Sukses

5 Kebiasaan Minum Kopi Ini Dikatakan Bisa Memperpendek Umur

Berikut lima kebiasaan minum kopi yang mungkin dapat memperpendek umur.

Liputan6.com, Jakarta - Mari kita mulai dengan kabar baiknya bahwa ternyata terdapat banyak manfaat kesehatan dari minum kopi secara teratur. Kopi sebenarnya dapat melakukan keajaiban bagi tubuh kalian dan bahkan dapat membantu kalian dalam menurunkan berat badan.

Kopi juga telah diketahui dapat membantu meningkatkan kesehatan otak dan memberi kalian dorongan energi saat kalian membutuhkannya. Bahkan telah ditemukan kopi berpotensi membantu mengurangi risiko hal-hal seperti penyakit jantung dan diabetes.

Meskipun kopi dapat memberikan beberapa manfaat yang baik bagi tubuh, namun kopi juga bukan untuk semua orang. Jika Anda memiliki gangguan pada lambung atau masalah usus lainnya, memiliki kecemasan yang konsisten, sedang hamil atau menyusui, kopi mungkin bukan untuk kalian.

Bagi mereka yang ingin minum kopi secara teratur, penting untuk diketahui bahwa jika kalian tidak berhati-hati dengan kebiasaan minum kopi, itu mungkin berbahaya bagi kesehatan kalian.

Kebiasaan minum kopi mencakup hal-hal seperti berapa banyak yang kalian konsumsi, kapan meminumnya, jenis apa yang kalian minum, dan apa yang kalian tambahkan ke cangkir.

Efeknya akan menyebabkan hal buruk dalam hidup kalian karena akan memberikan penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Mengutip laman Eat This Not That, Senin (19/12/2022) berikut lima kebiasaan minum kopi yang mungkin dapat memperpendek umur:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Minum Terlalu Banyak

Yang satu ini mungkin sudah jelas, tetapi ini adalah kebiasaan minum kopi yang perlu diperhatikan. Satu studi sebelumnya yang melakukan penelitian terhadap 40.000 orang dewasa memperhatikan bahwa minum lebih dari empat cangkir kopi sehari dapat memiliki efek negatif pada umur seseorang.

Namun, para ilmuwan yang menulis penelitian ini memang mencatat bahwa minum 28 cangkir seminggu tidak masalah, tetapi minum lebih dari itu dapat mengakibatkan konsekuensi negatif dalam hal umur panjang.

3 dari 5 halaman

2. Memasukan Banyak Gula

Pernahkah kalian benar-benar melihat informasi nutrisi untuk pesanan kopi kalian? Jika memesan caramel latte ukuran besar di kedai kopi favorit kalian, kemungkinan kalian mengonsumsi setidaknya 30 gram gula sekaligus.

Dan terkadang lebih banyak di tempat-tempat coffee shop lainnya, tergantung pada bagaimana kalian menyesuaikan pesanan Anda. Penelitian telah menunjukkan bahwa makan terlalu banyak gula dapat menyebabkan kematian dini. Dan tidak, itu bukan karena obesitas atau penambahan berat badan. Melainkan, fakta bahwa gula dapat menyebabkan dehidrasi yang dapat menjadi gejala gula darah tinggi dan jika dibiarkan dapat meningkatkan risiko diabetes.

Daripada memesan latte manis, mengapa tidak meminta latte biasa dengan sedikit caramel swirl di atasnya? kalian dapat mencampurkan karamel dan masih mendapatkan rasa yang sama enaknya, tetapi dengan gula yang jauh lebih sedikit.

4 dari 5 halaman

3. Menambahkan Terlalu Banyak Krimer

Mirip dengan kasus pada latte manis, jika kalian tidak berhati-hati dengan krimer kalian, kopi yang bahkan kalian buat di rumah juga akan tenggelam dalam gula.

Memilih untuk menggunakan setengah-setengah, atau sedikit susu atau bahkan susu almond akan menjadi pilihan yang lebih baik daripada krimer kopi manis. Namun, jika kalian lebih suka rasa kopi yang lebih manis, cukup berhati-hati saat mengukur jumlah krimer yang kalian masukkan ke dalam cangkir kalian.

5 dari 5 halaman

4. Kopi Tanpa Kafein

Tampaknya agak berlawanan dengan logika, bukan? Tapi itu benar! Satu studi yang diterbitkan oleh jurnal Longevity & Healthspan mengatakan bahwa kafein sebenarnya dapat membantu memperpanjang masa hidup, meningkatkan kesehatan dan menunda penyakit terkait usia seperti Alzheimer.

Itu karena kafein dapat membantu pembatasan diet dan mengurangi sinyal insulin. Berhati-hatilah dengan seberapa banyak kafein yang Anda konsumsi. Menurut studi Advances in Psychiatric Treatment "Neuropsychiatric Effects of Caffeine," mengonsumsi lebih dari 1.000 miligram kafein sehari dilaporkan dapat menyebabkan efek negatif pada tubuh termasuk peningkatan kecemasan, insomnia dan masalah pencernaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.