Sukses

Merasa Stuck Gak Punya Ide Buat Berkarya? Temukan Inspirasi di 5 Tempat Berikut Ini

Liputan6.com, Jakarta Ingin berkarya atau membuat konten dan juga menyelesaikan tugas-tugas, tapi ternyata 'otak' tidak bisa diajak kerja sama. Merasa stuck gak punya ide-ide menarik, padahal sudah banyak tugas lain yang menanti? Tenang, jangan panik, kamu tidak sendirian. Banyak orang di luar sana yang pernah merasa otak buntu gak bisa diajak kompromi, sampai akhirnya frustasi.

Stuck dalam mencari ide sejatinya adalah hal yang wajar. Itu bisa terjadi karena tubuh dan pikiran lelah, kurang istirahat, stress hingga panik karena diburu-buru. Untuk mengatasi masalah stuck ide, caranya gampang sekali. Salah satunya mendatangi tempat-tempat yang bisa mendatangkan inspirasi yang kamu butuh. Apa saja itu? Scroll Down, ya.

1. Kamar Tidur

Kamar tidur memiliki suasana yang hening dan tenang sehingga cocok untuk meningkatkan konsentrasi. Kamu juga bebas bengong sepuasnya seperti saat di kamar mandi. Ingat, bengong itu asal usul munculnya ide! Seperti contoh, setiap menjelang waktu tidur, pasti kamu selalu dihantui dengan ide dan inspirasi yang tiba-tiba berdatangan. 

Apa kamu familiar dengan situasi tersebut? Jika iya, sebaiknya jangan lanjutkan tidur. Alangkah baiknya, kamu langsung bergegas untuk mencatat ide-ide tersebut agar tidak lupa. Menulisnya harus sambil duduk dan nyalakan lampu kamar ya, biar nggak kebablasan tidur!

2. Kamar Mandi

Selalu dikenal sebagai tempat yang jorok, kamar mandi menjadi salah satu tempat mencari ide dan inspirasi paling menarik. Memiliki suasana yang sepi dan nyaman, sehingga dianggap paling efektif untuk merenung memikirkan ide-ide yang out of the box. Selagi duduk di toilet, orang-orang kerap sambil main HP yang memakan waktu untuk kemudian menemukan ide-ide menarik. 

Selain itu, kamu juga bisa memicu munculnya ide-ide cemerlang dengan  berendam di bath up atau mandi dengan menggunakan shower, serasa otak dan tubuh saling bekerja sama satu sama lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

3. Coffee Shop

Duduk sendiri di sudut kafe yang ramai, sambil membuka laptop. Ditemani aroma hot cappuccino yang menusuk masuk ke hidung dan cemilan croissant yang manis menambah semangat kamu dalam menemukan suatu ide untuk mengerjakan tugas. Well, nggak hanya kamu aja lho yang menjadikan coffee shop sebagai tempat mencari inspirasi. 

Penulis terkenal J.K Rowling juga membuat novel Harry Potter di coffee shop untuk mendapatkan suatu ide dan inspirasi. Di coffee shop, kamu bisa mencari ide dan mengerjakan tugas dengan santai sambil menikmati minuman dan makanan favorit. Apalagi, sekarang, banyak yang menyediakan tempat charging dan Wi-Fi gratis. Wih, dijamin deh ide tulisan bakal ngalir terus layaknya air sungai!

4. Traveling

Kesulitan mendapat ide dan inspirasi? Mungkin kamu butuh refreshing seperti traveling! Ya, ini menjadi cara untuk mendapatkan inspirasi, di mana kamu perlu meluangkan waktu pergi ke suatu kota atau negara yang ingin dikunjungi. Untuk mendapatkan ide dan inspirasi, kamu bisa memilih suatu tempat yang bernuansa alam agar pikiran menjadi lebih rileks dan terbuka. 

Eits, cara ini juga bisa mengurangi stres yang menumpuk lho! Dijamin setelah melakukan traveling, pikiran jadi lebih jernih dan ide akan berdatangan kepadamu.

3 dari 3 halaman

5. Pantai

Pada dasarnya, untuk mendapatkan sebuah ide dan inspirasi, kamu harus berada di kondisi santai alias rileks. Nah, tempat terakhir yang bisa kamu kunjungi adalah pantai. Berada di bawah pohon kelapa yang ditemani hembusan angin sambil memandang birunya air laut, pastinya akan memudahkan kamu untuk mendapatkan ide dan inspirasi. 

Momen seperti inilah yang mampu menyegarkan pikiran dan merangsang daya imajinasi serta mendatangkan ide-ide baru. Well, sebagai tips, kamu bisa mencari lokasi pantai yang tidak banyak didatangi orang. Plus, bawa kopi biar nggak ngantuk karena terbawa suasana, ya!

 

Penulis: Ayra Sekar Putri

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS