Sukses

Danilo Pereira Cedera, Pepe Jadi Bek Saat Laga Portugal vs Uruguay

Liputan6.com, Jakarta Pertandingan antara Portugal dengan Uruguay, yang berlangsung dini hari tadi, Selasa (29/11/2022) pukul 01.00 WIB, memberikan hasil memuaskan bagi Cristian Ronaldo--atau dikenal dengan CR7 dan kawan-kawan.

Pasalnya, pertandingan malam tadi mengantarkan Portugal menjadi juara grup sementara dalam grup H, dengan perolehan poin sebanyak 6 poin.

Hasil kemenangan Portugal atas Uruguay yang terselenggara di stadion Lusail Iconic Stadium, ditutup dengan skor 2-0. 

Namun, ada yang menarik perhatian penonton saat menyaksikan laga grup ini bertanding, yakni kehadiran Kepler Laveran de Lima Ferreira, atau lebih akrab disapa Pepe. 

Pepe sang pemaian bola posisi bek profesional itu masih aktif berlaga walaupun usianya sudah tidak muda, yaitu 39 tahun. Bisa dibilang ia merupakan pemain bek tertua dalam ajang Piala Dunia 2022. 

Melansir laman Portugal.net, Selasa (29/11/2022), sang pelatih Timnas Portugal, Fernando Santos sebelumnya sudah menjelaskan bahwa akan menurunkan Pepe untuk berlaga di Piala Dunia ini.

Dia juga mengungkapkan alasan Pepe dimainkan, lantaran bek andalannya, Danilo Luís Hélio Pereira sedang mengalami cedera parah, jadi ia akan menurunkan Pepe untuk bermain melawan Uruguay. 

Saat ditanya siapa yang akan menggantikan Danilo Pereira, Santos menjawab dengan tegas bahwa pemain berusia 39 tahun itu siap.

“Pepe akan menggantikannya. Dia akan bermain dan dia siap, seperti biasanya," ungkapnya saat melakukan konferensi pers kepada awak media, Senin 28 November 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Pepe Bek Andalan Pertama Portugal

Sebelumnya, Fernando Santos juga mengatakan bahwa Timnas Portugal memiliki tiga bek yang bisa diandalkan saat nanti berlaga melawan Uruguay. 

“Jika Will dapat menggunakan Danilo lagi di Piala Dunia, itu lebih baik, tetapi itu tergantung pada bagaimana pemulihannya berjalan. Tapi kami punya tiga bek tengah dan pemain lain yang bisa bermain di posisi itu," jelasnya. 

Dalam kesempatan konferensi pers itu, sang pelatih juga mencemaskan bek tengah pilihan pertamanya, Pepe. Pasalnya Pepe sendiri sedang memulihkan diri dari cedera lutut yang parah.

3 dari 4 halaman

Masih Pemulihan dari Cedera

Sebelumnya, kondisi bek veteran ini, Pepe hanya mampu bermain selama 5 menit dari laga sepak bola kompetitif di enam minggu terakhir. 

Kendati demikian, Fernando Santos menolak untuk membuat drama dari situasi tersebut. Dalam hal siapa yang akan menggantikan Danilo di jantung pertahanan, sang pelatih mengatakan Pepe akan menjadi starter atau pemain inti di Timnas Portugal. Menurutnya, para pemain akan terus ditinjau bagaimana perkembangan dan kesiapannya. 

Kekhawatiran Fernando tidak sampai di situ, pasalnya ada 2 pemain andalan lain yang juga tidak bisa mengikuti laga penting ini yaitu Nuno Mendes dan Otávio. 

4 dari 4 halaman

Pemain Portugal yang Alami Cedera

Kemalangan Danilo atas cedera parah yang menimpanya menjadi topik pembicaraan utama dalam konferensi pers ini. 

Sang pelatih menceritakan kronologi cedera parah yang dialami Danilo. “Ini adalah salah satu insiden yang tidak dapat dipahami oleh siapa pun. Kami sedang mengerjakan bola mati, dia berada di tengah-tengah sekelompok pemain dan tiba-tiba dia berteriak," ungkap Fernando Santos. 

"Dia mengambil waktu untuk mengatur napas, tetapi setelah beberapa saat dia bernapas dengan normal dan sepertinya tidak ada aneh. Lalu dia pergi ke rumah sakit untuk diperiksa dan mereka menemukan jenis cedera yang dialaminya, yaitu tiga tulang rusuk patah. Sekarang kita harus melihat bagaimana kelanjutannya," lanjutnya.

Danilo mengalami patah tulang, yaitu tiga tulang rusuknya dan harus absen setidaknya untuk dua pertandingan grup yang tersisa. Otávio, Nuno Mendes dan Danilo masuk ke dalam daftar pemain yang absen dalam pertandingan grup H. 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS