Sukses

Liverpool Resmi Datangkan Cody Gakpo sebagai Hadiah Natal dan Tahun Baru 2023

Liverpool Resmi Datangkan Cody Gakpo Sebagai Hadiah Natal dan Tahun Baru 2023.

Liputan6.com, Jakarta- Tim sepakbola asal Merseyside, Liverpool, resmi mempresentasikan rekrutan teranyarnya yakni Cody Mathès Gakpo sebagai hadiah natal 2022 sekaligus tahun baru 2023 usai menikung dari Manchester United dalam perburuan tanda tangan pemain berpaspor Belanda tersebut.

Liverpool diketahui mendatangkan Cody Gakpo dengan menelan biaya awal sebesar £40 juta (Rp757 milyar). Bahkan nilai tersebut bisa naik pada Juli 2023 menjadi £50 juta atau sekitar hampir satu triliun.

Pemain yang bersinar di Piala Dunia 2022 bersama Belanda tersebut telah menandatangani kontrak berdurasi jangka panjang selama 5,5 tahun di Anfield Stadium.

Cody Gakpo sendiri senter akan berlabuh ke Old Trafford sebelum Liverpool menikungnya. Bukan tanpa alasan, pelatih MU Erik ten Hag tengah mencari striker dan juga satu agen sama Cody Gakpo yaitu Sports Entertainment Group (SEG).

Sayangnya, MU Kalah cepat dengan Liverpool karena mereka cuma membutuhkan beberapa hari saja untuk sepakat dengan PSV Eindhoven dalam mempengaruh nilai pasar pemain tersebut setelah gelaran Piala Dunia 2022.

“Saya pikir ini adalah klub yang hebat bagi saya untuk datang dan mencoba menunjukkan apa yang dapat saya lakukan dan mencoba membantu tim untuk mencapai momen yang lebih indah yang telah mereka lakukan dalam beberapa tahun terakhir. Saya pikir bagi saya pribadi juga bagus untuk berkembang di sini dan ada banyak pemain hebat di sini yang dapat saya pelajari banyak hal darinya,” kata Cody Gakpo, dikutip dari The Guardian, Kamis (29/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jurgen Klopp Menilai Cody Gakpo Pemain Terbaik di Liga Belanda

Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp menilai Cody Gakpo merupakan pemain berbakat dan berpengalaman hingga yang terbaik di Liga Belanda. Selama bela PSV Eindhoven, pemain berusia 23 tahun itu sebelum jeda Piala Dunia 2022 memegang top skor sementara Eredivisi dengan menorehkan sembilan gol dalam 12 pertandingan. Bahkan dia juga sebagai kapten PSV Eindhoven.

“Ada banyak hal yang disukai tentang Cody. Umurnya masih 23 tahun tapi sudah punya banyak pengalaman. Dia adalah kapten PSV, dia adalah pemain terbaik di Belanda musim lalu dan, seperti yang baru saja dilihat banyak orang, dia juga menjalani Piala Dunia yang hebat bersama tim nasionalnya,” ujar Jurgen Klopp.

“Jadi, jelas bahwa dia sudah menjadi pemain yang sangat, sangat bagus, tetapi usianya juga berarti dia juga memiliki potensi untuk menjadi lebih baik lagi,” ujarnya lagi.

3 dari 4 halaman

Jurgen Klopp Puji Direktur Olahraga karena Dapat Selesaikan Transfer Cody Gakpo Hanya Tiga Hari

Beberapa waktu yang lalu Cody Gakpo telah menarik minat pelatih Liverpool, Jürgen Klopp tetapi Gakpo bukanlah prioritas bagi Liverpool. Pasalnya mereka telah rekrutan termahal pada transfer musim panas 2022 lalu untuk memboyong Darwin Nunez dari Benfica senilai total £100 juta termasuk bonus pemain dan Benfica plus Fabio Carvalho dari Fulham.

Selanjutnya, kabar tersebut membuat Jürgen Klopp senang dan bahagia karena menjadi senjata tambahan melakoni laga di musim ini. Selain itu, Jürgen Klopp memuji Julian Ward selaku direktur olahraga untuk menyelesaikan kesepakatan pada Boxing Day setelah tiga hari berturut-turut bernegosiasi dengan mitra PSV-nya, Marcel Brands.

Ward meninggalkan klub Anfield pada akhir musim tetapi, mengerjakan transfer bersama kepala perekrutan, Dave Fallows, dan kepala pramuka, Barry Hunter, bisnis Liverpool terus berlanjut tanpa gangguan.

“Ini benar-benar berita bagus bagi kami bahwa kami telah mampu melakukannya dan saya harus mengatakan itu adalah pekerjaan yang fantastis oleh semua orang yang terlibat, terutama Julian [Ward],” ujar Klopp.

Dia menambahkan, “Pekerjaan yang telah dilakukan untuk ini sangat mengesankan dan pada akhirnya kami telah berhasil merekrut pemain yang sudah kami kenal cukup lama dan yang kami yakini akan memiliki masa depan yang sangat cerah bersama kami.”

4 dari 4 halaman

Kapan Cody Gakpo Bisa Jalani Debut Bersama Liverpool?

Tersingkirnya Belanda dari Piala Dunia, Cody Gakpo telah berlatih bersama PSV Eindhoven sekaligus perpisahan dengan klub tersebut. Lalu, Gakpo bersama perwakilannya mengurus visa dan izin kerja selama membela Liverpool hingga mengurus berkas syarat-syarat sebelum pertandingan.

Liverpool akan menghadapi Brentford pada Selasa, 3 Januari 2023 bahkan Gakpo bisa menjadi bagian pertandingan tersebut untuk melakoni debut pertamanya.

Namun, dengan catatan, semua berkas Gakpo telah disetujui oleh pihak FA dan Premier League. Jika tidak diterima, maka dipastikan dia menjalani debut di Anfield Stadium melawan Wolves di Piala FA, pada Minggu, 8 Januari 2023 pukul 03.00 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.