Sukses

Serba-Serbi Piala Dunia 2022: Fernando Santos Bicara Masa Depan Cristiano Ronaldo di Portugal

Liputan6.com, Doha - Pelatih Portugal Fernando Santos mengatakan bahwa peran berkelanjutan Cristiano Ronaldo di timnas Portugal adalah sesuatu yang harus ditentukan setelah mencoret pemain berusia 37 saat Portugal hancurkan Swiss dengan skor 6-1 di putaran 16 besar Piala Dunia 2022 pada Rabu dini hari waktu Indonesia (7/12)

Pada laga Portugal vs Swiss, Goncalo Ramos berhasil cetak hattrick (17, 51', dan 67'). Disusul gol Pepe (33'), R.Guerreiro (55') dan Rafael Leao di injury time babak kedua.

Sedangkan Swiss cuma mampu cetak gol hiburan melalui M Akanji. Alhasil, Portugal lolos ke perempat final Piala Dunia Qatar 2022 yang bakal melawan Moroko usai kalahkan Spanyol melalui adu penalti 3-0.

Seperti diketahui, Fernando Santos sempat mengecam reaksi negatif yang ditujukkan Cristiano Ronaldo karena ditarik keluar dalam laga kekalahan Portugal 1-2 dari Korea Selatan sehingga itu adalah bukti sebagai sanksi disipliner untuk Ronaldo.

"Itu masih sesuatu yang harus ditentukan. Saya memiliki hubungan yang sangat dekat dengannya, selalu begitu. Saya mengenalnya sejak dia berusia 19 di Sporting dan kemudian dia mulai berkembang di timnas saat saya tiba di tahun 2014,' kata Fernando Santos ketika ditanya oleh wartawan pers terkait masa depan Cristiano Ronaldo di timnas Portugal, dikutip dari ESPN, Rabu (7/12).

Dijelaskannya bahwa Ronaldo dan dirinya tidak pernah salah menafsirkan aspek manusia dan pribadi dengan manajer dan pemain. Dia akan selalu menganggap bahwa Ronaldo adalah pemain yang sangat penting untuk dimiliki dalam tim.

"(Masalah disiplin) ini adalah sesuatu yang selesai dan diselesaikan, penting juga untuk melihat contoh sejarah pemain ini. Dia adalah salah satu pemain terbaik di dunia dan oleh karena itu yang harus kita lakukan adalah datang (bersama) secara kolektif," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Cadangin Ronaldo, Fernando Santos Mengklaim Murni Masalah Taktis

Diminta untuk menjelaskan ketidakhadiran Ronaldo dari starting line-up, ini merupakan pertama kalinya Ronaldo gagal memulai pertandingan Portugal di sebuah turnamen sejak 2008 sehingga Fernando Santos akhirnya mengklaim hal itu murni taktis.

"Andre (Silva) adalah pemain hebat yang bermain lebih maju, Cristiano lebih stabil, dia bertahan di area yang lebih ditentukan di depan kotak penalti. Goncalo memiliki karakteristik yang berbeda. Dia sangat dinamis dan observasi yang saya lakukan dan itulah yang dia lakukan," kata Santos.

Dia menambahkan,"Ini bukan hal baru, dia sudah masuk dalam dua pertandingan, tapi saya akan mengatakan karena Andre juga bermain di pertandingan sebelumnya, saya memiliki tiga pemain yang saya percayai sepenuhnya.".

"Untuk setiap pertandingan saya akan menggunakan pemain mana yang saya lihat untuk strategi saya. Semua para pemain di bangku cadangan dapat digunakan melawan Maroko bahkan jika mereka tidak berada di starting XI," pungkasnya.

3 dari 4 halaman

Ramos Beri Penghormatan Kepada Ronaldo

Setelah mencetak hattrick di pertandingan perdananya sebagai starting vs Swiss, Goncalo Ramos beri penghormatan kepada Cristiano Ronaldo hingga mengatakan bahwa dirinya tidak pernah berharap untuk masuk ke starting line-up Fernando Santos.

"Bahkan dalam mimpi terliar saya sekalipun, saya tidak berpikir untuk menjadi bagian dari tim inti untuk babak sistem gugur. Sebelumnya juga Cristiano Ronaldo berbicara kepada saya dan semua orang di tim. Dia pemimpin kami dan selalu berusaha membantu," kata Ramos.

"Saya tidak tahu apakah saya akan menjadi starter di pertandingan berikutnya, itu terserah pelatih. Saya harus bekerja sekeras yang saya bisa dan kita lihat nanti," Ramos menambahkan.

4 dari 4 halaman

8 Tim Lolos dan Jadwal Pertandingan Perempat Final Piala Dunia 2022

Maroko dan Portugal jadi dua tim terakhir yang lolos ke babak perempat final Piala Dunia 2022. Berikut daftar tim lolos perempat final Piala Dunia 2022.

Sebanyak delapan tim telah memastikan langkah ke babak perempat final Piala Dunia 2022. Kedelapan tim itu antaranya Belanda, Argentina, Prancis, Inggris, Kroasia, Brasil, Maroko, dan Portugal.

Berikut jadwal pertandingan babak 8 besar 2022

Jumat, 9 Desember 2022

22.00 WIB: Kroasia vs Brasil

Sabtu, 10 Desember 2022

02.00 WIB: Belanda vs Argentina

22.00 WIB: Maroko vs Portugal

Minggu, 11 Desember 2022

02.00 WIB: Inggris vs Prancis

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS