Sukses

8 Tes Medis Ini Penting Kamu Lakukan Sebelum Memutuskan untuk Menikah

Sering kali, pasangan Anda bahkan mungkin tidak mengetahui beberapa hal tentang diri mereka sendiri secara medis dan ini dapat menyebabkan masalah dalam pernikahan nantinya.

Liputan6.com, Jakarta - Bertemu dengan seseorang yang Anda inginkan untuk menghabiskan sisa hidup Anda adalah perasaan yang membahagiakan.

Tetapi sebelum Anda berkomitmen untuk menikah dengannya, Anda pastinya ingin memastikan bahwa tidak ada sesuatu pun di sepanjang jalan yang akan merusak hubungan kalian.

Itulah sebabnya mengapa sangat disarankan dan sangat penting bagi Anda untuk melakukan beberapa tes medis sebelum mengucapkan janji pernikahan.

Mengetahui kondisi medis pasangan Anda sebelum menikahi mereka sangat penting untuk mencegah kejutan yang tidak menyenangkan.

Sering kali, pasangan Anda bahkan mungkin tidak mengetahui beberapa hal tentang diri mereka sendiri secara medis dan ini dapat menyebabkan masalah dalam pernikahan nantinya. Itulah mengapa ada beberapa tes medis yang penting untuk dilakukan sebelum menikah.

Untuk menghindari masalah dalam pernikahan, Anda harus berusaha untuk melakukan beberapa tes medis.

Berikut adalah sederet tes medis yang sangat penting dilakukan sebelum menikah, seperti melansir Health Guide, Kamis (29/12/2022):

 

1. Tes Genotipe

Genotipe adalah konstitusi genetik setiap individu. Konstitusi genetik sendiri adalah gen yang kita warisi dari kedua orang tua kandung, sebagian dari ayah dan sebagian dari ibu.

Ada tiga genotipe; AA, AS, dan SS. Genotipe terdiri dari gen hemoglobin yang berbeda yang kita warisi dari kedua orangtua kita. Tes ini akan mengetahui apakah salah satu atau kedua pasangannya adalah sickler (SS), pembawa sifat sel sabit (AS) atau apakah genotipe mereka normal (AA).

Mengetahui genotipe pasangan Anda, dan juga genotipe Anda, sangatlah penting, terutama jika Anda berharap untuk memiliki anak yang sehat dalam pernikahan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Golongan Darah hingga Tes HIV

2. Golongan Darah dan Tes Rhesus

Penting juga bagi Anda berdua untuk mengetahui golongan darah Anda. Orang dengan golongan darah yang sama dapat saling mendonorkan darah dalam keadaan darurat. Golongan darah adalah A, B, AB, atau O.

Ada juga faktor Rhesus. Seseorang bisa menjadi Rhesus positif atau negatif. Mengetahui faktor Rhesus Anda juga penting untuk mencegah penyakit hemolitik yang dapat mempengaruhi anak Anda yang baru lahir.

3. Tes Kesuburan

Jika Anda adalah seseorang yang mencintai anak-anak dan ingin memiliki banyak anak yang berlarian di sekitar rumah Anda suatu hari nanti, sangat penting bagi Anda untuk melakukan tes kesuburan sebelum Anda menikah.

Tes ini juga dilakukan pada pria (analisis mani) dan wanita (pemindaian USG panggul). Mengetahui keadaan Anda akan mencegah banyak masalah dalam pernikahan.

4. Tes HIV

Melakukan tes HIV juga merupakan sesuatu yang penting yang harus Anda lakukan. Karena HIV dapat tertular melalui berbagai cara, maka tidak cukup bagi Anda untuk memastikan sendiri apakah Anda mengidap virus tersebut atau tidak.

Mengetahui bahwa Anda dan pasangan Anda bebas HIV adalah sesuatu yang akan memberi ketenangan pikiran saat mempersiapkan diri untuk menikah. 

3 dari 4 halaman

Tes Penyakit Menular Seksual Lainnya hingga Kesehatan Mental

5. Tes Penyakit Menular Seksual Lainnya

Ada infeksi menular seksual lainnya yang perlu Anda tes sebelum membuat rencana pernikahan yang tepat. Sementara beberapa penyakit dapat diobati, beberapa, seperti herpes, bisa jadi tidak dapat diobati dan bertahan untuk waktu yang sangat lama.

Infeksi seperti genore, jika tidak ditangani dengan segera dapat tumbuh di luar kendali dan menyebabkan kemandulan pada wanita. Jadi, yang terbaik adalah selalu melakukan tes terlebih dahulu.

6. Kondisi Medis Kronis

Kondisi medis kronis adalah penyakit atau penyakit yang bisa dihadapi seseorang untuk waktu yang sangat lama. Ini termasuk kondisi seperti Hepatitis B dan C, diabetes, penyakit ginjal, tekanan darah tinggi, dan sebagainya.

Dengan melakukan tes untuk kondisi-kondisi tersebut, Anda dapat membuat rencana untuk mengakomodasi kondisi Anda selama pernikahan. Hal ini juga akan membuat pasangan Anda lebih memahami dan mendukung.

7. Status Kesehatan Mental

Sama pentingnya bagi pasangan untuk menjalani penilaian status kesehatan mental sebelum menikah. Gangguan mental seperti Obsessive Compulsive Disorder (OCD), skizofrenia, gangguan bipolar, dan beberapa gangguan perkembangan saraf lainnya dapat ditelusuri dengan tes status kesehatan mental.

Selain itu, beberapa gangguan mental bersifat turun-temurun, dan dapat diturunkan kepada anak-anak. 

4 dari 4 halaman

Tes Thalassaemia

8. Tes Thalassaemia

Thalassaemia adalah kelainan darah turunan yang menyebabkan tubuh memiliki hemoglobin lebih sedikit dari biasanya. Hemoglobin adalah protein yang ada dalam sel darah merah yang memungkinkan sel darah merah membawa oksigen.

Thalassemia dapat menyebabkan anemia dan kelelahan. Thalassemia diturunkan dari orang tua ke anak-anak melalui gen hemoglobin yang bermutasi, dan umum di antara orang Afrika-Amerika.

Tes darah sederhana untuk thalassaemia sebelum menikah akan memungkinkan pasangan yang berniat untuk menentukan apakah mereka pembawa atau bukan. Jika keduanya bukan pembawa, tidak akan ada masalah.

Tetapi jika keduanya adalah pembawa sifat, mereka dapat memutuskan untuk tidak memiliki anak, atau melakukan tes yang disebut amniosentesis.

Jadi, dalam 12 minggu pertama kehamilan untuk mendeteksi apakah anak tersebut terpengaruh atau tidak.

Selain itu, mereka dapat menjalani diagnosis teknologi reproduksi berbantuan, yang menyaring embrio pada tahap awal untuk mutasi genetik bersama dengan fertilisasi in vitro.

Prosedur ini dapat memungkinkan orang tua yang menderita thalassemia atau yang merupakan pembawa gen hemoglobin yang cacat untuk memiliki bayi yang sehat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.