Sukses

Resep Fuyunghai, Chinese Food yang Populer di Lidah Orang Indonesia

Berikut ini resep praktis fuyunghai, kuliner Tionghoa yang sudah populer di lidah orang Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Fuyunghai merupakan salah satu kuliner Tionghoa atau chinese food yang sudah populer bagi lidah orang Indonesia. Panganan ini juga sering kali disebut sebagai omelette atau telur dadar versi chinese food dengan rasa gurih dan lezat.

Dikutip dari laman Merdeka, Senin (16/1/2023), fuyunghai memiliki nama asli Puyonghai, makanan khas Tionghoa. Lebih tepatnya berasal dari negara bagian Shanghai, Tiongkok. Fuyunghai adalah masakan China berbahan dasar telur yang awalnya ditemukan di Guangdong.

Fuyunghai sangat umum ditemukan pada masakan China di Indonesia, Inggris, dan Amerika. Menu sederhana ini kerap ada di restoran Chinese Food. Pasalnya, olahan telur ini banyak digemari oleh banyak orang.

Pada umumnya, fuyunghai terbuat dari telur yang didadar dengan campuran berupa sayuran, daging, hingga makanan laut. Isi campurannya bisa berupa cincangan halus daging ayam, daging sapi, maupun daging kepiting.

Puyunghai dimakan bersama saus asam manis yang biasanya dibuat dari tomat dan kacang polong, tetapi ada juga saus yang disertai dengan potongan nanas di dalamnya.

Porsi fuyunghai yang cukup besar sangat cocok disantap bersama keluarga di rumah. Karena cara membuatnya yang tergolong mudah, Anda juga bisa mencobanya sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang mudah pula didapatkan di pasar.

Anda penasaran? Simak resep praktis fuyunghai di bawah ini yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Resep Fuyunghai

Pada umumnya, fuyunghai terbuat dari telur yang didadar dengan campuran berupa sayuran, daging, hingga makanan laut. Isi campurannya bisa berupa cincangan halus daging ayam, daging sapi, maupun daging kepiting.

Puyunghai dimakan bersama saus asam manis yang biasanya dibuat dari tomat dan kacang polong, tetapi ada juga saus yang disertai dengan potongan nanas di dalamnya. Berikut ini bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat fuyunghai di rumah: 

Bahan-bahan:

- 4 butir telur

- 100 gr udang

- 50 gr cumi

- 50 gr crabstick

- 1 buah wortel

- 1/4 buah kubis

- 1 batang daun bawang

- 1 sdm tepung terigu

- 1 sdm tepung tapioka

- garam, lada bubuk, dan kaldu bubuk secukupnya

 

3 dari 4 halaman

Bahan Saus

- 1/2 buah bawang bombay

- 2 siung bawang putih

- 4 sdm saus tomat

- 1 sdm saus sambal

- 1/2 buah wortel

- 1 sdm margarin

- 1 sdm minyak goreng

- kacang polong secukupnya

- air secukupnya

- gula, garam, kaldu bubuk, lada bubuk, dan cuka secukupnya

- 1 sdt maizena (larutkan dengan 2 sdm air)

 

4 dari 4 halaman

Cara Membuat

1. Kocok lepas telur, cincang udang, cumi, dan crabstick. Serut wortel dan kubis. Iris tipis daun bawang.

2. Campur semua bahan fuyunghai, goreng dengan minyak agak banyak agar kulit terluarnya renyah.

3. Untuk saus, iris tipis semua bahan yang bisa diiris.

4. Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum. 5. Tuang air secukupnya. Jika sudah mendidih. Masukkan wortel dan kacang polong, masak hingga layu.

6. Masukkan semua bumbu saus, aduk rata. Jika sudah mendidih, tuang larutan maizena, aduk cepat agar tidak menggumpal. Jika sudah mengental, angkat.

7. Sajikan fuyunghai dengan saus yang dituang di atasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.