Sukses

Pernah Pusing Sehabis Olahraga? 4 Faktor Ini Bisa Jadi Pemicunya!

Salah satu yang menjadi faktor terjadinya pusing setelah olahraga adalah suplai darah ke otak berkurang.

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda pernah merasakan pusing setelah berolahraga, jangan hal tersebut dirisaukan ya. Pasalnya, hal tersebut tidak akan menimbulkan masalah kesehatan yang krusial. 

Walaupun tidak menimbulkan masalah kesehatan yang krusial, Anda tetap harus mengetahui kenapa hal tersebut terjadi ya. Hal itu bertujuan untuk meminimalisir Anda agar tidak merasakan pusing setelah berolahraga. 

Salah satu yang menjadi faktor terjadinya pusing setelah olahraga adalah suplai darah ke otak berkurang. Itulah yang menyebabkan rasa pusing setelah olahraga muncul.

Selain hal itu, ada beberapa faktor lain yang menjadi pemicu pusing setelah olahraga muncul. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Dehidrasi

Dehidrasi merupakan penyebab paling jamak kenapa seseorang mengalami pusing setelah berolahraga. Karena saat berolahraga Anda akan mengeluarkan banyak keringat, hal itu bisa membuat Anda kehilangan cairan dalam jumlah besar.

2. Tekanan Darah Rendah

Faktor kedua yang memicu timbulnya rasa pusing setelah berolahraga adalah tekanan darah yang rendah. Hal ini dipicu oleh jantung yang bekerja lebih keras dan memompa lebih banyak darah ke pembulu darah.

Ketika Anda selesai berolahraga, jantung pun akan berdetak secara normal, namun pembuluh darah membutuhkan sedikit waktu untuk menyesuaikannya. Proses itu yang akan membuat Anda merasa pusing setelah berolahraga.

3 dari 3 halaman

3. Gula Darah Menurun

Faktor gula darah menurun juga bisa memicu pusing setelah berolahraga. Jika Anda pernah merasakan keringat dingin, sekujur tubuh gemetar, dan badan lemas, itu menandakan gula darah Anda menurun. 

Salah satu penyebab penurunan kadar gula darah adalah saat Anda berolahraga dalam keadaan perut kosong. Untuk itu sebelum berolahraga, Anda harus mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan karbohidrat dan protein.

4. Aliran Oksigen ke Otak Berkurang

Faktor oksigen yang berkurang ke otak juga menjadi pemicu kenapa Anda merasakan pusing setelah berolahraga. Hal ini bisa disebabkan karena teknik pernapasan yang kurang tepat.

Dan itu akan menyebabkan aliran oksigen ke otak berkurang serta menimbulkan kepala pusing. Anda harus menyesuaikan teknik bernapas dengan jenis olahraga serta kemampuan tubuh. 

Itulah 4 faktor kenapa setelah berolahraga kepala Anda menjadi pusing. Selama berolahraga, jangan lupa untuk selalu penuhi kebutuhan cairan dalam tubuh ya!

 

(*) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini