Sukses

4 Bahasa Buatan dalam Film dan Serial yang Bisa Dipelajari, Ada Bahasa Avatar

Di film dan serial, terdapat bahasa buatan yang ternyata bisa dipelajari seperti bahasa asli.

Liputan6.com, Jakarta Demam Avatar kembali merabah penduduk dunia menyusul perilisan sekuelnya berjudul Avatar: The Way of Water pada 14 Desember 2022 lalu.

Kembali disutradarai James Cameron dan dibintangi Sam Worthington serta Zoe SaldanaAvatar: The Way of Water membawa para penggemar menelusuri sisi kehidupan Pandora lainnya.

Kali ini kehidupan Jake Sully, Neytiri, dan keluarganya berfokus di kehidupan suku pinggir laut bernama Metkayina. Banyak penonton yang merasa takjub melihat bagaimana kebudayaan suku tersebut terlihat sangat nyata.

Selain itu ada juga yang mengaku takjub dengan bahasa fiksi yang digunakan Na'vi. Namun tahukah kalian kalau bahasa Na'vi tersebut bersifat fungsional, sehingga dapat digunakan di kehidupan nyata dan dapat dipelajari.

1. Bahasa Na'vi

Dilansir CBC pada Senin (26/12), bahasa Na'vi diciptakan khusus pertama kali untuk naskah film Avatar (2009) oleh ahli linguistik dari Universitas California Selatan, Dr. Paul Frommer. Pada awalnya bahasa Na'vi hanya memiliki 1000 kata, namun kemudian dikembangkan menjadi 2.600 kata lengkap dengan sistem gramarnya.

Bahkan banyak orang di seluruh dunia yang ikut mempelajari bahasa Na'vi. Untuk merespons tersebut, Dr. Paul Frommer membuat blog bernama Na'viteri.org dan terdapat juga komunitas Learn Na'vi.

Bahasa Na'vi ini juga menjadi bagian dari proses casting para aktor. Saat syuting, Dr. Paul Frommer ikut terlibat langsung untuk membantu para aktor memahami dialog bahasa Naʼvi, termasuk tentang pengucapan, tekanan, dan intonasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Bahasa Klingon

Selanjutnya ada bahasa Klingon dari waralaba sains-fiksi terkenal, Star Trek. Bahasa ini digunakan oleh alien dari ras Klingon. Sama seperti bahasa Navi, bahasa Klingon juga bisa dipelajari dan digunakan di kehidupan sehari-hari. 

Bahasa ini pertama kali terdengar di Star Trek: The Motion Picture (1979), namun saat itu masih bahasa asal-asalan. Untuk Star Trek III: The Search for Spock (1984), barulah bahasa Klingon mulai terstruktur dengan bantuan ahli bahasa Marc Okrand.

Bahasa Klingon beserta budayanya semakin tereksplor saat pembuatan Star Trek: The Next Generation (1987), yang mana salah satu tokoh utamanya adalah alien dari ras Klingon.

Pengucapan, tata bahasa dan kosa kata bahasa Klingon dapat dipelajari dari buku The Klingon Dictionary

Sampai saat ini, bahasa Klingon bisa disebut sebagai bahasa buatan paling terkenal. Seperti muncul di serial Frasier, The Big Bang Theory, dan The Simpsons.

Lalu terdapat beberapa karya sastra terkenal yang diterjemahkan ke bahasa Klingon, seperti novel the Little Prince dan naskah drama Hamlet. 

3 dari 4 halaman

3. Bahasa Dothraki

Bahasa Dothraki muncul dalam serial terkenal Game of Thrones (2011-2019) yang diadaptasi dari waralaba novel A Song of Ice and Fire karya George R. R. Martin. Bahasa ini digunakan oleh suku Dothraki.

Bahasa Dothraki diciptakan oleh ahli pembuat bahasa David J. Peterson, yang juga terlibat dalam bahasa buatan di serial The 100 (2014-2020) dan film Thor: The Dark World (2013).

Peterson terlibat setelah terpilih sebagai pemenang dalam kontes yang dibuat produser D.B Weiss dan David Benioff bersama Language Creation Society. Peterson pun dipercaya mengembangkan bahasa Dothraki ini.

Peterseon juga membuat buku Living Language Dothraki: A Conversational Language Course Based on the Hit Original HBO Series Game of Thrones (Living Language Courses) yang berisikan cukup kosakata dan tata bahasa yang cukup untuk melakukan percakapan lengkap di bahasa Dothraki.

Peterson dan perkembangan bahasa Dothraki-nya ditampilkan pada episode CNN The Next List (2012) dan To Tell the Truth (2017).

4 dari 4 halaman

4. Bahasa High Valyrian

Masih dari dunia fiksi ciptaan George R. R. Martin, kali ini tentang bahasa High Valyrian yang digunakan oleh keluarga Targaryen. Bahasa ini juga diciptakan oleh David J. Peterson.

Pada awal Juni 2013, terdapat 667 kata High Valyrian, yang kemudian semakin dikembangkan khusus untuk serial House of the Dragon.

Sejak 2019, Peterson telah mendokumentasikan bahasa-bahasa Valyria (bersama dengan bahasa buatanya lainnya) dalam repositori bergaya Wiktionary di situs web The Languages ​​of David J. Peterson, dengan bantuan beberapa kurator.

Oleh koran The Economist, bahasa Dothraki dan Valyrian disebut sebagai bahasa fiksi paling meyakinkan sejak bahasa Peri yang dibuat penulis Lord of the Rings,  J. R. R. Tolkien.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.