Sukses

5 Tanda Umum Gejala Kanker pada Anak Muda, dari Tahi Lalat hingga Penurunan Berat Badan

Berikut ini beberapa gejala umum kanker pada anak muda

Liputan6.com, Jakarta Penelitian mengejutkan telah mengungkapkan bahwa kurang dari setengah orang berusia 18 sampai 24 tahun dapat dengan benar mengidentifikasi salah satu dari lima tanda peringatan utama kanker pada anak muda.

Seperti dilansir dari Mirror, penelitian baru dari Teenage Cancer Trust menemukan bahwa kesadaran akan gejala kanker sangat rendah di kalangan anak muda.

Tanda kanker yang paling dikenal pada usia 18 hingga 24 tahun adalah benjolan, tonjolan, dan pembengkakan, tetapi 56 persen masih tidak dapat mengidentifikasi ini sebagai tanda bahaya potensial.

Studi tersebut menemukan bahwa orang-orang dalam kelompok usia ini tidak dapat menemukan gejala utama kanker lainnya, termasuk:

58% tidak dapat mengidentifikasi perubahan tahi lalat sebagai penyebab kekhawatiran

62% tidak menyadari perubahan berat badan yang signifikan bisa menandakan peringatan

61% kelelahan yang tidak dapat dijelaskan bisa menjadi gejala

61% tidak mengerti bahwa rasa sakit yang terus-menerus bisa menjadi pertanda

Kesadaran akan kelima tanda peringatan dini kanker amat rendah di semua kelompok umur yang disurvei, dengan 55 persen orang dewasa di Inggris tidak dapat mengenali kelimanya. Angka ini bahkan naik menjadi 82 persen di antara 18 hingga usia 24 tahun.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Lima tanda peringatan umum kanker pada anak muda

1. Benjolan yang tidak biasa, benjolan atau pembengkakan di mana saja

Pastikan Anda memperhatikan benjolan atau pembengkakan yang tidak biasa pada tubuh. Cara terbaik untuk memeriksa benjolan di payudara atau testis adalah dengan merasakannya saat mandi.

Testis harus terasa halus, tanpa benjolan atau benjolan, dan kencang tapi tidak keras.

Program Skrining Payudara NHS telah menghasilkan lima poin untuk peduli pada kesehatan payudara:

  • tahu apa yang normal bagi Anda
  • lihat payudara Anda dan rasakan
  • tahu perubahan apa yang harus dicari
  • laporkan setiap perubahan ke dokter umum tanpa penundaan
  • hadiri pemeriksaan rutin jika Anda berusia 50 hingga 70 tahun

Lihatlah payudara Anda dan rasakan setiap payudara dan ketiak, dan sampai ke tulang selangka Anda.

 

3 dari 5 halaman

2. Tahi Lalat

Tahi lalat, yang sebagian besar tidak berbahaya, bisa jadi menyimpan sel kanker.

American Academy of Dermatology merekomendasikan metode ABCDE untuk memeriksa tahi lalat:

A: asimetri

B: border changes/perubahan batas

C. colour changes/perubahan warna

D: diameter changes/perubahan diameter (seperti peningkatan ukuran)

E: elevasi atau evolusi (pertumbuhan yang berubah dari waktu ke waktu).

Jika Anda melihat ada perubahan ukuran, bentuk, warna, atau peninggian bercak pada kulit Anda, atau gejala baru apa pun di dalamnya, seperti pendarahan, gatal, atau pengerasan kulit, Anda harus segera menemui dokter.

3. Kelelahan

Kanker menggunakan nutrisi tubuh Anda untuk tumbuh dan berkembang, sehingga nutrisi tersebut tidak lagi mengisi kembali tubuh Anda. “Pencurian nutrisi” ini bisa membuat Anda merasa sangat lelah.

 

 

4 dari 5 halaman

4. Perubahan berat badan

Jika Anda telah berdiet atau meningkatkan tingkat olahraga Anda, maka Anda secara alami akan menurunkan berat badan. Tetapi jika Anda tidak mengubah gaya hidup Anda dan berat badan terus turun, ini bisa menjadi tanda peringatan akan sesuatu yang lebih serius. Beberapa tumor dapat menyebabkan peningkatan berat badan, mungkin karena ukurannya, dan retensi cairan atau konstipasi.

5. Sakit terus-menerus

Rasa sakit adalah salah satu cara tubuh kita memberi tahu kita bahwa ada sesuatu yang salah. Seiring bertambahnya usia, lebih umum mengalami sakit dan nyeri.

Akan tetapi rasa sakit yang tidak dapat dijelaskan atau terus-menerus di bagian tubuh mana pun bisa menjadi tanda sesuatu yang lebih serius, kata Cancer Research UK.

 

5 dari 5 halaman

Anak muda, jangan menunda penanganan diagnosis

Studi juga menemukan bahwa 47 persen anak muda telah menunda pergi ke dokter karena masalah kesehatan, dengan sepertiga mengakui bahwa mereka telah menunda membuat janji lebih dari satu kali.

Alasan paling umum yang diberikan oleh kaum muda untuk menunda kunjungan adalah terlalu repot untuk membuat janji (47%) dan khawatir membuang-buang waktu dokter umum (45%). Namun yang mengkhawatirkan, 34 persen menunda karena mereka terlalu takut untuk mengetahui apa yang salah dengan diri mereka.

Dr Louise Soanes, Kepala Perawat, Teenage Cancer Trust, berkata: “Kami mendengar berkali-kali dari orang-orang muda yang kami dukung bahwa mereka tidak mengenali tanda-tanda peringatan, dan tentang dampak buruk yang disebabkan oleh keterlambatan diagnosis mereka."

“Kami sangat membutuhkan Pemerintah untuk mengembangkan kampanye kesadaran publik khusus untuk kanker yang dialami oleh kaum muda.”

Dia menambahkan: “Memikirkan kanker bisa menakutkan, terutama jika Anda masih muda, tetapi itu bisa terjadi pada siapa saja dari segala usia."

“Selalu dengarkan tubuh Anda dan jika Anda memiliki kekhawatiran, jangan pernah takut untuk mencari bantuan – kemungkinan besar itu bukan kanker, tetapi selalu lebih baik untuk memeriksanya.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.