Sukses

Mendominasi Sepanjang 2022, Ini 12 Prestasi BTS Tahun Lalu yang Bikin ARMY Bangga

Dari mulai Billboard hingga Gedung Putih, bagaimana BTS mendominasi dunia pada 2022?

Liputan6.com, Jakarta- Tahun 2022 adalah tahun yang mengejutkan baik bagi Army maupun BTS seraya BTS mengumumkan bahwa mereka akan mulai fokus pada jadwal individu. Selain itu, banyak rekor, pencapaian, momen, dan pengumuman dari BTS yang menjadi bukti bahwa mereka benar-benar superstar Kpop

Memecahkan rekor tangga lagu serta menyapu bersih setiap trophy di berbagai acara penghargaan. BTS juga menjadi trendsetter dan influencer bagi berbagai hal dan berbagai campaign. 2022 juga mencatat bahwa BS kembali meraih prestasi yang belum pernah dicapai oleh siapapun di industri musik global dengan Billboard Music Award-nya dan American Music Awards. Selain itu rekor box-office juga mereka sapu bersih tahun ini. 

Bahkan, setelah mereka mengumumkan untuk berpindah ke ‘chapter dua’, setiap anggotanya meraih rekor seperti yang BTS selalu dapatkan. RM, Jin, J-Hope, Suga, Jimin, V, dan Jung Kook semuanya memiliki momen-momen besar untuk dirayakan. Dari empat anggota yang memulai debut mereka di Hot 100 hingga momen festival dan kolaborasi yang diakui secara internasional, BTS berkembang pesat dalam skala global.

Meskipun 2023 BTS akan berbeda di industri musik, tidak dapat disangkal lagi bahwa 2022 merupakan tahun yang bersejarah bagi BTS. Sebelum beralih ke 2023, berikut beberapa prestasi dan pencapaian paling signifikan yang dilakukan BTS di industri musik global, Mengutip Billboard. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 13 halaman

1. Cetak Sejarah di IFPI

International Federation of the Phonographic Industry (organisasi yang mewakili industri rekaman di seluruh dunia) mengumumkan bahwa BTS telah mendapatkan penghargaan artis rekaman global tahun ini untuk tahun 2021.

Grup K-pop ini menjadi grup pertama yang memenangkan penghargaan tersebut selama dua tahun berturut-turut.

Menurut IFPI, penghargaan ini adalah "puncak dari kinerja artis atau grup di seluruh dunia di seluruh format musik digital dan fisik, termasuk streaming dan vinil, dan mencakup seluruh diskografi mereka."

3 dari 13 halaman

2. Cetak Sejarah di Billboard Music Awards

Dengan tiga piala di Billboard Music Awards 2022, BTS mencetak lebih banyak dari grup atau duo lainnya tahun ini. Ditambah lagi, dengan kemenangan ketiga mereka sebagai duo/grup teratas, BTS menyamai One Direction untuk kemenangan terbanyak yang pernah ada dalam kategori ini.

4 dari 13 halaman

3. Mengunjungi Gedung Putih

Selama konferensi pers dan kunjungan ke Gedung Putih pada 31 Mei dengan Presiden Joe Biden, BTS membahas peningkatan kasus kekerasan rasial anti-Asia di Amerika dan dunia. Dalam perayaan hari terakhir Bulan Warisan AANHPI, BTS berangkat ke Washington, D.C., untuk memberikan pidato mereka tentang kekerasan rasial. 

Presiden Biden mengundang BTS dan mengakui pengaruh BTS sebagai ikon abad ke-21. 

"Orang-orang sangat peduli dengan apa yang kalian katakan, dan apa yang kalian lakukan itu baik untuk semua orang," ungkap Biden.

 "Ini bukan hanya bakat hebat Anda; ini adalah pesan yang Anda komunikasikan. Itu penting."

5 dari 13 halaman

4. Cetak Sejarah di Konser Las Vegas

Hanya dengan empat pertunjukan sebagai Permission to Dance On Stage - Las Vegas BTS di bulan April, grup ini mendapatkan pendapatan kotor terbesar dalam karier mereka. Pertunjukan pada 8, 9, 15, dan 16 April mengalahkan semua tur lainnya sepanjang bulan April, secara kolektif menghasilkan $35,9 juta dan menjual hampir 200.000 tiket, menurut angka yang dilaporkan ke Billboard Boxscore.

Billboard juga mencatat bagaimana "BTS mencetak rekor Boxscore lainnya dengan memainkan pertunjukan paling sedikit - empat, tepatnya - untuk tur No. 1 sejak tangga lagu bulanan diluncurkan pada 2019."

6 dari 13 halaman

5. 3 Nominasi Grammy

Dengan penampilan terbaik mereka, BTS meraih tiga nominasi Grammy pada bulan November untuk acara 2023 mendatang. Grup ini tidak hanya mendapatkan nominasi ketiga mereka untuk penampilan duo/grup pop terbaik untuk "My Universe" bersama Coldplay, tetapi juga mendapatkan nominasi pertama mereka dalam kategori video musik terbaik untuk "Yet to Come."

BTS juga mencetak nominasi pertama mereka dalam salah satu kategori Empat Besar: album of the year sebagai artis unggulan di Music of the Spheres milik Coldplay.

7 dari 13 halaman

6. Membuat Sejarah di AMAs

Ketika BTS memenangkan duo atau grup pop favorit untuk keempat kalinya di American Music Awards 2022, kemenangan tersebut menjadikan mereka sebagai grup yang paling banyak mendapatkan penghargaan dalam kategori tersebut, dan telah menjadi bagian dari sejarah AMAs sejak dimulainya pada tahun 1974. 

Sebelum kemenangan ini, BTS bersama dengan Daryl Hall & John Oates, Aerosmith, Black Eyed Peas, dan One Direction memiliki total tiga kemenangan di kategori tersebut.

8 dari 13 halaman

7. Keenam Kali di Billboard 200 dengan Debut Proof

Proof merupakan album tiga CD dari BTS yang terbaru dalam karier mereka selama sembilan tahun terakhir. Dirilis pada 10 Juni, album tersebut debut di puncak chart dan bertahan lebih dari empat minggu berturut-turut. 

Selain tangga album, Proof juga menduduki puncak chart World Albums dan menempati posisi kelima di chart Top Album Sales dan Top Current Album Sales; serta posisi ke-11 di chart Tastemaker Albums dan Canadian Albums.

9 dari 13 halaman

8. Karier Individu J-Hope

HOBIPALOOZA adalah kata kunci untuk Lollapalooza 2022. Bergabungnya J-Hope dalam festival Chicago ini menjadikannya artis Korea pertama yang menjadi headline festival musik besar di AS. J-Hope juga membuat tiket lollapalooza ludes terjual di hari ia tampil. 

10 dari 13 halaman

9. Karier Individu Jungkook

Anggota termuda BTS ini membuat Korea Selatan bangga dengan membawakan single soundtrack resmi Piala Dunia FIFA Qatar 2022 "Dreamers" di acara kickoff. Bekerja sama dengan penyanyi Qatar Fahad Al Kubaisi, lagu ini menjadi perhatian dunia dan mencapai puncaknya di No. 9 di Billboard Global 200 sejauh ini.

Selain itu, Jungkook juga telah berkolabirasi bersama Charlie Puth dalam lagu "Left and Right". Setelah mencapai No. 22 di Hot 100 dan No. 28 di Radio Songs, JK memiliki hit top 40 bersertifikat miliknya sendiri.

11 dari 13 halaman

10. Debut Solo Memukau Jin

Debut solo Jin BTS sebelum wamil menjadi perhatian. Ia tidak hanya bekerja sama dengan Coldplay untuk membantu memproduksi dan menulis "The Astronaut," tetapi dia juga debut langsung selama tur Music of the Spheres Coldplay di stadion River Plate Buenos Aires. Pertunjukan di Argentina disiarkan secara langsung di 3.5000 bioskop di lebih dari 80 negara.

12 dari 13 halaman

11. Karier Individu Namjoon

Menyusul perilisan CD Indigo milik RM pada pertengahan Desember, leader BTS ini mencetak rekor baru untuk artis solo Korea. Dengan posisi No. 3 di Billboard 200, Indigo menjadikan RM sebagai solois K-pop dengan chart tertinggi yang pernah ada di chart tersebut dan satu-satunya yang mencapai 5 besar penghitungan. Bintang ini meraih prestasi dengan 83.000 unit album setara yang diperoleh pada minggu terakhir di 22 Desember.

13 dari 13 halaman

12. Suga x PSY That That

Sebagai salah satu produser musik Global, PSY dan Suga berkolaborasi bersama untuk debut PSY setelah sekian lama. Tidak hanya itu, Rapper BTS ini juga turut serta dalam pembuatan musiknya, Suga juga tampil di konser PSY di Korea. Single That That juga masuk ke dalam BIllboard Hot 100 untuk pertama kalinya setelah PSY istirahat. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.