Sukses

8 Cara Menjaga Kesehatan Jantung Kucing Peliharaan Anda

Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung kucing hewan peliharaan Anda

Liputan6.com, Jakarta Penyakit jantung bisa didapat, bisa juga merupakan penyakit bawaan pada kucing. Penyakit bawaan seringnya tidak dapat dicegah karena perkawinan sedarah dari hewan peliharaan akibat keserakahan manusia. Tetapi Anda selalu dapat mengambil tindakan untuk mencegah penyakit jantung yang didapat secara alami.

Ada beberapa tindakan pencegahan yang dapat Anda terapkan ke dalam rutinitas harian Anda, yang akan mencegah penyakit jantung pada kucing Anda. Dihimpun dari TimesofIndia, ini dia:

1. Kunjungan rutin ke dokter hewan

Hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk membantu melindungi kucing Anda dari penyakit jantung adalah menjadwalkan kunjungan kesehatan rutin. Semakin tua kucingnya, semakin banyak kunjungan yang dibutuhkannya. Ini juga membantu dalam diagnosis kondisi pada tahap awal yang akan mudah dipertahankan dan diobati.

2. Diet

Dalam hal diet, kekurangan asam amino dapat menyebabkan HCM. Jadi berikan diet rendah sodium berbasis daging kucing Anda karena mereka tidak dapat mensintesis beberapa asam amino sendiri. Pastikan kucing Anda mendapatkan makanan bergizi seimbang.

3. Suplemen kucing

Kita tidak selalu dapat menyeimbangkan nutrisi hingga detail terakhirnya karena kucing dapat menjadi pemakan yang rewel dan memilih makanan, dan dengan gaya hidup pemilik yang sibuk, pemeriksaan mikronutrien tidak selalu memungkinkan. Dalam kasus ini, suplemen kucing bisa menjadi pilihan yang menjanjikan untuk mencegah penyakit jantung pada kucing dan menjaga kesehatan sistem kardiovaskularnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

4. Olahraga

Olahraga teratur juga penting, dan terkadang diabaikan oleh kucing. Karena mereka cenderung tidur lebih banyak dan tidak terlalu bersosialisasi. Jadi jadwalkan waktu untuk bermain dengan kucing Anda untuk memastikan mereka mendapatkan dosis olahraga hariannya. Dan pertahankan berat badannya karena kucing gemuk lebih rentan terhadap penyakit jantung.

5. Obat cacing

Pemberian obat cacing secara teratur dapat mencegah kondisi seperti penyakit heartworm, yang selanjutnya dapat menyebabkan gagal jantung kongestif pada kucing. Dosis obat cacing yang tepat perlu diberikan pada jadwal yang tepat. Ini juga meningkatkan kekebalan kucing sehingga meningkatkan kualitas hidup kucing berbulu Anda.

6. Kurangi stres

Cobalah untuk menjaga kehidupan teman kecil Anda sebebas mungkin dari stres. Pastikan kucing Anda selalu memiliki tempat yang tenang dan santai jauh dari segala kebisingan, anak-anak, dan hewan peliharaan lainnya. Karena tidur yang nyenyak dapat melepas beban di hati untuk sementara waktu.

 

3 dari 4 halaman

7. Kurangi kecemasan

Setiap kali Anda mengubah rutinitas, lakukan perlahan, dan bertahap untuk menghindari stres dan buat mereka nyaman, hujani mereka dengan kasih sayang.

8. Amati tanda-tanda

Waspadai gejala yang kurang jelas seperti muntah, lesu, depresi, sirkulasi yang buruk, perut bengkak, kehilangan nafsu makan, perubahan berat badan, dan gelisah. Jika Anda menemukan gejala-gejala tersebut, lakukan EKG atau radiografi dengan bantuan dokter hewan untuk mengetahui penyebabnya.

 

4 dari 4 halaman

Penyakit jantung yang umum terjadi pada kucing

Shantanu Kalambi, Kepala Dokter Hewan dari portal kesehatan dan kebugaran hewan peliharaan, berbicara tentang beberapa penyakit jantung yang umum terjadi pada kucing. Hal tersebut yakni:

1. Kardiomiopati hipertrofik (HCM)

Terjadi ketika jaringan ventrikel, biasanya bagian kiri, menebal hingga mengganggu fungsi relaksasi, pemompaan, dan pengisian.

2. Kardiomiopati restriktif (RCM)

Ditandai dengan penumpukan jaringan parut di lapisan dalam jantung yang mengurangi efisiensi pengisian dan pemompaan.

3. Kardiomiopati dilatasi (DCM)

Terjadi saat dinding otot menjadi terlalu tipis, dan jantung membesar, mengakibatkan kemampuan memompa yang sangat lemah.

Penyebab yang mendasari dapat mencakup penyakit tiroid, tekanan darah tinggi, tumor, penyakit cacing jantung, dan anemia yang selanjutnya akan menyebabkan gagal jantung kongestif kucing. Ras tertentu cenderung mengalami kondisi tersebut, termasuk Maine coon, Persia, Ragdolls, dan beberapa American Shorthairs. Ini paling sering terlihat pada kucing paruh baya dan senior.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.