Sukses

Jepang Cetak Rekor di Piala Dunia 2022, Penguasaan Bola Rendah tapi Menang Lawan Spanyol

Liputan6.com, Jakarta - Jepang baru saja membuat heboh seluruh dunia. Bagaimana tidak, tim yang dijuluki Samurai Biru itu berhasil memimpin Grup E Piala Dunia 2022 Qatar dengan memperoleh 6 poin yang diakumulasi dari hasil 2 kali menang (melawan Jerman dan Spanyol) dan 1 kali kalah (melawan Kosta Rika). 

Hasil itu terbilang sangat mengejutkan mengingat Jepang berhasil menguasai Grup E Piala Dunia setelah dua hasil kemenangannya didapat dari pertandingan melawan raksasa Eropa, yakni Jerman dan Spanyol.

Dilansir Opta Analyst, Jumat (2/12/2022), saat melawan Jepang di Khalifa International Stadium, Doha, Jumat dini hari tadi, Spanyol berhasil menguasai jalannya pertandingan dengan tingkat persentase ball possession yang sangat tinggi, yakni 83 persen. 

Melihat persentase penguasaan bola di atas, Spanyol tidak memberikan kesempatan sedikit pun bagi lawannya untuk mengendalikan jalannya pertandingan. Namun, pada akhir laga, Spanyol justru merasakan tamparan keras saat Jepang berhasil keluar sebagai pemenang dengan skor 2-1. 

Kemenangan ini membuat Jepang mencetak rekor baru yang sangat mengesankan di Piala Dunia. Jepang menjadi tim dengan tingkat ball possession terendah yang memenangkan pertandingan di ajang Piala Dunia.

Sekadar informasi, dalam pertandingan melawan Spanyol, Jepang hanya memiliki tingkat ball possession sebesar 17,7 persen!

Perlu diketahui, dalam dunia sepak bola, ball possession atau penguasaan bola, merujuk pada kontrol para pemain atas bola yang sedang dimainkan, sehingga secara langsung membuat tim tersebut menguasai bola dan mengendalikan jalannya pertandingan.  

Keuntungan dari penguasaan bola adalah tim tersebut akan menjauhkan tim lawan dari kesempatan menembak dan mencetak gol, yang tentunya tidak selalu benar terjadi seperti kasus Jepang melawan Spanyol ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Melawan Jerman

Tidak hanya saat melawan Spanyol, Jepang juga memiliki tingkat ball possession yang rendah pada laga pertama di Grup E Piala Dunia 2022 Qatar, yakni saat melawan Jerman. 

Berdasarkan statistik permainan, saat melawan Jerman di Khalifa International Stadium, Doha, Qatar, pada Rabu (23/11/2022), Jepang hanya memiliki tingkat ball possesion sebesar 26,2 persen. 

Sementara, lawannya, Jerman menguasai jalannya pertandingan dengan tingkat ball possesion sebesar 73,8 persen.

Seperti yang kita ketahui, hasil akhir berpihak pada Jepang dengan mengalahkan Jerman 2-1 dan keluar sebagai pemenang. Jepang pun meraih 3 poin penuh pertamanya di Piala Dunia 2022 Qatar.

 

3 dari 4 halaman

Lawan Kosta Rika

Hal yang benar-benar berbanding terbalik terjadi saat Jepang melawan Kosta Rika di pertandingan kedua Grup E. Pertandingan yang diadakan di Ahmad Bin Ali Stadium, Al Rayyan, pada Minggu (27/11/2022) itu dimenangi oleh Kosta Rika dengan skor 1-0 sebagai penutup.

Walau menang secara tingkat ball possesion yakni sebesar 57 persen, Jepang hanya bisa melancarkan 3 tendangan on target dari total 13 upaya tendangan. Tidak ada gol yang dicetak Jepang saat itu.

Di satu sisi, Kosta Rika yang kalah dalam hal ball possesion yakni hanya sebesar 43 persen, mampu mencetak gol dari satu-satunya tendangan on target mereka.

Perlu diketahui bahwa dalam pertandingan itu Kosta Rika hanya memiliki total 4 upaya tendangan.

 

4 dari 4 halaman

Lolos 16 Besar

Apa pun taktik yang digunakan Jepang dalam permainannya, itu berhasil. Jepang dengan sukses melaju ke babak 16 besar bersama 13 tim lainnya. Nantinya di babak 16 besar, Jepang akan bertemu Kroasia.

Sampai saat ini, hanya ada dua tiket tersisa untuk diperebutkan, yakni oleh negara-negara dari Grup G dan H.

Dari Grup G, Brasil sudah memastikan diri lolos ke babak 16 besar. Sedangkan satu tiket lagi akan menjadi milik Swiss, Kamerun, atau Serbia. Swiss saat ini memiliki tiga poin, unggul dua poin atas Kamerun dan Serbia di klasemen sementara.

Adapun di Grup H, Ghana, Korea Selatan, dan Uruguay akan bersaing untuk mendampingi Portugal ke babak 16 besar. Ghana saat ini mengoleksi tiga poin, sementara Korea Selatan dan Uruguay hanya memiliki satu angka.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS