Sukses

7 Tanaman yang Miliki Aroma Dapat Usir Serangga

Untuk mengusir atau mencegah mereka mendekati tubuh manusia atau mendekati persediaan makan manusia, kamu bisa menggunakan beberapa tanaman yang bisa mengusir serangga.

Liputan6.com, Jakarta - Serangga adalah salah satu hewan yang sering berkeliaran di dalam atau pun luar rumah. Serangga ini biasanya nyamuk, lalat, semut dan lain sebagainya.

Kehadiran serangga-serangga ini seringkali membuat penghuni rumah merasa terganggu karena serangga tersebut sering menggigit atau mendekati persediaan makanan di dapur.

Serangga seperti nyamuk dan lalat juga membawa penyakit bagi manusia. Misalnya demam berdarah, diare, disentri dan lain sebagainya.

Untuk mengusir atau mencegah mereka mendekati tubuh manusia atau mendekati persediaan makan manusia, kamu bisa menggunakan beberapa tanaman yang bisa mengusir serangga.

Tanaman-tanaman ini biasanya memunculkan aroma wangi yang menyengat, sehingga membuat serangga merasa tidak nyaman.

Dilansir treehugger.com, Rabu (14/12/2022) berikut sederet tanaman yang dapat mengusir serangga di rumah:

 

1. Tanaman Mint

Aroma dari tanaman mint dapat mengusir berbagai macam serangga yang masuk ke rumah. Hal ini dikarenakan sifat aromatik yang ditemukan di daun, batang dan bunganya.

Lalat, laba-laba, agas, nyamuk, dan bahkan semut akan menjauhi tanaman ini. Mint mudah tumbuh di mana saja. Kebanyakan serangga membenci bau dan rasa mint.

Dengan perawatan rutin, tanaman mint bisa menjadi dekorasi dalam atau luar rumah yang menyegarkan.

Tanamlah dalam pot dan seringlah memetik daunnya agar tanaman tetap dalam kondisi baik. Semakin tajam aroma, semakin sedikit serangga yang mendekat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sage, Rosemary, dan Geranium

2. Sage dan Rosemary

Sage dan rosemary biasanya digunakan sebagai bahan bumbu dalam makanan. Namun, tanaman hias ini juga memiliki khasiat untuk mengusir nyamuk.

Bunga rosemary juga sangat cocok dijadikan tanaman anti nyamuk di kamar. Sama seperti lavender, aromanya yang kuat dapat mengusir nyamuk.

 

3. Geranium

Di Indonesia, tanaman Geranium sering disebut dengan nama Tapak Dara. Tanaman ini memiliki aneka warna dan sering digunakan sebagai bahan wewangian. Tak heran jika bunga dari tanaman ini sering dijadikan sebagai minyak esensial.

Bunga geranium memiliki aroma sedikit seperti lemon dan dapat menjauhkan beberapa serangga seperti nyamuk dan kecoa dari rumah.

Tumbuhan pengusir serangga ini memiliki bunga-bunga indah dan hadir dalam warna-warna cerah yang membuatnya bagus untuk dekorasi.

Namun umumnya, tanaman ini ditanam di pekarangan rumah karena bisa mengusir hama yang bisa merusak tanaman seperti kumbang atau belalang.

3 dari 4 halaman

Eucalyptus dan Lavender

4. Eucalyptus

Sama seperti kayu putih, tanaman eucalyptus juga biasa dijadikan minyak esensial yang dapat menghangatkan tubuh dan mengobati gigitan serangga. Aromanya yang wangi dan khas, membuat serangga tidak menyukainya.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mengonfirmasi bahwa minyak eucalyptus merupakan bahan yang efektif untuk mencegah gigitan nyamuk.

Di Afrika, eucalyptus menjadi obat tradisional dan pencegahan malaria karena efektif menghalau gigitan nyamuk.

Mirip dengan serai, eucalyptus juga memiliki aroma yang kuat yang dapat mengganggu indera penciuman nyamuk, sehingga mempersulit mereka untuk menemukan sumber makanan.

 

5. Lavender

Kamu pasti sudah asing dengan aroma tanaman lavender. Bunga lavender biasanya dijadikan sebagai pewangi ruangan atau pewangi lotion anti nyamuk. Bau harum dari bunga lavender dapat mengusir serangga seperti nyamuk, lalat, kecoa, ngegat, bahkan agas.

Bau harum bunga ini sangat dibenci serangga, namun disukai manusia karena ketika menghirup aromanya, tubuh akan menjadi lebih rileks. Aroma ini bisa menghilangkan stres, dan membantu tidur lebih nyenyak.

Tak hanya itu, tanaman lavender juga memiliki perawatan yang mudah. Tanaman ini hanya membutuhkan sinar matahari penuh dan drainase yang baik. Meski cocok ditanam pada iklim apapaun, tanaman lavender dapat tumbuh subur di daerah yang lebih hangat.

4 dari 4 halaman

Serai dan Lemon Balm

6. Serai

Selain digunakan sebagai penyedap aroma makanan, serai juga bisa dijadikan sebagai tanaman pengusir serangga. Hal ini dikarenakan aroma daun serai yang begitu kuat, membuat serangga tidak menyukainya. Serai biasanya ditanaman di luar rumah karena daunnya bisa tumbuh dengan sangat lebat.

Serangga yang paling tidak menyukai aroma serai adalah nyamuk. Tak heran jika banyak lotion antinyamuk yang beraroma daun serai.

Serai biasanya juga digunakan untuk memasak pada negara-negara di kawasan Asia. Sementara di Eropa, serai sering diambil minyaknya untuk digunakan pada parfum.

 

7. Lemon Balm

Lemon balm yang termasuk ke dalam anggota keluarga mint ini memiliki bunga berwarna putih dan aroma lemon yang lembut menenangkan. Salah satu manfaat tanaman hias lemon balm adalah mengusir nyamuk.

Kandungan sitronela yang terdapat dalam lemon balm ini tak disukai oleh nyamuk. Kendati demikian, nektar bunga lemon balm yang indah justru disukai kupu-kupu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.