Sukses

4 Alasan Bertengkar Sebenarnya Baik untuk Hubunganmu dengan Pasangan

Pertengkaran dalam hubungan dapat menjadi buruk jika tidak dilakukan dengan cara yang sehat dan begitu pula sebaliknya.

Liputan6.com, Jakarta - Pernah melihat pasangan yang tidak pernah bertengkar satu sama lain sepanjang hidup mereka? Jika Anda mengira mereka berbagi ikatan yang lebih dalam daripada mereka yang selalu bertengkar, Anda mungkin salah. 

Ketidaksepakatan adalah bagian tak terpisahkan dari hubungan dekat dan kita semua tidak setuju atau bertengkar dengan anggota keluarga kita karena satu dan lain alasan. Aturan yang sama harus diterapkan pada bagian penting kita.

Pasangan yang tidak melawan atau menyuarakan perbedaan mereka mungkin menekan perasaan mereka atau takut hubungan asmara atau pernikahan mereka berantakan.

Pertengkaran dapat menjadi buruk jika tidak dilakukan dengan cara yang sehat, tetapi juga dapat membantu seseorang memahami orang lain dengan lebih baik dan mencapai solusi. 

Triknya adalah menikmati pertengkaran yang sehat daripada merendahkan pasanganmu atau membuktikan dirimu lebih unggul. Tahan godaan untuk membahas semua masalah masa lalu dan tetap berpegang pada logika. 

Jika Anda menghormati pasanganmu pada level yang lebih dalam, Anda tidak akan mengatakan hal-hal yang mungkin Anda sesali nanti. Disarankan untuk membuat aturan terlebih dahulu dan tidak pernah menganggap hal-hal yang dikatakan selama pertengkaran secara pribadi atau mengulanginya di masa mendatang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Alasan mengapa bertengkar itu sehat untuk suatu hubungan

"Dalam hubungan jangka panjang apapun, baik itu keluarga, teman dekat, atau terutama pasangan hidup Anda, perbedaan itu normal. Namun, menangani perbedaan itu dengan cara yang sehat dan bermanfaat adalah seni yang belum dipelajari kebanyakan dari kita," kata Priyanka Bakhru, Terapis Perilaku Emotif Rasional; Terapis dan Konselor terintegrasi klinis, dilansir dari Hindustan Times, Rabu (1/2/2023).

“Kami baik menekan perasaan kita atau kita menegaskan kendali dan menuntut. Keduanya tidak sehat untuk hubungan. Sama seperti luka kecil yang akan sembuh dengan mudah jika dirawat, tetapi membusuk menjadi luka yang lebih dalam jika tidak ditangani, sangat penting untuk angkat bicara, atau untuk melawan jika perlu, untuk kebutuhan dan ketenangan pikiran Anda,"  sambungnya.

Bakhru memberikan empat alasan mengapa bertengkar itu sehat untuk suatu hubungan:

1. Membangun hubungan yang lebih otentik dan nyata

Intinya adalah itulah yang sebenarnya Anda rasakan. Berkomunikasi memungkinkan orang lain untuk juga berbagi perasaan otentik mereka. Ini dapat menyebabkan pertengkaran pada saat itu, tetapi dalam jangka panjang, ini memperjelas kebutuhan masing-masing pasangan.

3 dari 4 halaman

2. Menetapkan pemicu dan batasan

Menarik diri, merajuk, bersikap pasif agresif adalah cara-cara yang tidak sehat untuk menghadapi pemicu yang sebenarnya. Yang mereka lakukan hanyalah membuat orang lain bingung dan kesal.

Membagikan batasan atau pemicumu akan membuat pasanganmu menghormatinya lain kali, atau pemahaman yang lebih jelas tentang alasan mereka.

3. Anda akan merasa lebih baik 

Mengeluh kepada orang lain atau merasa seperti korban jauh lebih buruk bagimu, dan tidak menyelesaikan apapun. Mengekspresikan masalah Anda kepada satu-satunya orang yang benar-benar dapat membantu pasti akan melepaskan muatan negatif itu dan mungkin juga membantumu memahami perspektif mereka.

4 dari 4 halaman

4. Membangun kepercayaan dan keintiman yang lebih dalam

Ketika perbedaan diungkapkan, konflik didiskusikan, perasaan dan emosi dibagi; selama periode waktu tertentu, itu mengarah pada hubungan sejati. Ini mengirimkan pesan ke kedua pasangan bahwa baik atau buruk dalam kasus ini, mereka sama-sama berkomitmen dan berinvestasi.

"Sama seperti petinju atau pegulat di atas ring, pertarungan yang baik membutuhkan aturan keterlibatan agar konstruktif. Pertarungan yang sehat bukanlah tentang mengendalikan satu pasangan, atau kekuatan atau membuat pasangan Anda menyerah begitu saja," kata Bakhru.

"Hindari mengungkit masa lalu dan cobalah untuk memandang pasangan Anda sebagai individu yang terpisah dengan pikiran dan perasaan yang sama validnya. Pertarungan ini dimenangkan hanya sebagai tim, ini bukan kemenangan individu," tutup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.