Sukses

Kapan Generasi K-Pop Ketiga Dimulai dan Bagaimana Perkembangannya?

Liputan6.com, Jakarta - Penggemar kpop baru pasti bertanya-tanya grup kpop mana saja yang berasal dari kpop generasi ketiga. Namun, beberapa penggemar  mungkin bingung saat belajar tentang generasi kpop.

Mengutip dari laman Otakuart, Minggu (23/07/2022) bagaimanapun industri musik pop Korea Selatan atau K-Pop telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir.

Dimulai dari hanya beberapa hingga kini telah ratusan idol K-pop yang memulai debutnya setiap tahun, mereka berhasil mengubahnya menjadi kompetisi yang ketat.

Oleh karena itu, tiga tahun pertama setelah debut dianggap sebagai paling penting. Jika seseorang mampu bertahan dan bahkan tumbuh selama periode ini, jalan berikutnya menjadi sedikit lebih mudah.

Namun, dengan meningkatnya popularitas nyatanya tidak banyak grup kpop yang bertahan dalam durasi yang lama.

Mereka cenderung bubar lebih awal atau hiatus tanpa batas waktu yang ditentukan. Oleh karena itu, saat mempelajari tentang grup favorit seseorang, penggemar mencari generasi yang dimiliki grup mereka.

Sejauh ini, sudah ada empat generasi dan para idol generasi keempat sedang aktif-aktifnya saat ini. Dari tahun 90-an hingga sekarang, masing-masing dan setiap grup/band berada di bawah generasi kpop tertentu.

Itu tergantung pada tahun debut mereka. Misalnya, beberapa grup kpop terkenal seperti EXO, BTS, BLACKPINK adalah contoh idol generasi ketiga.

Tapi kapan tepatnya generasi ketiga kpop ini dimulai dan bagaimana perkembangannya?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Apa Itu Generasi K-pop?

Banyak penggemar kpop baru pasti masih asing dengan istilah K-pop Generation. K-pop Generation dibagi menjadi beberapa bagian dan dikategorikan berdasarkan tahun debut mereka.

Sejauh ini, kita memiliki empat generasi kpop, yaitu generasi pertama, generasi kedua, generasi ketiga, dan generasi keempat.

Oleh karena itu, karena generasi kpop penggemar dapat menemukan di dekade mana grup favorit mereka memulai debutnya. Misalnya, generasi pertama kpop terutama mendefinisikan band dan solo tahun 90-an dan awal 2000-an.

Sementara itu, generasi kedua dimulai segera setelah generasi pertama berakhir, memperkenalkan solois dan grup kpop tahun 2000-an.

Jika generasi kedua menghadirkan artis-artis Korea Selatan tahun 2000-an. Generasi ketiga muncul setelah generasi kedua dilanjutkan dengan generasi keempat dan seterusnya.

3 dari 4 halaman

Kapan Generasi Ketiga K-pop Muncul?

Setelah generasi pertama lahir dengan Seo Taiji dan Boys di tahun 90-an, di tahun-tahun berikutnya berbagai band kpop dibagi menjadi beberapa kategori dan salah satunya disebut 'Generasi'.

Sedangkan generasi pertama terhitung dari tahun 1992 hingga 2002, generasi kedua berlangsung dari tahun 2003 hingga 2010.

Jadi kpop generasi ketiga dimulai pada tahun 2010-an. Oleh karena itu, idol yang debut pada tahun 2010-an dianggap sebagai idol generasi ketiga. Namun, kpop generasi ketiga  berlangsung dari sekitar tahun 2012 hingga pertengahan tahun 2018.

Pemerintah Korea menetapkan bahwa kontrak eksklusif antara agensi hiburan dan artis hanya dapat bertahan dalam durasi maksimal 7 tahun.

Jadi grup yang debut dari tahun 2011 hingga 2012 dikategorikan sebagai generasi 2.5 dan setelahnya dianggap sebagai generasi ketiga.

Selanjutnya, K-pop generasi ketiga membuat terobosan internasionalnya. Bisa dibilang BTS adalah titik awal salah satu Kwaves tertinggi dengan segala pencapaian internasionalnya.

Selain itu, kemunculan konten yang diproduksi sendiri di berbagai media sosial mendekatkan idol kpop dengan penggemarnya.

 

4 dari 4 halaman

Generasi Ketiga Membawa Industri K-Pop ke Level Lain

Dengan perubahan baru, idola generasi ketiga menjadi lebih ekspresif, kreatif, dan lebih berani dalam menyampaikan pesan melalui lirik mereka.

Selain itu, musiknya dikombinasikan dengan genre dan konsep yang berbeda.

Oleh karena itu, banyak grup dari generasi ini mendarat di panggung internasional yang memperkenalkan musik K-Pop ke setiap sudut dunia.

Beberapa grup kpop generasi ketiga yang paling populer termasuk BTS, EXO, TWICE, BLACKPINK, Red Velvet, GOT7, Apink, GFRIEND, WINNER, iKON, MAMAMOO, BtoB, ASTRO, NCT, Monsta X, EXID, SF9, dll.

Melihat grup-grup k-pop terkenal di dunia tersebut, kita harus mengakui idol generasi ketiga telah memainkan peran penting dalam terobosan industri K-pop.

Mereka telah membawa K-pop ke tingkat yang sama sekali baru di mana sekarang bisa dilihat sebagai sesuatu yang tidak diragukan lagi.

Oleh karena itu, K-pop generasi ketiga menjadi fenomena yang tidak dapat dipecahkan!

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS