Sukses

7 Pemain Termuda Pencetak Gol Terbanyak di Piala Dunia 2022, Siapa Saja?

Liputan6.com, Jakarta - Piala Dunia 2022 diikuti oleh 32 tim yang kini bertanding dalam delapan grup memperebutkan trofi emasnya. Seperti tahun-tahun sebelumnya, masing-masing dari tim memiliki pemain termuda yang juga masuk dalam daftar pencetak gol terbanyak di Piala Dunia 2022 ini.

Menjadi pemain muda memang memberi sedikit tekanan bagi mereka, karena bertemu langsung dengan para legenda yang sudah lama merumput di Piala Dunia. Berikut 7 pemain termuda dengan rekor gol terbanyak, sepanjang berlangsungnya Piala Dunia 2022:

1. Bukayo Saka (21 Tahun) - Inggris

Salah satu pemain muda dengan pencetak gol terbanyak yang berasal dari negara dengan julukan 'The Black Country' adalah Bukayo Saka

Pada laga perdana Grup B Piala Dunia pada 12 November 2022 lalu, penyerang Arsenal ini tampil gemilang dan mendapat banyak pujian dari banyak suporter karena berhasil merenggut 2 gol saat melawan Iran.

Dikutip dari Yardbarker, Rabu (30/11/2022), pemuda berusia 21 tahun ini pencetak dua dari enam gol The Three Lions ke gawang Iran. Gol pertamanya di pertandingan itu merupakan tendangan voli dari tengah kotak penaliti Iran dan menjadi satu di antara gol terbaik di Piala Dunia 2022.

Bukayo Saka memulai pendidikannya di Edward Betham Church of England Primary School, kemudian pindah Greenford High. Ia memulai karier sepak bolanya digandeng klub lokal, Greeenford Celtic, sebelum bergabung dengan Arsenal.

Selain Bukayo Saka, sejumlah pemain termuda dari setiap negara pun berhasil mencetak gol terbanyak di Piala Dunia 2022 Qatar, berikut daftarnya sebagaimana dikutip dari laman Olympics.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

2. Mohammed Kudus (22 Tahun) - Ghana

Pesepak bola berusia 22 tahun ini mencetak brace ke gawang Korea Selatan dengan 2 golnya ketika matchday kedua Grup H Piala Dunia 2022 di Education City Stadium.

Diikuti dari BBC, dua golnya membuat Kudus menjadi pemain Ghana pertama yang mencetak gol terbanyak dalam satu pertandingan Piala Dunia. Kudus juga menjadi pemain Afrika termuda kedua yang mencetak dua gol dalam pertandingan Piala Dunia setelah Ahmed Musa, dalam pertandingan Nigeria vs Argentina pada 2014 silam.

3. Ferran Tores (22 Tahun) - Spanyol

Pria kelahiran 2000 ini mencetak dua gol saat Spanyol mengalahkan Kosta Rika 7-0 dalam pertandingan Grup E Piala Dunia 2022 yang sedang berlangsung di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar.

Diketahui, Dani Olmo dan Marco Asensio menyelesaikan dengan baik, sebelum pemain Barcelona ini mengonversi penalti pada babak pertama di mana pasukan Luis Enrique memiliki 84 persen penguasaan bola.

Tak heran, pemain nomor 11 ini menjadi pemain Spanyol termuda yang tampil di turnamen besar dan golnya membuatnya menjadi pencetak gol Piala Dunia termuda di negara itu.

3 dari 4 halaman

4. Kylian Mbappe (23 Tahun) - Prancis

Penyerang Paris Saint-Germain berusia 23 tahun itu sejauh ini menonjol bagi juara bertahan Prancis yang kini lolos ke babak sistem gugur setelah memenangkan dua pertandingan pembukaan mereka melawan Australia (4-1) dan Denmark (2-1).

Dalam dua pertandingan itu, Kylian Mbappe mencetak tiga gol Piala Dunia 2002 untuk negaranya. Setelah mencetak gol keenam dan ketujuh melawan Denmark pada 26 November lalu, Mbappe kini hanya tertinggal satu gol dari rekor Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo, yang sama-sama mencetak delapan gol dalam lima turnamen.

5. Cody Gakpo (23 Tahun) - Belanda

Cody Gakpo, 23 tahun, berhasil mencetak tiga gol untuk membantu Belanda maju dalam Piala Dunia. Diawali dengan Gakpo mencetak sundulan yang membantu mengalahkan Senegal 2-0 di pertandingan pembukaan Belanda.

Kemudian, diikuti dengan tendangan luar biasa untuk membuka skor saat melawan Ekuador. Dan yang terakhir, penyerang PSV Eindhoven ini mencetak gol pertandingan ketiganya secara berturut-turut untuk memberi timnya keunggulan melawan Qatar.

4 dari 4 halaman

6. Cho Gue Sung (24 Tahun) - Korea

Cho Gue Sung asal Korea Selatan mencetak dua gol di awal babak kedua dalam pertandingan penyisihan Grup H Piala Dunia 2022 melawan Ghana di Stadion Education City. Pemain berusia 24 tahun itu sukses melesatkan gol Ghana dengan menggalakan umpan dari Lee Kang In. 

Pemain nomor 9 ini menjadi viral setelah pertandingan Korea Selatan vs Uruguay pada 24 November 2022 lalu.  Bahkan, ia ramai di platform Twitter dengan tagar 'pemain Korea nomor 9'.

7. Richarlison (25 Tahun) - Brasil

Setelah membuat sejarah di Olimpiade Tokyo, pemain Spurs Richarlison telah memasuki daftar pencetak gol terbanyak yang sedang berlangsung dengan dua gol melawan Serbia.

Brasil berhasil mengalahkan Serbia 2-0 pada laga perdana Grup G Piala Dunia 2022 Qatar di Lusail Stadium, Jumat 24 November 2022dini hari WIB. Kemenangan Brasil salah satunya ditentukan Richarlison yang mencetak gol indah dengan tendangan akobratik.

Richarlison mencetak gol untuk membuat Brasil unggul 2-0 saat laga berjalan menit ke-73. Penyerang Tottenham Hotspur itu membuat stadion bergemuruh dengan gol indah yang ia ciptakan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS