Sukses

Kenali Tanda Kolesterol Tinggi yang Muncul di Kaki

Sebagian besar kasus kolesterol tinggi tidak menunjukkan gejala dan hanya terdeteksi ketika seseorang melakukan pemeriksaan rutin.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian besar kasus kolesterol tinggi tidak menunjukkan gejala dan hanya terdeteksi ketika seseorang melakukan pemeriksaan rutin.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), peningkatan kadar kolesterol meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke dan menyumbang sepertiga dari penyakit jantung iskemik, yang sangat memprihatinkan.

Kolesterol adalah zat lilin yang ditemukan dalam darah seseorang, yang diperlukan untuk membangun sel-sel sehat. Namun, nama buruk yang diperoleh kolesterol selama bertahun-tahun adalah karena hubungannya dengan peningkatan risiko penyakit jantung.

Di antara dua jenis kolesterol, Low-density lipoprotein (LDL) dan High-density lipoprotein (HDL) - LDL adalah kolesterol 'jahat' yang kelebihannya bisa membuat dinding arterimu menyempit, menghalangi darah untuk melewatinya dan mengalir melalui mereka.

Kolesterol tinggi memang tidak menunjukkan gejala, namun plak yang menumpuk di pembuluh darah bisa menimbulkan banyak penyakit lain yang bisa menimbulkan gejala yang mengkhawatirkan.

Timbunan lemak di pembuluh darah bisa mempersulit cukup darah untuk melewati dan mengalir melalui arteri. Ini juga disebut aterosklerosis.

Selain itu, terkadang, endapan ini bisa pecah dan membentuk gumpalan, yang kemudian bisa menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Melansir dari Times of India, Rabu (4/1/2023), menurut para ahli, penyempitan pembuluh darah dan penyumbatan bisa menyebabkan berkurangnya aliran darah ke tubuh bagian bawah, terutama kaki. Ini menyebabkan kondisi yang disebut penyakit arteri perifer atau PAD, yang bisa sangat menyakitkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tanda kolesterol tinggi di kaki

Dokter Joseph Ambani, dari Glowbar mengatakan bahwa kaki yang "dingin" atau "kram" bisa mengindikasikan kolesterol tinggi.

"Kolesterol tinggi bisa bermanifestasi di kaki. Misalnya, seseorang mungkin merasa kram saat bergerak, tapi merasa lega dengan istirahat," jelasnya kepada Express.co.uk.

"Mereka mungkin juga merasa kedinginan, apa pun musimnya. Tidak harus dengan kedua kaki. Jika Anda menyadarinya, saya sarankan segera mencari bantuan profesional," tambahnya.

3 dari 3 halaman

3 Tanda Kolesterol Tinggi yang Muncul di Mata

Kolesterol tinggi tidak hanya memengaruhi jantungmu, tapi juga bisa berdampak negatif pada matamu.

Menurut klinik Cleveland, salah satu cara paling umum kolesterol bisa mempengaruhi mata Anda adalah adanya xanthelasma, timbunan lemak kecil bewarna kekuningan di kulit di sekitar matamu. Paling sering terbentuk di kelopak mata.

“Kehadiran kolesterol jahat yang tinggi dalam darah Anda bisa menyebabkan masalah ketika mulai berkumpul di matamu,” kata ahli the Independent optician Care Optics.

Care Optics mengatakan bahwa ada tiga tanda utama yang menandakan kolesterol jahat menumpuk di matamu. Tanda-tandanya di antaranya:

Deposit putih, abu-abu dan kuning terbentuk di sekitar korneaPenglihatan kaburBenjolan kuning di sekitar mataPada awal tanda-tanda ini, para ahli merekomendasikan untuk segera menguji diri sendiri.

Lebih lanjut, Care Optics mengklaim bahwa tanda-tanda ini paling sering menyebabkan masalah mata yang lebih parah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.