Sukses

Ini Rahasia Bugar Kazuyoshi Miura, Pemain Sepak Bola Tertua yang Gabung Klub Eropa di Usia 55 Tahun

Ternyata ini rahasia bugar Kazuyoshi Miura hingga di usia 55 tahun ia masih bermain sepak bola

Liputan6.com, Jakarta Pemain sepak bola tertua di dunia, Kazuyoshi Miura resmi bergabung sebagai pemain pinjaman klub divisi kedua Portugal Oliveirense. Pria berusia 55 tahun itu menandatangani kontrak bersama Oliveirense lewat status pinjaman dari Yokohama FC.

"Meskipun ini adalah tempat baru bagi saya, saya akan bekerja keras untuk menunjukkan kepada semua orang jenis permainan yang membuat saya terkenal," kata Kazuyoshi Miura seperti dikutip dari BBC. Lalu, apa rahasia Miura hingga tetap bugar di usianya sekarang?

Ternyata, pria itu terbiasa bangun jam 5 pagi untuk makan dan menjaga agar tubuhnya tetap berfungsi. Tidak hanya itu, ia juga hanya minum air yang diimpor khusus dari Italia, yang telah membantu tubuhnya tetap terkendali.

 

Melansir dari Daily Star, Miura menjadi pesepak bola profesional tertua yang mencetak gol beberapa tahun lalu ketika dia mencetak gol pada usia 50 tahun untuk memecahkan rekor yang dibuat oleh Sir Stanley Matthews.

Waktu bermainnya mungkin sedikit berkurang dalam beberapa tahun terakhir karena usianya, tetapi dia menjaga dirinya dalam kondisi luar biasa karena rezim yang kuat di luar lapangan.

Miura bangun jam 5 pagi setiap hari untuk sarapan, yang disiapkan oleh ahli gizi pribadinya. Makanannya adalah protein tinggi rendah lemak, fillet steak, dan salad, dan dikatakan bahwa jika kadar zat besinya rendah, dia hanya akan mencari restoran lokal dan makan hati.

The New York Times melaporkan bahwa setelah pelatihan, Miura akan duduk di pemandian es dan minum air berkarbonasi khusus dari Italia, yang dia sebut sebagai 'jus jeruk'.

Dia rupanya memeriksa berat badan dan lemak tubuhnya sendiri sebanyak lima kali sehari untuk memastikan dia tidak membiarkan dirinya lepas kendali.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Terinspirasi oleh Pele

Miura pertama kali mulai bermain sepak bola setelah ayahnya melakukan perjalanan ke Piala Dunia 1970 di Meksiko dan memfilmkan pertandingan yang melibatkan Pele.

Dia mempelajari film tersebut saat tumbuh dewasa dan menggunakannya sebagai inspirasi untuk karirnya sendiri.

“Saya menjadi penggemar sepak bola Brasil,” jelasnya. “Sejak saya masih kecil, saya ingin hidup sebagai pemain profesional.”

Pria yang dikenal dengan julukan King Kazu itu juga merupakan pahlawan dan dipuji secara luas atas kesuksesan J-League, setelah kembali ke negara asalnya setelah bertugas di Brasil bersama Juventus.

Begitulah suksesnya, dia dinobatkan sebagai Pemain Paling Berharga di musim pertama J-League, mengalahkan Gary Lineker.

Telah diklaim di masa lalu bahwa pertandingan Yokahoma dihadiri oleh 4.000 penggemar tambahan jika Miura kemungkinan besar akan bermain.

Miura tampaknya tidak memiliki keinginan untuk pensiun dalam waktu dekat, dan menegaskan dia masih menikmati bermain sepak bola meski waktu bermainnya terbatas. Bahkan dia mengungkapkan rencananya untuk bermain terus sampai dia menginjak usia 60 tahun

“Ya, saya masih menikmati bermain sepak bola – setiap saat,” pungkasnya.

3 dari 5 halaman

Perjalanan Karir Kazuyoshi Miura

Melansir laman kazu-miura.com, Kamis (2/2/2023) Kazuyoshi Miura lahir di Prefektur Shizuoka, Jepang pada 26 Februari 1967.

Pesepak bola tertua di Jepang itu memulai karirnya pada tahun tahun 1982 ketika dia berusia 15 tahun, bepergian ke luar negeri sendirian untuk berlatih bersama CA Juventus, sebuah tim profesional di Brasil.

Di tahun selanjutnya, Kazuyoshi Miura bergabung sebagai pemain profesional di klub bergengsi Santos FC, yang dikenal sebagai klub dimana Pele bermain. Miura kemudian melakukan debutnya di Kirin Cup Soccer 86 yang diselenggarakan di Jepang sebagai pemain profesional yang bermain untuk Brasil.

Hingga pada tahun 1989, Kazuyoshi Miura menandatangani kontrak dengan E.C. XV De Jau dari Campeonato Paulista – liga tingkat tertinggi di kerajaan sepak bola. Dia pun encetak gol pertamanya saat melawan Corinthians sebagai pemain Jepang dan membuat daya tarik yang kuat dari sapaan "Kazu" di Brazil.

Selain itu, Kazuyoshi Miura juga berperan aktif dalam Copa União (Kejuaraan Brasil), kompetisi liga tingkat tertinggi di Brasil.

4 dari 5 halaman

Perjalanan Karir Kazuyoshi Miura di Era 90-an

Pada tahun 1990, Kazuyoshi Miura menandatangani kontrak dengan klub sepak bola Yomiuri dari Japan Soccer League (JSL: mantan organisasi J-League).

Debut Kazuyoshi Miura di Jepang adalah ketika ia bersaing dalam pertandingan melawan PJM Futures (Piala PJM ke-4, Hamamatsu, 1-4), dan debut dalam pertandingan resmi di Piala JSL ke-15 (melawan Sumitomo Metal).

Di tahun yang sama juga, Kazuyoshi Miura pertama kali bergabung dengan anggota tim sepak bola nasional Jepang (A-roster).

Kemudian di tahun 1993, ketika J-League pertama kali diluncurkan, dia terpilih sebagai kapten baru. 

Berlanjut pada tahun 1995, Kazuyoshi Miura berpartisipasi dalam Kejuaraan Interkontinental di Arab Saudi, bersaing untuk tepak bola nasional Jepang.

Dia juga menjadi juara Kirin Cup Soccer pada tahun 1995 (melawan tim sepak bola nasional Skotlandia dan tim sepak bola nasional Ekuador).

Pada tahun 1996, Kazuyoshi Miura berrpartisipasi sebagai satu-satunya pemain terpilih dunia dari Asia dalam FIFA All-Star Game (tim Olimpiade nasional Brasil VS FIFA World All-Stars).

Kazuyoshi juga menerima penghargaan untuk gol terbanyak yang dicetak di J-League 1996, dan menerima penghargaan sebagai salah satu dari sebelas pemain terbaik di J-League 96.

5 dari 5 halaman

Perpindahan Antar Klub

Pada tahun 2001, Kazuyoshi Miura dintransfer ke klub Vissel Kobe dan pada tahun 2005, dia ditransfer ke Sydney FC dari Yokohama FC. 

Namun pada tahun 2006, Miura kembali ke Yokohama FC. Di a pun ditunjuk sebagai asisten manajer sekaligus menjadi pemain klub tersebut. 

Hingga pada tahun 2012, Kazuyoshi Miura terpilih untuk bersaing bersama tim futsal nasional Jepang. Dia melakukan debut sebagai anggota tim futsal nasional Jepang dalam pertandingan melawan Brasil.

Saat itu juga, Kazuyoshi Miura mencetak gol pertama dalam pertandingan melawan Ukraina.

Kemudian pada tahun 2014, Kazuyoshi Miura ditunjuk sebagai Duta JFA Turnamen Piala Dunia ke-20 di Brasil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.