Sukses

6 Manfaat Memiliki Alter Ego, Sisi Dirimu yang Lain dengan Kepribadian Berbeda

Berikut ini beberapa manfaat memiliki alter ego, kepribadian yang berbeda dari dirimu

Liputan6.com, Jakarta Beberapa orang bisa memiliki alter ego dalam diri mereka. Alter ego adalah diri Anda yang lain, seseorang yang memiliki kepribadian berbeda dari Anda. Itu bisa berupa karakter fiksi "kembaran" Anda sendiri menjadi versi Anda yang sebenarnya berbeda.

Bisa seseorang dengan kepribadian, pemikiran, perilaku, dan artikulasi yang beragam. Memiliki seseorang seperti ini ternyata dapat memberikan pengaruh positif dalam hidup Anda, dan beberapa selebritas paling terkenal bahkan membawa "alter ego" mereka saat menghadapi situasi sulit.

Di sisi lain, memiliki alter ego ternyata memiliki banyak manfaat. Ini berpengaruh terutama bagi mereka yang memiliki masalah kepercayaan diri. Lalu, apa saja manfaat memiliki alter ego tersebut? Dihimpun dari Bright Side, ini dia.

1. Ini dapat membantu Anda melihat gambaran yang lebih besar

Ketika Anda terlalu banyak berpikir dan memeriksa perasaan Anda, banyak pikiran negatif mungkin muncul di benak Anda. Itu sebabnya memiliki alter-ego di sisi Anda dapat membantu mengurangi kecemasan dan membuat Anda melihat gambaran yang lebih besar.

Misalnya, jika Anda mengalami perpisahan yang sulit, alih-alih merasa sedih dan menangis, Anda mungkin melihat pertengkaran dengan pasangan Anda lebih jelas dari sudut pandang pihak ketiga. Hasilnya, Anda akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang posisi Anda dan pasangan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Dapat mendorong Anda untuk tampil lebih baik

Memiliki alter-ego dapat membuat Anda mencapai tujuan dengan berbicara kepada diri sendiri sebagai orang kedua. Anda mungkin menganggap diri Anda sebagai individu yang berbeda, menggunakan frasa seperti, "Kamu akan berhasil", atau "Kamu berhasil". Ini dapat membantu Anda meningkatkan pekerjaan Anda dan lebih siap untuk melakukan sesuatu.

3. Ini dapat meningkatkan kesehatan Anda

Memiliki alter ego dapat menghasilkan pengendalian diri yang lebih baik, itu bahkan mungkin membantu Anda menjadi lebih berorientasi pada tujuan. Alter ego Anda dapat membantu Anda membuat pilihan makanan yang lebih sehat dan memotivasi Anda untuk berolahraga. Selain itu, berbicara dengan 'orang lain' di dalam diri Anda ini ini tetap dapat mendorong Anda untuk makan lebih sehat baik sedang diet atau tidak.

 

3 dari 4 halaman

4. Ini memungkinkan Anda untuk keluar dari zona nyaman Anda

Jika Anda sering khawatir dan takut dengan pendapat orang, memiliki alter-ego dapat menyelamatkan hari. Anda mungkin menjauh dari perasaan dan emosi Anda sendiri dan melihat situasi dari perspektif yang lebih baru.

Ini dapat memungkinkan Anda untuk tidak terlalu fokus pada pengalaman buruk Anda dan lebih pada bagaimana situasi itu membuat Anda sadar dan berwawasan luas. Anda mungkin menjadi lebih berani, mendapatkan lebih banyak kesempatan, dan melepaskan hal-hal yang membuat Anda merasa tidak aman.

5. Dapat membuat Anda lebih percaya diri dalam situasi sosial

Pikiran kreatif dan imajinasi Anda mungkin menjadi kekuatan super dalam hal kecemasan sosial. Diri kedua Anda bisa menjadi cara yang bagus untuk menantang diri sendiri dan menyingkirkan pikiran negatif, seperti perasaan, pemikiran, dan tindakan Anda dalam situasi sosial, sehingga mengurangi stres sosial Anda.

Bahkan perubahan sekecil apa pun dalam cara Anda menyebut diri sendiri dapat memengaruhi proses berpikir dan emosi Anda secara positif saat Anda tertekan.

 

4 dari 4 halaman

6. Alter ego Anda bisa menjadi sahabat Anda

Alter-ego Anda bisa menjadi sahabat karib Anda yang tepercaya — seseorang yang paling dekat dengan Anda dan, pada saat yang sama, adalah bagian dari diri Anda. Pada kenyataannya, mereka akan paling memahami Anda karena mereka adalah Anda.

Anda dapat bergantung pada alter-ego Anda saat Anda tidak yakin atau gugup tentang bagaimana harus bertindak pada beberapa kesempatan, seperti di tempat kerja. Anda mungkin tidak terlalu memikirkan masalah pekerjaan dan jarang merasa tertekan saat mengungkapkan kepribadian Anda yang lain kepada atasan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.