasi, menjadi orang tua, eksistensialisme dan nihilisme, serta identitas Asia-Amerika.

Yeoh berperan sempurna sebagai Evelyn Wang, berakting dengan Ke Huy Quan, Stephanie Hsu, dan Jamie Lee Curtis. Film ini sangat menonjol pada tahun 2022, secara luas dianggap sebagai salah satu film terbaik tahun itu. Film tersebut juga merupakan masuk box office dan menjadi film terlaris A24 hingga saat ini, melampaui Hereditary yang rilis pada 2018.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

11. Last Christmas (2019) — US$123,4 juta

Last Christmas adalah salah satu film Natal paling menawan di tahun 2019. Film ini dibintangi oleh Emilia Clarke sebagai Kate Andrich yang canggung namun menyenangkan, yang bekerja di sebuah toko Natal di London. Dalam semangat Natal sepanjang tahun, bos Kate (Yeoh) menggunakan nama "Santa", dan sedikit banyak, adalah sahabat Kate.

Saat bekerja di toko, Kate akhirnya berpapasan dengan Tom Webster (Henry Golding), sebuah pertemuan yang pada akhirnya akan mengubah hidupnya. Last Christmas dinamai menurut lagu Natal klasik 1984 oleh Wham!, dengan lagu tersebut sebenarnya memiliki peran penting dalam film tersebut. Meraup US$123,4 juta, Last Christmas sukses di box office.

10. Mechanic: Resurrection (2016) — US$125,8 juta

Yeoh berperan sebagai Mei dalam Mechanic: Resurrection , teman pembunuh bayaran Arthur Bishop (Jason Statham). Meskipun Bishop pensiun setelah peristiwa The Mechanic 2011, dia harus mengubah rencananya ketika rekannya (Jessica Alba) diculik.

Misi Bishop membuatnya menghadapi banyak musuh, termasuk pedagang senjata Max Adams (Tommy Lee Jones). Ulasan untuk Mechanic: Resurrection tidak terlalu baik, tetapi film tersebut tetap sukses secara finansial. Dengan US$125,8 juta, mengungguli kinerja box office film sebelumnya sebesar US$76,3 juta.

 

3 dari 7 halaman

9. Memoirs of a Geisha (2005) — US$162,2 juta

Memoirs of a Geisha mengadaptasi novel fiksi sejarah 1997 dengan nama yang sama dari Arthur Golden. Film ini bercerita tentang Chiyo, seorang gadis yang dijual ke rumah geisha di mana dia dipaksa hidup sebagai budak.

Setelah bertahun-tahun pelatihan, Chiyo menjadi geisha, menghibur tamu dengan musik dan tarian dan mengadopsi nama Sayuri. Meski Sayuri meraih kesuksesan dalam kariernya, Perang Dunia II membawa tantangan baru dan tak terduga ke dalam hidupnya. Yeoh muncul di Memoirs of a Geisha sebagai Mameha, geisha sukses yang melatih Sayuri. Film ini meraup US$162,2 juta di box office.

8. Crouching Tiger, Hidden Dragon (2000) — US$213,7 juta

Crouching Tiger, Hidden Dragon karya Ang Lee adalah film klasik wuxia, menampilkan sinematografi yang sangat baik, urutan seni bela diri yang dikoreografikan dengan baik, arahan ahli, dan naskah yang kuat. Para pemeran menampilkan Chow Yun-fat, Michelle Yeoh, Chang Chen, dan Zhang Ziyi, yang semuanya memberikan penampilan yang luar biasa.

Crouching Tiger, Hidden Dragon berlatarkan abad ke-19 selama era Dinasti Qing, dengan cerita dimulai ketika Green Destiny, pedang pendekar pedang terkenal, dicuri. Film ini tidak hanya mendapat pujian kritis, tetapi juga sukses komersial besar, meraup lebih dari US$210 juta.

 

4 dari 7 halaman

7. Crazy Rich Asians (2018) — US$238,5 juta

Hollywood sering kali menunjukkan keengganan untuk memproduksi film-film berlatar Asia, tetapi keberhasilan Crazy Rich Asians membuktikan bahwa ada keinginan untuk cerita-cerita Asia-sentris. Crazy Rich Asians mengikuti kisah Rachel Chu (Constance Wu) saat dia melakukan perjalanan untuk menemui keluarga pacarnya, Nick Young (Henry Golding).

Rachel segera mengetahui bahwa keluarga Nick termasuk yang terkaya di Singapura, sekaligus mengetahui bahwa ibunya Eleanor (Yeoh) tidak terlalu menyukainya. Diproduksi dengan anggaran sebesar US$30 juta, Crazy Rich Asians meraup lebih dari US$238 juta, menempatkan film ini sebagai rom-com terlaris tahun 2010-an.

6. Tomorrow Never Dies (1997) — US$333 juta

Tomorrow Never Dies dirilis pada tahun 1997 dan menjadi penampilan kedua Pierce Brosnan sebagai James Bond. Yeoh adalah gadis Bond dalam film tersebut, memerankan Wai Lin, seorang agen dari Kementerian Keamanan Negara Tiongkok.

Wai Lin dan Bond bekerja sama untuk menghentikan mogul media Elliot Carver dari memulai perang dunia ketiga. Tomorrow Never Dies dibuka pada hari yang sama dengan Titanic, mencegahnya dibuka di No.1 di box office. Namun demikian, masih berhasil meraup US$333 juta di box office, menjadi film berpenghasilan kotor tertinggi keempat pada tahun 1997.

 

5 dari 7 halaman

5. The Mummy: Tomb of the Dragon Emperor (2008) — US$403,4 juta

Menjauh dari Mesir dan berlatar di Tiongkok, The Mummy: Tomb of the Dragon Emperor adalah seri ketiga dan terakhir dalam trilogi The Mummy. Itu juga penampilan film terakhir Brendan Fraser sebagai Rick O'Connell.

Film tersebut menampilkan kembalinya Kaisar Naga (Jet Li), yang terbangun dari tidur lelap bersama pasukannya yang kuat. Kaisar Naga mencari kekuatan Zi Yuan (Yeoh), seorang penyihir yang memiliki rahasia keabadian.

Sayangnya untuk Kaisar Naga, Zi Yuan bisa melihat kegelapan di dalam hatinya. The Mummy: Dragon of the Tomb Emperor adalah film terlaris terendah dalam trilogi The Mummy, tetapi masih meraup US$403,4 juta di box office.

4. Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings (2021) — US$432,2 juta

Kesuksesan Crazy Rich Asians diyakini berkontribusi pada cepat populernya Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings, film lain yang dibintangi Yeoh. Film pertama Marvel Studios dengan pemeran utama Asia ini juga menampilkan alumni Crazy Rich Asians Awkwafina dan Ronny Chieng.

Di samping Spider-Man: No Way Home, Shang-Chi adalah salah satu proyek Marvel yang diterima dengan lebih baik setelah berakhirnya The Infinity Saga. Meraup lebih dari US$430 juta, Shang-Chi memecahkan rekor box office dan membantu memulai kembali box office saat bioskop mulai dibuka kembali setelah pandemi.

 

6 dari 7 halaman

3. Kung Fu Panda 2 (2011) — US$665,7 juta

Yeoh bergabung dengan dunia Kung Fu Panda dengan Kung Fu Panda 2, menyuarakan karakter baru yang dikenal sebagai "Soothsayer." Karakter Yeoh adalah kambing tua bijak yang bertugas sebagai penasehat burung merak.

Peramal ini dapat memprediksi masa depan, meramalkan ramalan di mana Lord Shen menghancurkan desa panda. Kung Fu Panda 2 meraup lebih banyak dari Kung Fu Panda asli, menghasilkan US$665,7 juta di box office. Itu menjadikan Kung Fu Panda 2 sebagai film terlaris keenam tahun 2011, di atas Fast Five dan Cars 2.

2. Guardians of the Galaxy Vol. 2 (2017) — US$863,8 juta

Menyusul kesuksesan film Guardians of the Galaxy pertama, James Gunn kembali menyutradarai sekuel berjudul Guardians of the Galaxy Vol. 2. Film ini memungkinkan penonton untuk menghabiskan lebih banyak waktu dengan anggota tim yang awalnya tidak memiliki kecocokan, terus memperkuat tema utama serial ini tentang keluarga.

Yeoh memiliki peran kecil dalam film tersebut sebagai Aleta Ogord, pemimpin Klan Aleta Ravager dan istri dari Stakar Ogord (Sylvester Stallone). Ini menandai debut Yeoh di MCU sebelum dia kembali memainkan karakter yang berbeda empat tahun kemudian dalam Shang-Chi. Film ini adalah film Marvel Studios dengan pendapatan kotor tertinggi tahun 2017, lebih dari Spider-Man: Homecoming dan Thor: Ragnarok.

 

7 dari 7 halaman

1. Minion: The Rise of Gru (2022) — US$939,6 juta

Sudah lebih dari satu dekade sejak Minion memulai debutnya di Despicable Me, tetapi penonton sepertinya tidak pernah puas dengan makhluk kuning yang lucu itu. Film kelima dalam waralaba, Minions: The Rise of Gru, berfungsi sebagai sekuel dari prekuel 2015, dengan judul sederhana Minion.

The Rise of Gru mengungkap lebih banyak jalan Gru untuk menjadi penjahat super, menampilkan upayanya untuk bergabung dengan Vicious 6. Yeoh mengisi suara Master Chow, ahli akupunktur, master Kung Fu, dan sekutu dekat Minion.

Berkat Master Chow, Minion Kevin, Stuart, dan Bob dapat memanfaatkan "inner beast" mereka. Minions: The Rise of Gru adalah film berpenghasilan kotor tertinggi kelima tahun 2022, meraup lebih banyak dari setiap film pahlawan super tahun itu kecuali Doctor Strange in the Multiverse of Madness.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.