Sukses

Jangan Panik saat Kelebihan Masukkan Cabai Ketika Masak, Simak 6 Tips Bisa Kurangi Rasa Pedas

Tips megurangi rasa pedas jika kamu kelebihan memasukkan cabai saat sedang masak.

Liputan6.com, Jakarta - Terkadang, seseorang saat masak, bisa kelebihan memasukkan bumbu masakan. Misalnya saja garam. Saat memasukkan garam dan kebanyakan, maka makanan itu pun akan menjadi asin.

Lalu ada pula yang kelebihan penggunaan cabai sehingga menyebabkan masakan yang dimasaknya menjadi kepedasan dan akhirnya, rasa masakannya tidak enak dan sempurna.

Namun, jika kamu salah satu dari yang mengalami hal itu, tidak perlu khawatir. Ada beberapa tips untuk mengatasi kecerobohan atau kelalaian saat memasak tersebut dan mengembalikannya pada rasa yang sempurna.

Melansir laman Timesofindia, Kamis (22/12/22) ada beberapa cara mengatasi rasa pedas pada makanan apa pun. Meskipun setelah ditambahkan, rempah-rempah tidak dapat dihilangkan, kamu dapat mengecilkannya dengan beberapa kiat mudah,  simak selengkapnya:

 

1. Tambahkan Lebih Banyak Bahan

Cara termudah untuk mengecilkan hidangan yang terlalu pedas adalah menambahkan lebih banyak bahan untuk mengurangi proporsi unsur pedasnya.

Adapun, jika masakannya berupa  berupa sup atau rebusan berkuah, coba tambahkan lebih banyak cairan. Dan kamu juga bisa tambahkan lebih banyak sayuran, atau protein, yang kamu miliki.

2. Tambahkan Susu

Diketahui produk susu sangat bagus untuk menangkal rasa pedas. Jadi, salah satu solusi mengurangi rasa pedas pada masakanmu ialah dengan kamu bisa menambahkan susu, krim asam, atau bahkan sesendok yoghurt tawar pada setiap sajian.

Namun, tetap berhati-hati saat menambahkan dan memasak produk susu dengan api besar, karena dapat mengental.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tambahkan Asam dan Pemanis

3. Tambahkan Asam hingga Pemanis

Diketahui ini merupakan salah satu trik dari masakan Thailand, yang dikenal menggunakan banyak cabai.

Adapun, untuk mengatasi rasa pedas, banyak hidangan mereka (masakan Thailand) menggunakan asam dalam jumlah banyak dari jeruk, cuka, atau bahkan saus tomat.

Digunakan sebanyak satu sendok makan, dan itu terbukti dapat menyeimbangkan dan menangkal rasa pedas pada makanannya.

4. Tambahkan pemanis

Seperti asam, gula atau pemanis lainnya menambahkan unsur rasa berbeda yang bisa menjinakkan rasa pedas.

Adapun, diperingatkan untuk hati-ati saat menambahkan pemanis, dengan cara menambahkannya sedikit demi sedikit, sebab jika tidak, hidangan gurih kamu tentu akan berakhir seperti makanan penutup alias dessert.

3 dari 4 halaman

Tambahkan Selai Kacang dan Sajikan dengan Makanan Lain

5. Tambahkan Selai Kacang

Ini adalah trik menyenangkan yang akan melunakkan hidangan apa pun sambil meningkatkan rasanya. Dari almond hingga selai kacang, kamu bisa menambahkan mentega apa pun ke kari mana pun.

Diketahui tidak hanya akan meningkatkan rasa tetapi juga menonjolkan dan meningkatkan kekayaan hidangan. 

6. Sajikan dengan Makanan Hambar dan Bertepung

Adapun, jika kamu tidak ingin mengotak-atik makanan yang pedas tersebut, dengan menambahkan bahan lain.

Tidak masalah, ada solusi sederhananya yakni dengan menyajikannya dengan sesuatu yang hambar dan bertepung agar ketika dimakan bersama, bumbunya sedikit menyebar.

Taruhan terbaik adalah menyajikan hidangan dengan nasi, pasta, roti kering, atau bahkan kentang.

4 dari 4 halaman

Konsumsi Makanan Pedas, Empat Ruas Tulang Rusuk Wanita Ini Patah

Sebelumnya, makanan pedas memang tak bisa diragukan lagi sebagai menu favorit. Bahkan tidak lengkap rasanya jika menyantap menu masakan tanpa ada rasa pedas. Kendati demikian, mengonsumsi makanan pedas berlebih juga tak baik untuk kesehatan. Mulai dari dampak langsung hingga tak langsung harus dijadikan kewaspadaan. 

Seperti yang dilaporkan SCMP, seorang wanita mengalami kejadian nahas usai makan makanan pedas. Efek pedas yang menimbulkan batuk itu justru membuat tulang rusuknya sampai patah. Sedikit janggal memang dan jarang terjadi pada orang yang kepedasan pada umumnya. 

Namun kejadian ini benar dialami oleh seorang wanita asal Shanghai, China baru-baru ini. Bukan karena terjatuh atau kecelakaan lainnya, batuk ternyata bisa membuat tulang rusuk bisa patah. Bahkan sampai ada 4 ruas tulang rusuk berakhir patah yang bikin geleng kepala. 

Kendati demikian, hal ini dibenarkan oleh pihak medis usai mendiagnosa keluhan dan kronologi kejadian. Penyebab utama memang berasal dari makanan pedas, begitu pula batuk yang keras yang sebenarnya kerap dialami orang saat memakan makanan pedas. Berikut Liputan6.com merangkum kisahnya melansir dari South China Morning Post, Selasa 6 Desember 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.