Sukses

Berlin Izinkan Wanita Telanjang Dada di Kolam Renang Umum, Ini Alasan Orang Jerman Suka Telanjang di Tempat Umum

Ada alasan mengapa orang Jerman suka telanjang di tempat umum

Liputan6.com, Jakarta Otoritas kota Berlin telah mengizinkan kaum wanita untuk berenang bertelanjang dada di kolam renang umum. Keputusan ini keluar setelah seorang wanita menang di pengadilan selesai dirinya mengambil langkah hukum usai diusir lantaran berjemur bertelanjang dada di kolam renang umum.

Sementara ketelanjangan dalam budaya arus utama dunia umumnya dianggap seksual, di Jerman, telanjang bukanlah hal yang aneh dalam situasi sehari-hari tertentu. Menurut laporan BBC, Anda bisa begitu saja menemukan sekelompok tubuh telanjang berjemur di bawah sinar matahari sore yang cerah di taman atau pantai di Jerman. Ini terkait dengan Freikörperkultur, atau "budaya tubuh bebas" yang dianut oleh warga Jerman.

FKK, sebagaimana biasanya disingkat, terkait erat dengan kehidupan di Republik Demokratik Jerman (Jerman Timur atau “GDR”), tetapi nudisme di Jerman sebagai praktik publik baru dimulai pada akhir abad ke-19. Menariknya, FKK mencakup gerakan Jerman yang lebih luas dengan semangat yang berbeda, di mana menelanjangi esensi Anda di alam secara historis merupakan tindakan perlawanan dan kelegaan.

Nudisme memiliki tradisi panjang di Jerman,” kata Arnd Bauerkämper, profesor sejarah modern di Universitas Freie di Berlin seperti dikutip dari BBC.

Pada pergantian abad ke-20, Lebensreform ("reformasi kehidupan") mengudara, sebuah filosofi yang mengadvokasi makanan organik, pembebasan seksual, pengobatan alternatif, dan hidup lebih sederhana yang lebih dekat dengan alam. “Nudisme adalah bagian dari gerakan yang lebih luas ini, yang diarahkan melawan modernitas industri, melawan masyarakat baru yang muncul di akhir abad ke-19,” kata Bauerkämper.

Menurut Hanno Hochmuth, seorang sejarawan di Pusat Leibniz untuk Sejarah Kontemporer Potsdam, gerakan reformasi ini terjadi secara khusus di kota-kota besar, termasuk Berlin, terlepas dari romantisme kehidupan desa. Selama Era Weimar (1918-1933), pantai-pantai FKK yang dihuni oleh “minoritas yang sangat, sangat kecil” dari anggota borjuis yang berjemur bermunculan.

Menurut Bauerkämper, ada "rasa kebebasan baru setelah masyarakat otoriter dan mencekik nilai-nilai konservatif Kekaisaran Jerman (1871 hingga 1918) dengan bertelanjang dada di depan umum."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Telanjang di tempat umum bagi orang Jerman semacam pelarian

Pada tahun 1926, Alfred Koch mendirikan Berlin School of Nudism untuk mendorong latihan nudis campuran, melanjutkan keyakinan bahwa ketelanjangan di luar ruangan mempromosikan keharmonisan dengan alam dan manfaat kesehatan. Dan sementara ideologi Nazi pada awalnya melarang FKK, melihatnya sebagai sumber amoralitas, pada tahun 1942 Reich Ketiga telah melunakkan pembatasan ketelanjangan publik – meskipun, tentu saja, toleransi itu tidak diperluas ke kelompok yang dianiaya Nazi, seperti Yahudi dan komunis.

Tetapi baru beberapa dekade setelah pembagian Jerman pascaperang menjadi Timur dan Barat, FKK benar-benar berkembang, terutama di Timur – meskipun merangkul telanjang tidak lagi terbatas pada kelas borjuis. Bagi orang Jerman yang tinggal di Jerman Timur yang komunis, di mana perjalanan, kebebasan pribadi, dan penjualan barang konsumsi dibatasi, FKK berfungsi sebagian sebagai “katup pengaman”, menurut Bauerkämper; cara untuk melepaskan ketegangan dalam keadaan yang sangat membatasi dengan memberikan sedikit "gerakan bebas".

Hochmuth, yang mengunjungi pantai telanjang bersama orang tuanya saat masih kecil di Berlin Timur setuju. "Ada rasa pelarian," katanya. “[Jerman Timur] selalu dihadapkan pada semua tuntutan Partai Komunis ini dan apa yang harus mereka lakukan, seperti pergi ke rapat umum partai atau diminta melakukan tugas komunal pada akhir pekan tanpa bayaran.”

 

3 dari 4 halaman

Budaya telanjang di tempat umum FKK sedikit menurun sejak Jerman Barat dan Jerman Timur bersatu

Setelah Erich Honecker mengambil alih kekuasaan pada tahun 1971, FKK secara resmi diizinkan lagi. Menurut Bauerkämper, di bawah Honecker, Jerman Timur memulai proses membuka kebijakan luar negeri dan dalam negeri, sebuah taktik yang dimaksudkan untuk membuat dirinya terlihat lebih menguntungkan dunia luar.

“Bagi GDR, sangat berguna untuk berargumen bahwa, 'Oke, kami mengizinkan dan bahkan mendorong nudisme, kami semacam masyarakat bebas',” kata Bauerkämper.

Sejak Jerman Timur bergabung dengan Barat yang lebih besar pada tahun 1990 dan pembatasan dicabut di bekas negara komunis itu, budaya FKK telah menurun. Pada tahun 1970-an dan 80-an, ratusan ribu nudis memadati perkemahan, pantai, dan taman. Pada tahun 2019, Asosiasi Budaya Tubuh Bebas Jerman hanya menghitung lebih dari 30.000 anggota terdaftar – banyak di antaranya berusia 50-an dan 60-an.

Namun hari ini, FKK terus meninggalkan kesan pada budaya Jerman, khususnya di bekas Timur. Ia bahkan berhasil membuat tajuk viral sesekali, seperti ketika seorang pria telanjang di area yang ditunjuk FKK di danau Berlin musim panas ini terpaksa mengejar babi hutan yang kabur dengan tas berisi laptopnya.

 

4 dari 4 halaman

Budaya telanjang di tempat umum (FKK) menjadi bentuk toleransi

Faktanya, tradisi nudisme FKK dan Jerman yang lebih lama telah meninggalkan toleransi yang meluas di seluruh negeri untuk ruang bebas pakaian dan ketelanjangan publik sebagai bentuk kesehatan. FKK masih dapat ditemukan tanpa terlihat terlalu keras, dan sering dikaitkan dengan pencarian kesehatan.

Situs daftar Nacktbaden.de menawarkan daftar pantai dan taman yang terorganisir dengan baik di seluruh Jerman tempat Anda dapat berjemur telanjang; melepas pakaian di sauna dan spa; atau mendaki dengan bertelanjang di tempat-tempat seperti Pegunungan Harz, Pegunungan Alpen Bavaria, atau hutan Saxony-Anhalt. Atau, jika Anda ingin sedikit lebih formal, klub olahraga FSV Adolf Koch menawarkan yoga telanjang, bola voli, bulu tangkis, dan tenis meja di Berlin.

Dalam banyak hal, warisan FKK memberi para pelancong wawasan tentang nilai-nilai yang masih menyatukan banyak orang Jerman Timur. Bagi Sylva Sternkopf, yang dibesarkan di pantai FKK di Jerman Timur, budaya tubuh bebas di negara tersebut telah mencerminkan dan menanamkan nilai-nilai tertentu yang ia turunkan kepada anak-anaknya, terutama keterbukaan pikiran negara terhadap tubuh mereka sendiri.

“Saya pikir ini masih berakar sangat dalam pada generasi saya di Jerman Timur,” katanya. “Saya juga mencoba memberikan ini kepada anak-anak saya, untuk membesarkan mereka dengan cara terbuka terhadap tubuh Anda sendiri dan tidak malu menjadi diri sendiri dan telanjang, menunjukkan diri Anda telanjang.”

Bagi Sternkopf, melihat tubuh telanjang dengan cara non-seksual juga membantu orang belajar melihat orang lain di luar penampilan luarnya. Dengan memamerkan semuanya, akan lebih mudah untuk melihat tidak hanya tubuh, tetapi juga individu.

“Jika Anda terbiasa melihat orang telanjang, Anda tidak terlalu memikirkan penampilan,” katanya. “Saya pikir ini adalah sesuatu yang lebih tersebar luas di Jerman Timur pada umumnya: kami mencoba menilai orang bukan dari penampilan luarnya, tetapi kami selalu berusaha melihat ke bawah," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.