Sukses

Pendaftaran IISMA 2023 Diperpanjang, Raih Kesempatan Kuliah Gratis di Luar Negeri

Masa pendaftaran IISMA diperpanjang hingga 8 Maret 2023, Yuk daftar dan raih kesempatan untuk menjadi salah satu awardee 2023!

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) memperpanjang masa pendaftaran program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) tahun 2023, yang awalnya akan ditutup pada 1 Maret 2023.

Many wondered about the registration period so here it is #FutureAwardees! Registration period for IISMA 2023 is still opened until 8 March 2023! So, sharpen your essay and complete your document now as this is your change for you to register now!” dikutip dari unggahan akun Instagram @iisma_ri.

Program IISMA dapat diikuti mahasiswa program sarjana maupun vokasi dalam dua skema yang berbeda. IISMA  sarjana dibuka bagi mahasiswa aktif jenjang S1 perguruan tinggi dalam negeri di bawah Kemendikbudristek yang sedang menempuh pendidikan di semester 4 atau 6 saat mendaftar.

Sementara itu, IISMA vokasi dibuka bagi mahasiswa program Diploma 3 yang sedang menempuh pendidikan di semester 4 dan mahasiswa program Diploma 4 yang sedang menempuh pendidikan di semester 4 atau semester 6 di Perguruan Tinggi Penyelenggara Pendidikan Vokasi (PTPPV) di bawah naungan Kemendikbudristek.

Khusus untuk IISMA vokasi, mahasiswa akan mendapat paparan internasional di lingkungan akademik dan industri. Selain berkesempatan untuk belajar di perguruan tinggi luar negeri, variasi program berbasis vokasi memungkinkan mahasiswa berkegiatan di industri yang berkolaborasi dengan perguruan tinggi mitra di luar negeri.

Ketua Program IISMA, Rachmat Sriwijaya mengatakan, melalui dua skema ini program IISMA dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa Indonesia pada keragaman akademik dan budaya internasional. Selain itu, mahasiswa juga dapat mengembangkan jejaring internasional serta mengembangkan kemampuan untuk masa depan.

“Manfaatkan kesempatan terbaik untuk mempersiapkan diri menjadi global leader,” tutur Rachmat, seperti dikutip dari laman Kemendikbud, Kamis (2/3/2023).

Hal senada disampaikan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi), Kemendikbudristek, Kiki Yuliati pada acara sosialisasi yang berlangsung pada 31 Januari lalu.

"IISMA adalah program yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menjadi global citizen dan mengenal dunia internasional serta memperkuat jejaring, keterampilan teknis (hard skills), dan keterampilan nonteknis (soft skills)," kata Kiki.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by IISMA (@iisma_ri)

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cakupan Beasiswa dan Dokumen Persyaratan IISMA 2023

Cakupam Beasiswa IISMA 2023

  1. Beasiswa penuh.
  2. Pembiayaan tiket pesawat ekonomi.
  3. Biaya hidup bulanan.
  4. Mendapatkan asuransi kesehatan.
  5. Mendapatkan dana untuk tes PCR dan kesehatan ketika berangkat dan pulang ke Indonesia.
  6. Biaya penerbitan visa.
  7. Dana bantuan kondisi darurat mahasiswa secara kolektif.

Dokumen Pendaftaran Beasiswa IISMA 2023

  1. Surat rekomendasi ditandatangani oleh Kepala Kantor Urusan Internasional atas nama Wakil Rektor Bidang Akademik (diunduh di laman IISMA).
  2. Sertifikat kemampuan bahasa Inggris (IELTS/TOEFL-iBT/Duolingo).
  3. Transkrip akademik (dalam bahasa Inggris).
  4. Deklarasi Non-Pendaftaran dalam Program Pertukaran/Mobilitas Pelajar Internasional Fisik/Non-Online (diunduh di laman IISMA)
  5. Pernyataan Bebas dari Narkotika, Psikotropika, atau zat adiktif lainnya (diunduh di laman IISMA).
  6. Deklarasi atau pernyataan tidak terlibat dalam Kekerasan Seksual (diunduh di laman IISMA).
3 dari 4 halaman

Syarat Pendaftaran IISMA 2023

Syarat beasiswa IISMA 2023

  1. Merupakan mahasiswa S1 dari perguruan tinggi yang terdata di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi – PDDIKTI atau mahasiswa yang belum lulus.
  2. Warga Negara Indonesia (WNI) dan tidak berkewarganegaraan ganda.
  3. Mahasiswa semester 4 dan 6 saat pendaftaran IISMA 2023 dibuka.
  4. Maksimal berusia 23 tahun per 1 Juli 2023.
  5. Tidak pernah mengambil cuti selama kuliah.
  6. Tidak pernah berpartisipasi dalam kegiatan mobilitas internasional secara fisik termasuk Summer/Winter Program, Internship, Exchange, Credit Mobility, Sit-in, Dual/double degree, Studi Ekskursi, Global Project-Based Learning selama berkuliah.
  7. IPK minimum 3.0 dari skala 4.0 pada transkip nilai terakhir.
  8. Memiliki nilai sertifikasi bahasa Inggris yang cukup yaitu minimal IELTS – 6.0, TOEFL iBT – 78, Duolingo English Test – 100 atau sanggup mendapatkan sertifikat bahasa Inggris sesuai kriteria sampai dengan 28 Februari 2023 (dibuktikan dengan surat pernyataan kesanggupan).
  9. Tidak menerima biaya hidup/tunjangan hidup dari Kemendikbudristek dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) selama mengikuti program IISMA.
  10. Tidak mengikuti program Kampus Merdeka lainnya selama mengikuti program IISMA.
  11. Belum pernah mengikuti lebih dari 1 program Kampus Merdeka sebelum mendaftar program IISMA.
  12. Tidak pernah terlibat kasus hukum atau kriminalitas.
  13. Bersedia mengikuti tata tertib dan peraturan selama mengikuti IISMA.
4 dari 4 halaman

Prosedur Pendaftaran IISMA 2023

  1. Masuk ke laman https://iisma.kemdikbud.go.id/ dan klik Apply For IISMA S1 jika mahasiswa S1, atau Apply IISMA Mahasiswa Vokasi jika mahasiswa Vokasi. 
  2. Daftarkan diri dengan mengisi formulir yang ada dengan alamat email aktif, nama pengguna, dan kata sandi. Kemudian klik Daftar. 
  3. Jika sudah pernah mendaftar sebelumnya, dapat langsung login menggunakan akun yang sudah ada. Masukkan email dan nama pengguna dan klik Login
  4. Klik Register Now untuk melanjutkan proses registrasi. 
  5. Pilih tingkatan program studi yang sesuai. 
  6. Isi dan lengkapi formulir dengan data diri. 
  7. Formulir pendaftaran dapat diisi mulai 8 Februari 2023 dan dapat memilih universitas tujuan setelah 13 Februari 2023. 
  8. Mengunggah dokumen sebagai persyaratan. 
  9. Menjawab pertanyaan dengan jujur pada kolom esai. 
  10. Klik tombol Simpan Draf apabila ingin menyimpan aplikasi dan calon peserta masih dapat mengedit kiriman. 
  11. Penyerahan berkas harus dilakukan selama masa pendaftaran (8Februari - 8 Maret 2023 pukul 23.59). Jika melewati batas waktu, aplikasi akan dihapus. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.