Sukses

Sinopsis Parasite, Film Korea Selatan yang Berhasil Sabet 4 Piala Oscar 2020

Liputan6.com, Jakarta - Bagi para pecinta film Korea Selatan, tentu pernah menonton film Parasite. Film Parasite merupakan salah satu film terpopuler asal Korea Selatan yang berhasil menang empat penghargaan dari enam kategori Academy Awards 2020 alias Piala Oscar

Tak heran film yang dibintangi Song Kang Ho, Choi Woo Shik, Park So Dam, Lee Sun Kyung, dan Cho Yeo Jeong ini begitu menarik perhatian. Film besutan sutradara Bong Joon Ho itu dirilis pada 2019 lalu. Meski telah dirilis 4 tahun silam, film itu masih jadi film yang wajib untuk ditonton sampai saat ini. 

Bagaimana tidak, Parasite memiliki alur cerita yang menarik dengan plot twist yang membuat siapa saja terkejut menontonnya. Belum lagi para pemerannya memiliki kemampuan akting yang ciamik. 

Lantas sebenarnya Parasite berkisah tentang apa? Parasite sendiri bercerita tentang keluarga Kim Ki Taek (Song Kang Ho) yang awalnya hidup serba pas-pasan. Mereka pun tinggal di rumah semi basement dan bekerja sebagai pelipat kotak pizza. 

Hingga suatu ketika anak laki-lakinya, Kim Ki Woo (Choi Woo Shik) mendapat pekerjaan menjadi guru privat untuk seorang gadis dari keluarga kaya.

Ki Woo kemudian memiliki ide untuk memasukkan semua anggota keluarganya agar bisa bekerja di rumah keluarga itu. Namun, siapa sangka bahwa dari sinilah konflik muncul. Ingin lebih tahu lebih lanjut tentang sinopsisnya? Simak artikelnya berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Sinopsis Parasite

Kisahnya berawal dari cerita keluarga Kim Ki Taek (Song Kang Ho) yang hidup miskin dan tinggal di sebuah rumah semi basement tak layak huni di tengah kota. 

Hidup serba pas-pasan membuat mereka harus mengerjakan apapun demi mendapat uang. Mereka pun bekerja dengan melipat kotak pizza untuk sebuah kedai. 

Suatu hari, anak tertua Ki Taek, yaitu Kim Ki Woo (Choi Woo Shik) diminta oleh teman dekatnya untuk menjadi guru privat seorang gadis dari keluarga kaya. 

Tentu tanpa berpikir panjang, Ki Woo segera menerima pekerjaan tersebut. Saat tiba di kediaman tuan Park (Lee Sun-kyun), Ki Woo terkejut lantaran rumahnya sangatlah mewah. Hal itu membuat dirinya semakin bersemangat untuk mengajar. Ia juga menjadi akrab dengan Yeon Gyo (Cho Yeo Jeong), istri dari tuan Park.

Ki Woo kemudian memiliki ide untuk memasukkan semua anggota keluarganya bekerja di rumah majikannya tersebut. Sang adik berhasil diterima sebagai guru seni dari anak kedua sang majikan, sementara sang ibu dan ayahnya berhasil bekerja di sana sebagai ART dan juga sopir sang majikan.

Namun, siapa sangka jika kejadian itu merupakan awal petaka bagi keluarga Ki Woo? Lantas, seperti apa tragedi yang dihadapkan pada keluarga Ki Woo dan tuan Park? Kalian bisa mencari tahu dengan menonton filmnya.

3 dari 4 halaman

5 Fakta Menarik Film Korea Pemenang Piala Oscar 2020

Parasite yang merupakan karya sutradara Boong Ho Joong berhasil mendapatkan penghargaan film terbaik di Piala Oscar 2020. Ini menjadi sebuah momentum sejarah karena untuk pertama kalinya film Korea berhasil mendapatkan penghargaan paling bergengsi dalam dunia perfilman itu. 

Parasite berhasil mengungguli film-film lain seperti, Ford v Ferarri, Marriage Story, 1917, Little Women, The Irishman, Joker, Jojo Rabbit dan Once Upon a Time in Hollywood.

Diantara film ternama tersebut, memang film yang satu ini berhasil menarik perhatian banyak orang tidak hanya di Korea namun juga mancanegara tak terkecuali Indonesia. 

Alur cerita dari film ini memang sungguh menarik dan menggambarkan sisi lain dari kehidupan masyarakat Korea, dimana adanya kesenjangan sosial antara golongan atas dan bawah.

Tidak hanya itu, selain berhasil menjadi film terbaik di ajang Piala Oscar, ada beberapa fakta yang menarik untuk diulas dari Parasite. Yuk kita simak ulasannya berikut ini.

Terinspirasi dari kisah hidup sang sutradara

Film parasite memang memiliki jalan cerita yang cukup sulit untuk ditebak. Ternyata, kisahnya ini berdasarkan pengalaman hidup yang terjadi dari sang sutradara sendiri.

Jauh sebelum Boong Ho Joong terkenal, ia mengutarakan pernah mengalami masa sulit dalam hidupnya. Boong Ho Joong mengungkapkan bahwa dulu ia  pernah menjadi seorang guru private untuk anak orang kaya. Namun baru dua minggu mengajar nasib sial menimpa yang membuatnya harus dipecat.

4 dari 4 halaman

Fakta Film Parasite Lainnya

Semua insiden yang terjadi berawal dari kebohongan

Dalam ceritanya juga banyak sekali kebohongan yang menyebabkan insiden besar dalam rumah Tuan Park. Awalnya seorang anak dari keluarga pengangguran mencoba peruntungan yang ditawari temannya untuk menjadi seorang guru private.

Tak, disangka seseorang yang diajarnya merupakan keluarga yang kaya raya. Dari situlah muncul ide bahwa ia harus membawa seluruh keluarganya bekerja di rumah tersebut. 

Setelah rencananya berhasil, hal tersebut justru membawa bencana. Semua kebohongan di dalam rumah tersebut mulai terkuak. Akhirnya sebuah insiden besar terjadi ketika si pemilik rumah sedang mengadakan pesta.

Menggambarkan sebuah kesenjangan sosial yang terjadi dalam kehidupan nyata

Penuh intrik dan simbol-simbol, banyak orang membuat ulasan mengenai 'Parasite Ending Explained'. Para pecinta film pun setuju jika Parasite merupakan film non bahasa Inggris pertama yang memenangkan Oscar tersebut menyinggung mengenai kapitalisme dan ketimpangan sosial.

Banyak adegan di film ini yang sangat relevan di kehidupan nyata yang menyinggung kesenjangan sosial. Dimana terlihat perbedaan gaya hidup antara si miskin dan si kaya sehingga penonton terpesona dan bisa merasakan emosi di film ini.

Sutradara Bong menjadikan Scholar Stone sesuatu yang ambigu dalam film

Di Korea Selatan, Scholar Stone (Suseok) merupakan benda yang sangat dihargai banyak orang. Dalam film Parasite, batu itu diberikan oleh teman Min karena melambangkan keberuntungan.

Akan tetapi, pada akhirnya film itu juga menunjukkan bahwa kehadiran batu tersebut tidak membantu membawa keluarga Kim menjadi kaya, seperti yang mereka pikirkan dan harapkan.

Akan dibuat mini series

Sebuah serial terbatas yang didasarkan pada cerita Parasite akan dikembangkan di layanan streaming HBO. Sutradara Bong Joon-ho bersama dengan Adam McKay dilaporkan akan memproduksi serial tersebut.

Namun, sepertinya para pecinta film harus lebih bersabar lagi. Hingga kini belum ada kelanjutan informasi bagaimana serial ini akan dilanjutkan. Hal ini lantaran pandemi Covid-19 yang melanda dunia belum kunjung usai.

Nah, itu dia beberapa fakta menarik seputar film Korea yang mendapatkan penghargaan di Piala Oscar ini. Buat kalian yang mau nonton film Parasite bisa saksikan di aplikasi streaming Vidio. Segera download dan berlangganan Vidio sekarang juga untuk menikmati tayangan seru lainnya!

 
 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS