Sukses

5 Cara Berhenti Mencintai Seseorang, Jangan Galau Lagi

Ketahui beberapa cara berhenti mencintai seseorang berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Jatuh cinta membuat tiap individu merasakan perasaan terindah. Ketika dua orang saling mencintai, mereka akan selalu melakukan yang terbaik untuk pasangannya.

Hubungan memiliki kekuatan untuk memengaruhi kesehatan mental dan fisik, baik atau buruk. Jika Anda berada dalam cinta bertepuk sebelah tangan dengan seseorang, atau dalam hubungan yang menimbulkan rasa sakit padamu, segera akhiri.

Ketika cinta memudar atau beracun, itu bisa menyebabkan banyak kesusahan. Proses melepaskan seseorang yang pernah memiliki ikatan mendalam denganmu memang tidaklah mudah, tapi ada beberapa tips dan trik agar Anda bisa bangkit dari patah hati dan menjalani kehidupan yang bahagia.

Oleh karena itu, ketahui beberapa cara berhenti mencintai seseorang berikut ini, seperti melansir dari Pinkvilla, Senin (6/2/2023).

1. Terimalah kebenaran

Hubungan yang gagal memang sulit diterima, tapi jujur pada diri sendiri adalah kunci untuk tidak mencintai seseorang dan terus maju.

Tidak ada tombil off di hati yang bisa membantu kita mematikan emosi. Cinta adalah emosi yang bernuansa, oleh karena itu, tidak apa bagimu untuk meluangkan waktu sebanyak yang diperlukan untuk mengetahuinya.

Menerima kenyataan bahwa Anda perlu melupakan seseorang yang pernah memiliki hubungan mendalam denganmu memang bisa menyakitkan, tapi juga bisa sangat membebaskan.

Begitu Anda jujur dengan perasaanmu, Anda akan bisa mendapatkan beberapa perspektif tentang hubunganmu. Dengan perspektif baru, perasaan cintamu karena alesan khusus itu, akan mulai berkurang seiring waktu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Jangan malu mencari bantuan

Patah hati tidak mudah untuk dihadapi, jadi jika Anda sedang mencari tips tentang cara berhenti mencintai seseorang yang tidak mencintaimu, mencari bantuan dari profesional bisa membantumu.

Seringkali, orang tidak mampu melupakan seseorang dan memikirkan masa lalu.

Jika Anda merasa bingung dengan emosimu, atau berada di tempat yang gelap, sebaiknya segera cari bantuan terapis dan cari strategi sehat untuk mengatasi emosimu.

3. Biarkan waktu menyembuhkan segalanya

Sesulit apapun situasinya, kita harus bersabar dan membiarkan waktu berjalan dengan sendirinya dan menyembuhkan segalanya.

Dalam urusan hati, tidak ada tombol yang bisa Anda jentikkan untuk mematikan perasaanmu. Satu-satunya cara untuk melupakan seseorang yang Anda cintai adalah dengan memberi dirimu waktu, dan biarkan dirimu menuju jalan petualangan baru yang penuh dengan kebahagiaan.

 

3 dari 3 halaman

4. Introspeksi

Instropeksi dan kenali ekspetasi hubungan untuk memahami apa yang Anda inginkan dalam suatu hubungan.

Instropeksi adalah kunci untuk mengidentifikasi kebutuhan hubungan dan pemecah kesepakatan. Ini akan membantumu bersama orang yang tepat, dan membangun hubungan sehat seumur hidup dengan mereka.

Apa yang kamu cari dari pasangan hidup? Berapa banyak ruang yang Anda butuhkan dalam suatu hubungan? Apa gaya komunikasimu? Mengetahui jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini akan membantumu mengetahui apakah seseorang memenuhi kebutuhanmu atau tidak, dan akan mencegah patah hati.

Selain itu, begitu Anda mengenali emosimu, akan lebih mudah bagimu untuk menerimanya dan melanjutkan hidup.

5. Alihkan perhatianmu

Sibuklah dengan aktivitas yang Anda sukai untuk move on dari patah hati.

Mempraktikkan afirmasi positif akan membantumu mengatasi patah hati. Namun, ini lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Jadi saat Anda merasa pikiranmu dihantui oleh hal-hal negatif, cobalah alihkan perhatianmu.

Anda bisa melakukan perjalanan dengan teman, menonton film, pergi ke taman, bermain video game, atau mendengarkan musik untuk menenangkan diri.

Tidak perlu melakukan sesuatu yang produktif, cukup libatkan dirimu dalam aktivitas yang membuatmu merasa senang, dan menenangkanmu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.