Sukses

Cetak Gol Pertama di Piala Dunia 2022, Harry Kane Hampir Salip Rekor Wayne Rooney

Liputan6.com, Jakarta - Pesepak bola timnas Inggris, Harry Kane berhasil mencetak gol pertamanya di Piala Dunia 2022 di Qatar dalam pertandingan melawan Senegal di babak 16 besar, di Stadion Al Bayt.

Ketiga gol yang dicetak para pemain Inggris, termasuk dari Harry Kane mengantarkan The Three Lions masuk ke perempat final untuk berhadapan dengan Prancis. 

Sang kapten Inggris, Harry Kane, bisa dibilang adalah striker Liga Premier paling konsisten dalam satu dekade terakhir. Selama bertahun-tahun, Kane telah berkembang menjadi pemain yang jauh lebih dari sekadar pencetak gol.

Mengutip Goal.com, Senin (5/12/2022), karier internasional Kane sangat mengesankan. Sejak dia melakukan debutnya pada tahun 2015, pemain dengan nomor punggung 9 ini tidak berhenti mencetak gol untuk tim nasional.

Bahkan, Kane sedang dalam perjalanan untuk menyalip rekor Wayne Rooney sebagai pencetak gol terbanyak Inggris sepanjang masa. 

Kane diangkat menjadi kapten Inggris pada tahun 2018 yang gaya kepemimpinan serta kepentingannya bagi timnas disorot selama Piala Dunia 2018 dan Euro 2020.

Pemain Tottenham Hotspur ini kemudian menjadi pemenang Sepatu Emas di Piala Dunia 2018 dengan enam gol. Ia menjadi pemain pertama sejak Geoff Hurst yang mencetak hat-trick untuk Inggris di turnamen Piala Dunia.

Selama Euro 2020, Kane mencetak gol di setiap pertandingan babak sistem gugur Inggris. Gol-gol Kane membantu mereka mencapai final turnamen besar untuk pertama kalinya sejak 1966.

Sayangnya, Inggris kembali harus menderita patah hati, kalah adu penalti dari Italia. Kane akan berusaha untuk mengakhiri paceklik trofi panjang Inggris dengan memimpin mereka meraih kesuksesan di Piala Dunia Qatar 2022.

Terlepas dari hasilnya, dia telah mengokohkan warisannya sebagai salah satu pemain terbaik Inggris sepanjang masa.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Ini Total Harry Gol Harry Kane untuk Timnas Inggris

Harry Kane sudah mencetak gol sebanyak 52 kali untuk tim nasional atau timnas Inggris. Berikut jejak Harry Kane mencetak gol untuk Timnas Inggris, dilansir goal.com:

  • Tahun 2015, mengikuti 8 pertandingan dan mencetak gol sebanyak 3 kali
  • Tahun 2016, mengikuti 9 pertandingan dan mencetak gol sebanyak 2 kali
  • Tahun 2017, mengikuti 6 pertandingan dan mencetak gol sebanyak 7 kali
  • Tahun 2018, mengikuti 12 pertandingan dan mencetak gol sebanyak 8 kali
  • Tahun 2019, mengikuti 10 pertandingan dan mencetak gol sebanyak 12 kali
  • Tahun 2020, mengikuti 6 pertandingan dan tidak mencetak gol sama sekali (0 kali)
  • Tahun 2021, mengikuti 16 pertandingan dan mencetak gol sebanyak 16 kali
  • Tahun 2022, mengikuti 11 pertandingan dan mencetak gol sebanyak 4 kali

Dengan demikian, total Harry Kane sudah mengikuti 79 pertandingan dan mencetak gol sebanyak 52 kali. Sementara itu, Wayne Rooney telah mencetak 53 gol untuk The Three Lions. 

3 dari 4 halaman

Mau Jadi Raja Gol Inggris

Torehan gol Harry Kane untuk Inggris, saat ini hanya terpaut dua dari Wayne Rooney, pencetak gol terbanyak sepanjang masa "The Three Lions" dengan 53 gol.

Di ajang Piala Dunia 2022 ini, Kane, penyerang andalan sekaligus kapten Inggris di Qatar, berpeluang mematahkan rekor tersebut, sekaligus mengukuhkan dirinya sebagai Raja Gol "The Three Lions".

Kane pun tak sadar itu. "Semoga saya bisa secepat mungkin mewujudkan itu," ujar Kane, seperti dikutip dari Mirror.

"Saya tahu, peluang itu ada. Saya tahu banyak orang membicarakan hal itu. Tapi, yang terpenting saya fokus dulu kepada permainan saya dan melakukan yang terbaik."

Kane sendiri mengaku akan sangat tersanjung jika bisa melewati torehan gol mantan penyerang Manchester United itu. Sebab, Rooney, kata Kane, adalah penyerang besar yang pernah dimiliki Inggris.

 

4 dari 4 halaman

Melaju ke Perempat Final Usai Taklukan Senegal

Sebelumnya, Timnas Inggris berhasil melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar usai mengalahkan Senegal pada laga babak 16 besar.

Bertanding di Al Bayt Stadium, Senin (5/12/2022) dini hari WIB, pasukan Gareth Southgate menang dengan skor telak 3-0.

Tiga gol kemenangan Inggris diciptakan oleh Jordan Henderson dan Harry Kane di babak pertama serta Bukayo Saka di paruh kedua pertandingan.

Dengan hasil ini, Inggris pun dipastikan berhak lolos ke perempat final Piala Dunia 2022 untuk menantang Prancis, sang juara bertahan.

Inggris mendominasi jalanya pertandingan di awal babak pertama. Namun, masih belum banyak ancaman berbahaya yang diperlihatkan tim asuhan Gareth Southgate 10 menit awal.

Justru sebaliknya, Senegal mengancam lantaran kesalahan umpan Harry Maguire menit ke-23, sayang penyelesaian akhir Ismaila Sarr masih melambung di atas mistar.

Inggris akhirnya sukses membuka keunggulan pada menit ke-38 lewat gol Henderson meneruskan assist Jude Bellingham. Di usia 32 tahun, Henderson menjadi pencetak gol tertua kedua Inggris di Piala Dunia.

Inggris sukses menggandakan keunggulan lewat gol Kane pada menit ketiga masa injury time babak pertama. Ini adalah gol perdana Kane di Piala Dunia 2022 kali ini.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS