Sukses

Ini Loh Alasan Mengapa Pria Alami Ereksi di Pagi Hari

Apakah normal pria ketika di pagi hari mengalami ereksi? simak penjelasan ilmiahnya.

Liputan6.com, Jakarta Setiap pria pasti pernah mengalami hal yang serupai, yakni ereksi di pagi hari. Pernahkah kalian bertanya mengapa hal ini bisa terjadi?

Melansir dari WEBmd, ereksi di pagi hari dalam bahasa slangnya dinamai 'morning wood' di mana kondisi tumescence penis nokturnal. Ini terjadi ketika seseorang dengan penis mengalami ereksi di tengah malam atau dini hari saat mereka sedang tidur. 

Sebenarnya hal tersebut diakibatkan oleh sistem saraf parasimpatis di tubuh pria. Bagian dari sistem saraf ini mengontrol banyak hal yang terjadi dalam tubuh Anda tanpa Anda harus memikirkannya, seperti pencernaan, buang air kecil, dan gairah seksual.

Saraf ini juga mengatur detak jantung Anda setelah Anda mengalami reaksi fight-or-flight terhadap stimulus yang menakutkan. 

Sistem ini aktif saat Anda tidur, terutama dalam fase bermimpi. Sebenarnya ketika di fase ini ereksi tidak hanya sekali terjadi, kemungkinan berkali-kali. Namun Anda tersadar ketika bangun di pagi hari saja. 

Hal ini  dapat menyebabkan perubahan hormon selama tidur yang memberi sinyal pada tubuh Anda untuk mengirim darah ke penis Anda, yang membuat penis Anda tegang di pagi hari. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menurut Ahli

Para ahli percaya bahwa saraf sakral (sacral nerve) mungkin berperan. Ketika kandung kemih Anda penuh, kandung kemih dapat menekan saraf ini, yang mengarah ke aktivasi sistem saraf parasimpatis dan ereksi.

Anda biasanya bisa mendapatkan ereksi ketika Anda berpikir tentang sesuatu yang seksual. Namun, Anda juga bisa mendapatkan ereksi secara acak, terutama ketika Anda mengalami pubertas.

Kadang-kadang ereksi malam hari juga dapat disebabkan oleh gerakan dalam tidur Anda yang sengaja merangsang penis Anda.

3 dari 4 halaman

Apakah Normal Ketika Mendapatkan Ereksi di Pagi Hari?

Siapapun yang memiliki penis, dari segala usia, bisa mendapatkan ereksi saat tidur. 

Ereksi saat tidur adalah hal yang sangat normal. Anda mungkin mengalami hingga lima kali ereksi setiap malam saat Anda tidur.

Satu studi menunjukkan bahwa Anda cenderung tidak mendapatkan morning wood atau ereksi di pagi hari saat tidur seiring dengan bertambahnya usia Anda.

4 dari 4 halaman

Ereksi di Pagi Hari Berbeda dengan Mimpi Basah

Morning wood adalah tindakan ereksi saat Anda sedang tidur. Mimpi basah, juga disebut emisi nokturnal, adalah ketika Anda mengalami orgasme saat tidur.

Beberapa ahli percaya bahwa emisi nokturnal terjadi jika Anda sudah ereksi dan mengalami mimpi seksual.

Cara Mengatasi Morning Wood atau Mimpi Basah

Anda mungkin merasa ereksi dan emisi malam hari memalukan. Anda mungkin mencoba untuk mencegahnya, tetapi tidak ada cara untuk melakukan ini. Mereka sangat normal.

Jika Anda mengalami mimpi basah, Anda mungkin perlu membersihkan diri atau mengganti seprai Anda. Jika Anda hanya mengalami ereksi malam hari, itu akan hilang tak lama setelah Anda bangun.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.