Sukses

Deretan Resep Olahan Jambu Biji Selain di Jus

Biasanya individu memakan jambu biji secara langsung atau di jus. Tapi ada beberapa cara lain untuk mengonsumsi jambu biji.

Liputan6.com, Jakarta - Jambu biji menjadi salah satu buah yang disukai banyak individu. Selain rasa manis yang khas, jambu biji juga mudah didapat di supermarket maupun di pasar.

Harga jambu biji pun relatif murah. Meski harganya murah, jambu biji memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Jambu biji memiliki astringen, yakni zat kimia yang akan menyusutkan jaringan tubuh. Ini sebabnya gusi akan terasa lebih keras dan segar setelah kita mengonsumsi jambu biji.

Selain itu, jambu biji juga mengandung zat antibakteri yang mencegah pertumbuhan bakteri saat terkena diare. Zat pembunuh bakteri jahat yang terkandung dalam jambu biji tersebut yakni karetinoid, vitamin C, dan potasium.

Jambu biji juga sangat baik dikonsumsi untuk menghindari serangan jantung. Buah yang satu ini mengandung hipoglikemik dan kaya akan serat yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan kadar kolestrol.

Di samping itu, jambu biji berukuran sedang dapat mencukupi 20 persen kebutuhan harian tubuh akan potasium. Penelitian menunjukkan, rutin mengonsumsi potasium dapat menurunkan tekanan darah.

Buah yang satu ini mengandung antioksidan melawan kanker yakni likopen. Likopen dalam jambu biji lebih mudah diserap tubuh dibanding pada tomat karena perbedaan struktur selnya.

 

Biasanya individu memakan jambu biji secara langsung atau di jus. Tapi ada beberapa cara lain untuk mengonsumsi jambu biji. Berikut beberapa resep olahan jambu biji yang bisa Anda coba, seperti melansir dari A Sassy Spoon, Senin (26/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Pastry Jambu Keju

Bahan:

  • 1 bungkus lembaran puff pastry
  • 1 bungkus pasta jambu biji 
  • 1 bungkus krim keju
  • 1 butir telur, dikocok

Cara membuat:

1. Panaskan lebih dulu oven hingga 180 derajat. Lapisi loyang dengan kertas panggang.

2. Potong jambu menjadi irisan tipis. Jika menggunakan krim keju. Susun puuff pastry di atas loyang. Letakkan 6 irisan jambu biji per lembar puff pastry, lipat sekitar 1-2 inci. Tambahkan keju krim di atas irisan pasta jambu biji (opsional).

3. Buka lipatan lembar puff pastry kedua dan letakkan di atas lembar kue lainnya yang sudah terdapat jambu biji.

4. Potong menjadi 9 kotak kemudian lapisi bagian atas puff pastry dengan kuning telur

5. Panggang selama 25 menit atau sampai berwarna cokelat keemasan. Pastry siap disajikan

3 dari 4 halaman

2. Kue Jambu

Bahan:

  • 2 batang mentega tawar, suhu ruang
  • 1 cangkir gula pasir
  • 4 telur besar, suhu ruang
  • 1 sendok makan ekstrak vanila
  • 1/4 cangkir susu
  • 3 cangkir tepung serba guna
  • 1 1/2 sendok teh baking powder
  • 1 sendok teh garam
  • 14 ons jambu biji diiris setebal 1/2 inci

Cara membuka:

1. Panaskan lebih dulu oven hingga 200 derajat. Semprotkan loyang berukuran 9×13 dengan semprotan minyak agar tidak lengekt. 

2. Dalam mangkuk besar, kocok mentega dan gula. Campur telur, ekstrak vanila, dan susu lalu tambahkan tepung, baking powder, dan garam. Campur sampai semuanya tercampur dengan rata. Jangan terlalu banyak susu supaya tidak cair.

3. Tuangkan setengah dari adonan kue ke loyang, pastikan sudah merata menutupi seluruh bagian bawah loyang.

4. Selanjutnya, tambahkan irisan jambu biji di atas adonan kue di loyang, pastikan menutupi seluruh lapisan kue. Tambahkan sisa adonan kue di atas irisan jambu biji, pastikan menutupi semua irisan jambu biji.

5. Panggang selama 45-50 menit hingga bagian atasnya berwarna cokelat. Setelah benar-benar dingin, potong kue persegi menjadi batangan kue persegi panjang. Sajikan dan nikmati!

4 dari 4 halaman

3. Cookies Jambu

Bahan:

  • 1 cangkir mentega tawar, suhu ruang
  • 1/2 cangkir gula pasir
  • 1 kuning telur ukuran besar, suhu ruang
  • 1 sendok teh ekstrak vanila
  • 1/4 sendok teh garam
  • 2 cangkir tepung serba guna
  • 1/2 cangkir selai jambu biji, suhu ruang

Cara membuat:

1. Panaskan lebih dulu oven hingga 200 derajat. Lapisi loyang dengan kertas roti.

2. Dalam mangkuk besar, kocok mentega dan gula hingga tercampur lalu tambahkan kuning telur, ekstrak vanila, dan garam hingga halus. Masukkan tepung sedikit demi sedikit dan aduk hingga tidak berbutir lagi. Campur menggunakan mixer.

3. Dengan menggunakan satu sendok makan atau sendok kue sedang, gulung adonan menjadi bola-bola lalu letakkan di atas loyang.

4. Dengan hati-hati buat lekukan pada setiap bola adonan kue menggunakan bagian belakang sendok teh dan jangan menekan sepenuhnya.

5. Dinginkan bola adonan kue selama 1 jam di lemari es guna untuk memadatkan bahan dan supaya adonan tidak pecah saat dipanggang

6. Keluarkan loyang dari lemari es dan sendokkan 1/2 sendok teh selai jambu biji ke dalam lekukan di masing-masing loyang. Menggunakan selai suhu ruangan akan memudahkan menambahkan selai ke dalam setiap kue.

5. Panggang selama 10-12 menit atau sampai kue agak berwarna cokelat keemasan.

6. Angkat dari oven dan biarkan dingin selama 10 menit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.