Sukses

Menurut Studi, Ini Tipe Orang yang Paling Mungkin Mencoba Mencuri Pasangan Anda

Berikut ini tipe orang yang paling mungkin mencoba mencuri pasangan Anda

Liputan6.com, Jakarta Seperti kata pepatah lama, semuanya adil dalam cinta dan perang. Namun, beberapa perilaku jauh lebih disukai daripada yang lain.

Misalnya, menyembunyikan pesta kejutan dari pasangan Anda adalah sesuatu yang baik-baik saja, sementara menyembunyikan transaksi keuangan besar dari mereka sangat tidak keren.

Tapi salah satu kecerobohan terburuk dalam percintaan adalah mencoba mencuri pasangan orang lain. Jadi, mengapa orang melakukannya? Melansir dari Bestlife, sebuah studi terbaru yang diterbitkan dalam Journal of Sex Research menemukan beberapa hal menarik tentang itu.

Bagaimana penelitian itu bekerja?

Sepanjang penelitian, para peneliti mendefinisikan perburuan pasangan sebagai "perilaku yang dimaksudkan untuk menarik seseorang yang sudah menjalin hubungan romantis."

Untuk menemukan tipe orang yang paling mungkin terlibat dalam perilaku tersebut, mereka bekerja dengan kedua anggota dari 187 pasangan heteroseksual yang menikah, hidup bersama, atau berkencan dan tinggal di Kroasia.

Untuk memulai penelitian, setiap peserta menilai kepribadian mereka dan pasangannya; mereka juga merangkum pengalaman perburuan mereka sendiri. Para peneliti kemudian mengevaluasi setiap orang berdasarkan ciri-ciri kepribadian Lima Besar dan Tiga Serangkai Kegelapan.

Sifat Lima Besar adalah ekstraversi, keramahan, kesadaran, neurotisme, dan keterbukaan terhadap pengalaman baru; Tiga Serangkai Kegelapan meliputi narsisme, psikopati, dan Machiavellianisme.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pria dengan sifat ini kemungkinan besar akan berburu

Studi tersebut menemukan bahwa pria dengan tingkat kehati-hatian yang rendah dan tingkat Machiavellianisme yang tinggi kemungkinan besar akan mencoba memburu pasangan seseorang. Namun, pria yang paling sukses memiliki tingkat psikopat yang tinggi dan keramahan yang rendah.

Dua sifat mengungguli yang lain dalam kaitannya dengan perburuan liar. "Psikopat dan Machiavellianisme yang lebih tinggi, terutama pada pria, terbukti menjadi prediktor paling penting dari pengalaman berburu pada pria dan wanita," kata para peneliti.

Menurut Frontiers in Psychology, Machiavellianism ditandai dengan manipulasi interpersonal, penipuan, sinisme, dan kurangnya moralitas. Psikopat, di sisi lain, didefinisikan sebagai kekurangan respons emosional, kurangnya empati, dan kontrol perilaku yang buruk.

 

3 dari 5 halaman

Wanita dengan sifat ini kemungkinan besar akan berburu

Para wanita yang paling berhasil dalam perburuan liar menunjukkan ekstraversi, keterbukaan, dan psikopat yang tinggi. Menariknya, penelitian ini menemukan bahwa kerentanan seorang wanita terhadap perburuan ada hubungannya dengan kepribadiannya dan pasangannya.

Wanita dengan pasangan yang memiliki tingkat persetujuan yang rendah dan neurotisisme yang tinggi lebih mungkin untuk diburu.

Sifat mengejutkan yang bukan merupakan faktor

Ada satu ciri kepribadian yang diharapkan para peneliti untuk melihat hubungan yang lebih tinggi dengan perburuan pasangan tetapi ternyata tidak: narsisme. "Berlawanan dengan harapan kami, dari ciri-ciri kepribadian yang dianalisis, narsisme tidak menunjukkan efek aktor atau pasangan yang konsisten pada pengalaman perburuan pasangan," kata para peneliti.

Narsisme ditandai dengan memiliki rasa kepentingan diri sendiri yang terlalu tinggi. Narsisis mencari perhatian dan ingin dikagumi, demikian menurut Mayo Clinic. Untungnya, mereka lolos dari perburuan liar.

 

4 dari 5 halaman

Mungkin ada penyebab lain untuk perburuan juga

Ciri-ciri kepribadian bukan satu-satunya penyebab perburuan liar. David Tzall, PsyD, seorang psikolog berlisensi yang berbasis di Brooklyn, mengatakan kepercayaan diri juga bisa ikut berperan.

"Seseorang mungkin juga berburu karena mereka tidak terlalu memikirkan diri mereka sendiri," katanya.

"Dengan berteman dengan orang lain dan menunggu, Anda tidak harus rentan sejak awal dan meletakkan dasar untuk suatu hubungan." Lebih mudah menghilangkan ketidaktertarikan yang disebabkan oleh pasangan yang sudah ada sebelumnya daripada kekurangan pribadi.

 

5 dari 5 halaman

Penyebab lainnya

Penyebab lain mungkin karena pemburu liar tidak menghormati batas. "Mereka mungkin memanfaatkan kelemahan dari masalah orang lain dalam hubungan dan menggunakannya untuk keuntungan mereka," kata Tzall.

"Jika orang tersebut tidak cukup berhubungan seks, atau menginginkan lebih banyak keintiman, atau menginginkan seseorang dengan tujuan dan minat yang sama, maka orang lain dapat mencontoh dirinya sendiri berdasarkan apa yang diinginkan orang lain."

Sementara kebanyakan orang akan memahami bahwa ada batasan — atau bahwa seseorang mungkin membocorkan detail hubungan mereka untuk mendapatkan bantuan atau bimbingan — seorang pemburu mungkin tidak. Jika mereka kebetulan memiliki salah satu ciri kepribadian yang disebutkan di atas juga, Anda pasti ingin menjaganya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.