Sukses

Ternyata Baik untuk Tubuh, Ini 4 Fakta Menarik Keringat bagi Kesehatan

Jangan anggap enteng, ternyata keringat juga memiliki fakta-fakta menarik bagi tubuh Anda. Simak artikelnya!

Liputan6.com, Jakarta Bagi kebanyakan orang, berkeringat mungkin hal yang menjengkelkan, apalagi jika terjadi di tengah aktivitas yang padat. Namun, kenyataannya keringat pun penting bagi tubuh dan kesehatan kita. 

Menurut seorang dokter kulit dan pendiri Skin Wellness Dermatology di Birmingham, Alabama, Corey L. Hartman, dikutip dari Realsimple, pada Sabtu (24/12/2022), berkeringat atau keringat adalah fungsi tubuh alami yang membantu mengatur suhu tubuh Anda.

Meskipun kemampuan untuk menjaga suhu tubuh Anda sangat mengesankan, itu bukan satu-satunya manfaat keringat yang alami dan sehat. Berikut adalah empat fakta lain yang didukung penelitian agar cairan alami dalam tubuh ini dapat bermanfaat bagi Anda.

1. Banyak berkeringat berarti Anda bugar

Jika Anda sedang berolahraga dan keringat Anda lebih banyak, jenis keringat itu adalah tanda hiperhidrosis. "Atlet yang aktif biasanya berkeringat lebih cepat dan lebih banyak daripada orang yang tidak aktif dan lebih banyak daripada yang dimiliki atlet sebelum memulai pelatihan," jelas Hartman.

"Itu karena tubuh atletis belajar bahwa ketika individu ini aktif, mereka benar-benar aktif dan yang terbaik adalah memulai strategi cooldown terlebih dahulu." tambahnya.

Sebuah studi menunjukkan bahwa ketika para peneliti mengevaluasi sekelompok pelari jarak jauh bersama dengan orang-orang yang tidak banyak bergerak dengan meminta mereka terlibat dalam sesi bersepeda, para pelari dalam kelompok itu tidak hanya menjadi lebih cepat berkeringat, tetapi mereka juga mengaktifkan lebih banyak kelenjar keringat, menghasilkan curahan yang lebih banyak daripada mereka yang tidak aktif.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Berkeringat Baik untuk Kulit Anda

Dr. Hartman mengungkapkan bahwa keringat diketahui dapat mendinginkan kulit, membawa racun ke permukaan (sebagian tetapi tidak semua, karena detoksifikasi adalah tugas ginjal Anda), dan membuat kulit glowing. 

Kulit bercahaya itu disebabkan oleh fakta bahwa tetesan air yang merembes dari pori-pori Anda bertindak sebagai pelembab alami. Penelitian menunjukkan bahwa berkeringat dapat meningkatkan dan menjaga hidrasi kulit, mencegah beberapa penyakit kulit inflamasi.

Tak hanya itu, keringat mengandung sisa-sisa urea, yang dikenal sebagai humektan (zat yang menahan atau mempertahankan kelembapan). Terlepas dari manfaatnya, membiarkan kulit basah kuyup dalam waktu lama bisa berdampak buruk.

"Membiarkan keringat berlebih berdiam diri di kulit, ditambah di pakaian berkeringat, dapat menyebabkan jerawat, mendorong infeksi, dan memperburuk folikulitis atau pembengkakan folikel rambut," kata Dr. Hartman.

“Bakteri kulit menyukai lingkungan yang hangat dan basah, dan tumbuh subur saat kulit Anda panas dan basah. Bakteri ini kemudian menumpuk di folikel rambut dan dapat menyebabkan benjolan nanah dan peradangan yang dapat menimbulkan rasa gatal, iritasi, dan menyebabkan hiperpigmentasi jika tidak ditangani secara agresif," tambahnya.

3 dari 4 halaman

3. Keringat Membuat Anda Bahagia

Saat Anda kepanasan, jantung Anda meningkatkan kecepatan pemompaannya. "Darah panas dari bagian dalam dapat mengalir melewati pembuluh darah di dekat kulit, didinginkan oleh keringat, dan kemudian berputar kembali untuk mendinginkan bagian dalam," jelas Dr. Hartman.

"Latihan untuk jantung Anda ini melepaskan hormon bahagia, seperti endorfin, yang memberi Anda kebahagiaan dan katarsis biokimiawi," tambahnya.

Pasalnya, tubuh Anda yang berkeringat juga bisa membuat orang-orang di sekitar Anda merasa lebih bahagia. Dalam sebuah studi tahun 2015, pria menonton film yang dimaksudkan untuk menimbulkan rasa takut, bahagia, atau keadaan emosi yang netral. Mereka mengumpulkan sampel keringat sesudahnya, dan kemudian memaparkannya kepada wanita.

Hasilnya, para wanita itu menunjukkan ciri-ciri kebahagiaan, seperti senyuman tulus yang ditandai dengan pipi yang terangkat, dan kerutan kulit di sekitar mata. Memang terlihat sebagai aneh, namun hal ini benar terjadi adanya.

4 dari 4 halaman

4. Berkeringat Mendukung Jantung Anda

Ketika Anda sedang berdiam diri di sauna dengan suhu lebih dari 40 derajat celcius, tidak diragukan lagi merupakan kegiatan yang memicu curahan keringat yang banyak. 

Saat sauna menaikkan suhu tubuh Anda, tubuh Anda bekerja keras untuk mendinginkan diri dengan berkeringat. Padahal selama kegiatan bersauna, Anda bisa mengeluarkan sekitar setengah kilogram keringat.

Sebuah studi Finlandia selama 20 tahun yang diterbitkan di Jama Internal Medicine menunjukkan bahwa orang yang membiasakan dirinya berkeringat secara teratur di sauna, tidak hanya memiliki risiko kematian akibat penyakit jantung yang lebih rendah, tetapi juga mengurangi penyakit jantung koroner yang fatal, penyakit kardiovaskular, dan semua penyebab kematian jantung lainnya. 

Tak hanya itu, sebuah studi di Journal of Human Hypertension mengungkapkan bahwa menghabiskan waktu 30 menit di sauna juga dikaitkan dengan penurunan tekanan darah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.